10 Bulan Paling Aneh di Tata Surya, Ada yang Mirip Bumi!

Ada tempat kelahiran Thanos?!

Saat kita memandang langit malam, ada saat-saat di mana Bulan menampakkan sinarnya. Jika kamu masih ingat dengan pelajaran Sains sewaktu masa sekolah dulu, rata-rata planet di tata surya memiliki satelit alami atau bulannya sendiri. Bagaimana mereka terbentuk? Masih diperdebatkan.

Namun, dibandingkan Bulan yang dekat dengan kita, ternyata "bulan" yang mengelilingi beberapa planet di Tata Surya memiliki sifat dan sejarah yang tidak kalah unik. Penasaran? Simak baik-baik, inilah 10 bulan di tata surya dengan karakteristik dan latar belakang paling aneh!

1. Enceladus: bulan dengan gumpalan es yang membentuk cincin Saturnus!

10 Bulan Paling Aneh di Tata Surya, Ada yang Mirip Bumi!Enceladus, difoto oleh Cassini-Huygens dan dimuat di jurnal Science pada 2006 (commons.wikimedia.org)

Saat wahana milik NASA, Cassini, sampai di Saturnus pada 2004, satelit planet bercincin tersebut, Enceladus, telah menarik perhatian astronom Bumi. Ini dikarenakan Enceladus memiliki gumpalan besar es yang meluncur ke ruang angkasa di retakan sepanjang belahan selatannya, sebuah tanda pasti keberadaan air.

Foto dari Cassini menunjukkan kalau Enceladus memiliki permukaan yang cerah dan kawah yang diselimuti salju. Ditambah dengan penemuan gumpalan es tersebut, para astronom kaget dengan aktifnya Enceladus. Dengan diameter 504 kilometer dan komposisi batuan serta es, Enceladus harusnya membeku miliaran tahun lalu!

Namun, gaya pasang surut karena gaya gravitasi antar Enceladus, Saturnus, dan satelit lain yang lebih besar, Dione, membuat interior Enceladus tetap hangat dan aktif. Sebagian es kembali ke Enceladus, sebagian besar memasuki orbit Saturnus dan membentuk Cincin E, cincin utama Saturnus yang paling luar.

2. Callisto: bulan dengan kawah paling banyak!

10 Bulan Paling Aneh di Tata Surya, Ada yang Mirip Bumi!Callisto (wikimedia.org)

Sebagai "bulan" terbesar di tata surya, Callisto mengelilingi planet terbesar di tata surya, Jupiter. Konon, Callisto adalah objek langit dengan kawah paling banyak di tata surya! Kenapa bisa begitu?

Permukaan kawah Callisto dikarenakan lokasinya di sistem orbit Jupiter. Gravitasi Jupiter yang amat kuat mengganggu orbit komet dan menarik mereka. Salah satu contoh yang paling akurat adalah dampak tubrukan komet Shoemaker-Levy 9 pada 1994 pada Jupiter dan bulan-bulannya.

Karena berada di jalur tubrukan, Callisto juga terciprat dampaknya. Karena gaya pasang surut yang besar, kawah lama di Callisto pun sudah tergerus. Anehnya, permukaan Callisto yang berkawah tidak berubah selama lebih dari 4,5 miliar tahun!

3. Dactyl: bulan kecil yang mengelilingi planet minor

10 Bulan Paling Aneh di Tata Surya, Ada yang Mirip Bumi!243 Ida dan Dactyl (lingkaran merah) (wikimedia.org)

Asteroid yang beredar di antara Jupiter dan Mars, 243 Ida adalah planet minor yang memiliki sebuah satelit, Dactyl. Dengan ukuran sumbu terpanjang 1,6 kilometer dan gravitasi lemah 243 Ida, Dactyl seharusnya tidak mengorbit di sekitar planet minor tersebut. Tetapi, kenapa bisa?

243 Ida adalah anggota keluarga Koronis dengan lebih dari 300 asteroid yang memiliki orbit seragam dan terbentuk 1-2 miliar tahun yang lalu karena tubrukan asteroid. Kemungkinan, Dactyl adalah hasil dari tabrakan yang mengorbit di sekitar 243 Ida. Namun, model komputer menunjukkan kalau Dactyl seharusnya hancur oleh tubrukan tersebut.

Teori lain mengatakan bahwa keluarga Koronis lebih muda dari yang terlihat dan kawah pada 243 Ida disebabkan oleh badai besar setelah tubrukan asteroid. Sementara, argumen lain mengatakan bahwa Dactyl sebenarnya sudah terkena dampak tubrukan tersebut, namun masih memiliki daya untuk kembali mengorbit di sekitar 243 Ida.

4. Iapetus: bulan dengan dua wajah

10 Bulan Paling Aneh di Tata Surya, Ada yang Mirip Bumi!dua wajah Iapetus (solarsystem.nasa.gov)

"Bulan" terbesar ke-3 di Saturnus, Iapetus ditemukan pada 1671 dan langsung memiliki fisik yang aneh. Belahan depan Iapetus berwarna cokelat tua, sedangkan belahan belakangnya berwarna abu-abu muda. Konon, NASA mengatakan debu dan tumbukan meteorit adalah penjelasan utama perbedaan warna tersebut.

Namun, foto wahana Cassini menunjukkan penyebab yang lebih kompleks. Sebagian besar warna gelap Iapetus dikatakan berasal dari dalam dirinya. Residu gelap terbentuk saat es yang sarat debu dari permukaan Iapetus menyublim. Karena permukaan gelap Iapetus menyerap panas, efek sublimasi pun tak terkendali.

Iapetus juga dikelilingi pegunungan setinggi 13 kilometer dan selebar 20 kilometer. Kenapa pegunungan ini bisa ada? Beberapa teori mengatakan bahwa pegunungan ini adalah saksi bisu saat Iapetus membentang lebih cepat, sementara teori lain mengatakan itu adalah reruntuhan cincin Iapetus yang runtuh ke permukaannya.

5. Nereid: bulan yang selamat dari eliminasi

10 Bulan Paling Aneh di Tata Surya, Ada yang Mirip Bumi!Nereid, difoto oleh Voyager 2 pada 1989 (solarsystem.nasa.gov/NASA/JPL-Caltech)

Bulan ke-2 di Neptunus, Nereid memiliki orbit ekstrem! Jarak dari Nereid ke Neptunus berkisar antara 1,4 juta - 9,7 juta kilometer. Jarak orbit tersebut umum untuk satelit yang tertangkap gravitasi planet. Namun, ukuran Nereid yang besar (radius rata-rata 180 kilometer) menyimpan rahasia lain.

Saat melintas pada 1989, wahana Voyager 2 menunjukkan bahwa satelit terbesar Neptunus, Triton, ditangkap ke orbit planet dari Sabuk Kuiper. Triton "menendang" banyak "bulan" asli Neptunus. Astronom kemudian yakin kalau Nereid adalah "penyintas" yang bertahan di tepi jangkauan gravitasi Neptunus.