Comscore Tracker

8 Tanda Seorang Predator Seks, agar Kamu Bisa Antisipasi Lebih Awal

Predator seks benar-benar sulit untuk dikenali...

Sejak dulu istilah predator seks sudah sering terdengar dan ditakuti banyak orang. Bukan tanpa sebab, orang-orang yang dicap sebagai predator seks ini memang benar-benar berbahaya. Mereka sama sekali tidak terlihat, seolah-olah menyaru dengan manusia yang layaknya berperilaku normal. Tidak ada sesuatu yang menunjukkan kalau mereka adalah seorang predator seksual. Boleh saja wujudnya manusia, namun di dalamnya justru berupa predator.

Wujud asli dari seorang predator seks baru terlihat ketika sedang bersama korbannya. Di momen tersebutlah biasanya mereka memiliki kontrol penuh dan menguasai korban sepenuhnya. Alhasil, banyak wanita yang mengalami trauma seksual karena menjadi korban dari predator seks. Mereka akan mengalami gangguan emosional, selalu merasa ketakutan setiap hari, hingga kehilangan identitas diri. 

Sayangnya, jarang sekali ada korban yang mau mengakui perbuatan si predator seks kepada dirinya. Para korban ini takut tidak akan diterima lagi oleh keluarganya dan berbagai macam kemungkinan lainnya.

Jika kejadian seperti ini terus berlangsung, maka identitas-identitas dari predator seks tidak akan pernah terungkap. Mereka akan terus nyaman bersembunyi di balik topeng 'muka tidak bersalah' dengan tenang.

Namun tenang, rupanya ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan dari seorang predator seks. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan kalau dia adalah seorang predator seks, jangan sampai lengah!

1. Sangat perhatian

8 Tanda Seorang Predator Seks, agar Kamu Bisa Antisipasi Lebih Awalfreepik.com/prostooleh

Melansir Healthista, di masa awal kamu menjalin hubungan dengan seorang predator seks, dia akan sangat perhatian terhadapmu. Kendati begitu, tidak semua orang akan menjadi predator, tapi kalau perhatian ini terus berlanjut sampai ke tahap yang berlebihan, maka itu adalah tanda-tanda yang mengkhawatirkan.

Dengan cara tersebutlah kamu akan luluh kepadanya karena sering diperhatikan. Lagi pula, siapa sih yang tidak senang diperhatikan? Jangan pernah salahkan korbannya.

Para predator seks tidak akan pernah menyakitimu di awal, untuk memuluskan langkahnya demi membuatmu nyaman dengannya. Mereka benar-benar akan melindungimu, mencintai, dan menghormatimu sepenuh hati. Ketika hatimu sudah sepenuhnya dimiliki oleh si predator seks, di situlah dia akan melancarkan aksinya.

2. Bisa mengontrol hingga memanipulasi kamu

8 Tanda Seorang Predator Seks, agar Kamu Bisa Antisipasi Lebih Awalfreepik.com/yanalya

Selanjutnya, predator seks juga mulai mampu mengontrol dan memanipulasi tanpa kamu sadari. Ketika dia melakukan kesalahan, dia akan memutar kesalahannya hingga membuat seolah-olah kamu lah yang membuat kesalahan. Dia berpikir bahwa dia tidak mendapat perlakuan yang pantas dari kamu. 

"Aku tidak bisa istirahat lebih awal karena kamu mengiyakan kemauanku untuk bercinta. Harusnya kamu tolak, dong!"

Pada akhirnya, karena sudah lelah secara emosional, kamu akan mengalah dan mengakui kalau letak kesalahan ada di kamu. Kalau sudah begitu maka si predator seks bisa seenaknya mengendalikan kamu sepuasnya. 

3. Bersikap seperti semua baik-baik saja

8 Tanda Seorang Predator Seks, agar Kamu Bisa Antisipasi Lebih Awalfreepik.com

Tanda-tanda ini menjadi awal di mana pelaku predator seks akan memulai aksi mereka untuk melecehkan kamu secara seksual. Kalaupun dengan persetujuan kamu, arahnya menjadi kekerasan seksual, yang tidak mempedulikan kondisimu.

Uniknya, dia mampu membuat semuanya tampak normal dan membuat kamu berpikir kalau kamu pantas mendapatkan itu. Padahal perasaan kamu mulai menunjukkan ketidaknyaman dengannya, tapi kamu berpikir bahwa kondisi seperti itu sangatlah normal.

Maka dari itu, setelah berhasil melakukan trik psikologisnya, sang predator seksual akan mulai melecehkan kamu secara seksual. Aksinya benar-benar dilakukan secara bertahap sesuai keinginannya. Dia mulai merasa berhak untuk melakukan apapun terhadapmu, demikian dikutip dari iBelieve.

Baca Juga: Dampak Pelecehan Seksual pada Kesehatan Fisik dan Psikis Korbannya

4. Selalu play victim

8 Tanda Seorang Predator Seks, agar Kamu Bisa Antisipasi Lebih Awalfreepik.com/drobotdean

Ciri-ciri predator seks juga bisa terlihat dari dirinya yang selalu play victim atau menempatkan dirinya yang menjadi korban. Tidak hanya itu, mereka juga tidak akan pernah mau bertanggung jawab terhadap apa yang mereka perbuat. Pokoknya ketika masih menjalin hubungan dengannya, kamu yang akan salah terus.

"Bukannya kamu yang mau itu dari awal? Aku nurut kamu aja, loh!"

Sebenarnya kamu punya opsi untuk melawan. Akan tetapi predator seks selalu menemukan cara untuk mematikan perlawananmu, sekaligus seakan-akan memberimu pelajaran. Praktis, ke depannya kamu tidak akan mau melawan lagi dan terus-terusan menjadi korban.

5. Mulai bermain ejekan

8 Tanda Seorang Predator Seks, agar Kamu Bisa Antisipasi Lebih Awalfreepik.com

Seorang predator seks sama sekali tidak mempedulikan perasaan kamu, dia hanya fokus pada nafsu seksnya. Dia akan mulai mengejek kamu secara seksual seperti menjelek-jelekkan penampilan kamu hingga membuat kamu jadi insecure

Tidak berhenti sampai situ, si predator seks juga berusaha untuk mengorek masa lalumu secara mendalam. Dari situ, dia mendapatkan lebih banyak bahan lagi untuk mengejek dan merendahkan kamu. Bagaimana caranya mengorek masa lalumu? Yaitu dengan dia mulai menceritakan semua masa lalunya, yang entah itu benar ataupun bohong, kamu jadi dibuat untuk percaya dengannya karena dia (seakan) telah percaya padamu.

6. Memberlakukan larangan kepadamu

8 Tanda Seorang Predator Seks, agar Kamu Bisa Antisipasi Lebih Awalfreepik.com/drobotdean

Kamu benar-benar harus waspada dengan orang yang senang melarang-larang kamu. Pasalnya, ini juga merupakan tanda dari predator seks. Banyak larangan yang diberikan kepadamu, sementara dia tetap bisa menjalani kehidupannya secara bebas.

Sebagai contoh, kamu ingin berpacaran dengannya ke suatu tempat. Dia tidak membolehkanmu untuk terlambat, sedangkan kalau dia yang terlambat tidak masalah.

Ini juga berlaku ketika kamu sudah melakukan hubungan seks dengannya. Kamu dilarang untuk capek setelah melakukan seks dan dituntut untuk terus 'melayani'-nya. Secara perlahan, kamu akan mulai kehilangan duniamu, sedangkan si predator seks tetap bisa bebas menjalani hidupnya.

7. Membuat kamu menjadi lemah

8 Tanda Seorang Predator Seks, agar Kamu Bisa Antisipasi Lebih Awalfreepik.com/drobotdean

Kamu akan dibuat lemah oleh si pelaku predator seks dengan menghancurkan kepercayaan diri kamu. Kamu akan dibuat kesepian, sampai tidak mau bercerita apa-apa ke keluarga serta teman-teman kamu. Tanpa kamu sadari, kamu dibuat semakin jauh dari orang-orang terdekatmu yang lain. Oleh karena itu, orang yang kamu anggap selalu hadir dalam hidup kamu hanyalah sang predator seks. 

"Maafkan aku, cuma kamu yang aku percaya. Cuma kamu yang berarti buat aku dan cuma kamu yang bisa mengubah aku. Aku bodoh banget. Maaf ya."

Setelah diteliti lebih dalam, rupanya ini adalah salah satu strategi predator seks untuk menyingkirkan orang-orang yang berpotensi menjadi ancaman untuknya. Maka dari itu, dia akan mengusir siapapun dari kehidupan kamu sambil terus memberi cinta untuk membuat kamu nyaman dengannya. Sadari itu segera, ketika ini mulai terjadi.

8. Selalu berbohong

8 Tanda Seorang Predator Seks, agar Kamu Bisa Antisipasi Lebih Awalfreepik.com/Arthur Hidden

Predator seks tidak akan pernah lepas dari kebiasaannya yang hobi berbohong. Meskipun sesuatu yang dia beri tahu secara bohong itu tidak penting-penting amat.

Kalau sudah ketahuan berbohong sebanyak tiga kali, kamu harus tegas untuk berbuat sesuatu, bahkan meninggalkan dirinya. Apalagi kebohongannya selalu meningkat seiring berjalannya waktu sehingga menjadi lebih berbahaya.

Itulah beberapa tanda predator seks yang perlu kamu tahu. Kalau sudah menemukan tanda-tanda ini dalam diri pasangan kamu, antisipasi untuk segera menguatkan diri meninggalkannya ya. Siapa tahu sifatnya yang baik itu hanyalah topeng!

Baca Juga: Tanda-tanda Psikologis Orang yang Suka Melakukan Pelecehan Seksual

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya