Comscore Tracker

Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!

Dunia dalam mitologi Nordik tidak hanya Asgard

Mitologi Nordik berasal dari kepercayaan masyarakat Skandinavia dan dewa yang paling terkenal dari mitologi tersebut adalah Odin, Thor, dan Loki. Selain kisah dari para dewa dewinya yang menarik untuk diikuti, ada satu lagi yang menarik dalam mitologi Nordik adalah mengenai 9 dunia yang ada di dalamnya.

Apa saja dunia yang ada dalam mitologi tersebut? Apa yang membedakan antara satu dunia dengan dunia yang lain? Yuk simak artikel di bawah ini!

1. Asgard

Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!wallpapercave.com

Dalam dunia yang berada di mitologi Nordik, tepatnya di langit yang tinggi terdapat Asgard, rumah para dewa. Odin adalah penguasa Asgard. Odin menikahi Frigg dan menjadikan mereka berdua sebagai raja dan ratu di Asgard.

Di sana terdapat jembatan Bifrost, sebuah jembatan pelangi yang dapat mengubungkan Asgard dengan Midgard. Di Asgard juga terdapat singgasana Odin yang bernama Hildskjalf dimana Odin dapat melihat seluruh dunia dari singgasananya.

2. Niflheim

Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!wall.alphacoders.com

Niflheim adalah wilayah tergelap dan terdingin di dunia menurut mitologi Nordik. Noflheim berada di wilayah utara Ginnungagap. Di sana juga terdapat sumur tertua yang bernama Hvergelmir yang dilindungi oleh naga besar bernama Nidhug.

Konon katanya, sumur tersebut adalah asal dari semua yang hidup dan tempat dimana setiap makhluk hidup akan kembali. Walaupun begitu, di Niflheim tidak ada makhluk hidup yang dapat tinggal di tempat tersebut karena tidak ada yang dapat menahan hawa dingin Niflheim.

Baca Juga: 5 Fakta Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui Orang

3. Muspelheim

Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!fantasiasmitologicasl.blogspot.com

Jika Niflheim berada di wilayah paling utara, Muspelheim berada di wilayah paling selatan dalam dunia mitologi Nordik. Muspelheim adalah tempat panas yang penuh lava dan api. Tempat tersebut adalah tempat tinggal dari raksasa dan setan api yang dipimpin oleh Surtr, musuh para dewa.

Di Ragnarok nanti, Surtr akan pergi dengan pedang api yang menyala di tangannya dan menyerang Asgard yang lantas mengubah Asgard menjadi neraka.

4. Midgard

Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!wallpaperstock.net

Midgard, rumah para manusia berada di pusat dunia dan tepat berada dibawa Asgard. Midgard dan Asgard dihubungkan oleh jembatan pelangi bernama Bifrost. Midgard juga dikelilingi oleh lautan yang sangat luas.

Dalam mitologi Nordik, manusia yang pertama kali tinggal di Midgard adalah Ask dan Embla, mereka diciptakan dari pohon oleh Odin dan dua saudaranya setelah mengalahkan Ymir. Odin tahu bahwa manusia sangat lemah dibandingkan dewa, oleh karena itu ia membuat lautan yang luas di mana pada laut tersebut terdapat ular raksasa yang melindungi para manusia.

5. Jotunheim

Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!wall.alphacoders.com

Selain para raksasa dan setan api, musuh para dewa adalah raksasa yang tinggal di Jotunheim. Wilayah ini sebagian besar terdiri dari bebatuan dan hutan belantara. Walaupun terdapat hutan, tanah dari Jotunheim tidaklah subur yang membuat para raksasa hanya dapat bertahan hidup dengan memangsa ikan di sungai.

Walaupun diceritakan para dewa adalah musuh bebuyutan para raksasa, ada kisah di mana terdapat hubungan cinta antara Odin dan Thor dengan raksasa dan juga Loki yang sebenarnya berasal dari Jotunheim namun dapat tinggal dengan leluasa di Asgard.

6. Vanaheim

Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!wallls.com

Jika Asgard adalah rumah bagi para dewa, Vanaheim adalah rumah bagi dewa Vanir. Dewa Vanir adalah ahli sihir dan dapat memprediksi masa depan. Tidak ada yang tahu Vanaheim berada dan tidak ada yang tahu seperti apa bentuk dari Vanaheim. Tiga dewa Vanir yang paling dikenal adaah Njord, Freya dan Freyr.

7. Alfheim

Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!wallpaperflare.com

Alfheim adalah tempat yang paling dekat dengan Asgard. Wilayah ini dihuni oleh peri cahaya dan diyakini sebagai makhluk yang paling indah. Peri cahaya adalah dewa alam yang memberikan kesuburan dan terkadang juga membantu para manusia. Mereka juga seringkali memberikan inspirasi lewat seni dan musik.

8. Svartalfheim

Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!moodvisuals.com

Svartalfheim adalah rumah bagi para kurcaci. Mereka hidup di dalam gua bebatuan yang gelap. Hredmar adalah raja dari para kurcaci. Walaupun memiliki tubuh yang kecil, kurcaci diberkahi dengan banyak keterampilan. Para dewa di Asgard telah menerima banyak hadiah dari para kurcaci, misalnya tombak Odin dan palu Thor.

9. Helheim

Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!historyofvikings.com

Helheim adalah tempat tersuram yang ada dalam mitologi Nordik. Tempat ini adalah tempat para pencuri, pembunuh dan orang-orang yang dianggap tidak terhormat menjalani kehidupan setelah kematian.

Tempat ini dipimpin oleh Hel. Siapa pun yang tiba di tempat ini tidak akan pernah merasakan sukacita maupun kebahagiaan lagi. Walaupun begitu, dalam peristiwa Ragnarok nanti Hel akan menggunakan semua orang mati ini untuk menyerang Asgard dan akan menjadi akhir dari dunia.

Itulah 9 dunia yang ada dalam mitologi Nordik. Semua dunia yang ada berjalan dengan sendiri-sendiri dan semuanya akan berakhir saat Ragnarok tiba. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: 8 Monster dari Mitologi Tiongkok, Berwujud Mengerikan tapi Penuh Makna

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya