Comscore Tracker

Ini 5 Hewan Paling Peduli Kebersihan di Dunia, Jangan Sampai Kalah

Bagi mereka, bersih itu baik!

Manusia, tanpa diragukan lagi, adalah makhluk yang menjunjung tinggi kebersihan. Ya, mungkin sebagian tidak. Akan tetapi, mayoritas dari kita tidak tahan rasanya jika tidak menyentuh air satu hari saja, kan?

Nah, hampir sama seperti manusia pada umumnya, lima makhluk ini tidak ingin kotor-kotoran. Jangan mau kalah!

1. Babi

Ini 5 Hewan Paling Peduli Kebersihan di Dunia, Jangan Sampai KalahKondisi peternakan babi di Klungkung, Bali belum lama ini. Dalam 3 bulan terakhir, sekitar 400 ekor babi mati dan beberapa di antaranya menunjukkan gejala klinis ASF. (IDN Times/Wayan Antara)

Siapa kira, ternyata meskipun suka digambarkan berkubang di lumpur, babi adalah makhluk yang paling bersih di daftar ini!

Dalam bahasa Inggris, babi diumpamakan sebagai makhluk berkeringat paling deras (sweat like a pig). Namun, tahukah kamu, sebenarnya... babi itu tidak berkeringat?

Jangan salah, babi memiliki kelenjar keringat. Keringat itu penting untuk mengatur suhu tubuh. Makanya, ketika kepanasan, tubuh mengeluarkan keringat agar sejuk.

Akan tetapi, kelenjar keringat babi tidak dapat mengatur suhu secara efektif. Oleh karena itu, babi memilih untuk menceburkan dirinya ke lumpur untuk menyejukkan diri. Nah, inilah yang membuat orang-orang menyangka babi itu makhluk kotor.

Selain itu, babi juga tidak membuang kotorannya sembarangan, apalagi di dekat tempat pakannya. Perlu dicatat, kebersihan babi juga tergantung dari kebersihan ternak tempat tinggalnya. Jika tempat tinggalnya kotor, maka babi pun juga bisa ikut kotor!

2. Kucing

Ini 5 Hewan Paling Peduli Kebersihan di Dunia, Jangan Sampai Kalahthesprucepets.com

Bukan rahasia, kucing adalah makhluk yang tidak suka kotor-kotoran. Kamu sering melihat kucing yang badannya kotor berlumuran kotoran? Tidak, kan? Kalau iya, mungkin hanya sekali atau dua kali.

Dari yang paling sering terlihat saja. Kucing suka menjilati dirinya sendiri. Jilat terus hingga bersih! Hal terakhir yang ia lakukan adalah memuntahkan bola bulu hasil jilat-jilat tersebut. Namun, kebiasaan ini mencerminkan bagaimana kucing menjaga kebersihan.

Tidak jarang, setelah dimandikan pemiliknya, kucing akan menjilati dirinya lagi untuk memastikan dirinya benar-benar bersih!

Kalau kamu iseng-iseng cek, lidah kucing memiliki tekstur unik yang memang digunakan untuk membersihkan dirinya. Kucing menjilat kaki depannya lalu membersihkan bagian kepalanya. Untuk membersihkan noda membandel, kucing menggunakan giginya.

Selain itu, kucing juga membersihkan kotorannya sendiri. Lihatlah kucing di jalan. Ketika ia mau buang hajat, ia akan menggali pasir dan menutupnya kembali, kecuali jika tidak ada tempat. Kalau kamu kurang beruntung, kamu akan menginjaknya.

Untuk kucing peliharaan, jika dilatih, mereka dapat membuang kotorannya sendiri di kotak pasir dan kamu tinggal mengganti pasirnya dengan yang baru.

Baca Juga: 7 Hewan dengan Rute Migrasi Terjauh, hingga Menyeberangi Benua!

3. Kelinci

Ini 5 Hewan Paling Peduli Kebersihan di Dunia, Jangan Sampai Kalahwagwalking.com

Makhluk ke-3 yang suka membersihkan dirinya sendiri adalah kelinci. Selain terkenal ahli dalam berkembang biak, ternyata kelinci ahli dalam kebersihan diri.

Kelinci menjaga kebersihan diri mereka dengan melakukan hal yang sama seperti anjing atau kucing, yaitu menjilati diri sendiri. Untuk membersihkan bagian kepala mereka, mereka sama-sama menjilat kaki depan dan mengusap kepala mereka.

Sesudah makan, biasanya kelinci akan mengesekkan kaki depannya untuk membersihkannya dari sisa-sisa makanan. Tidak mungkin, kan, ia membersihkan kepalanya dengan kaki depan yang kotor. Pintar sangat!

Kamu beli kelinci lebih dari satu? Coba amati dari jauh. Jika kelinci kesusahan membersihkan bagian badan yang tidak dapat dijangkau, kelinci lain akan membantunya! Hal ini adalah bukti bahwa kelinci-kelinci yang kamu beli dapat bersosialisasi dengan baik.

Justru, jika kamu melihat kelincimu kotor dan jarang membersihkan dirinya sendiri, ada dua kemungkinan: kelincimu stres atau ia sakit. Jika keadaannya memburuk, segera bawa kelinci ke dokter hewan agar bisa diobati.

4. Kecoa

Ini 5 Hewan Paling Peduli Kebersihan di Dunia, Jangan Sampai Kalahwunc.org

"Hah? Gak salah??"

Enggak. Kamu gak salah baca.

Terlepas dari penampilannya yang menjijikkan, kecoa adalah salah satu makhluk yang TERNYATA tidak sekotor yang kamu bayangkan. Mungkin agak sulit bagimu untuk percaya, karena mengamatinya saja sudah malas. Takut tiba-tiba terbang?

Faktanya, kecoa membersihkan dirinya sendiri secara rutin. Terutama, bila mereka sedang tidak bergerak atau lari dari ancaman, mereka akan langsung bersih-bersih.

Tentu saja, mereka tidak membersihkan seluruh tubuh mereka. Kecoa akan menggunakan mulutnya untuk membersihkan antena panjangnya. Terlihat simpel, kan?

Sebenarnya, membersihkan antena penting bagi kaum kecoa, karena kebersihan antena mempengaruhi indra mereka satu-satunya untuk mendeteksi bahaya, mencium makanan, dan menemukan kecoa lain untuk berkembang biak.

5. Hamster

Ini 5 Hewan Paling Peduli Kebersihan di Dunia, Jangan Sampai Kalahomlet.us

Makhluk terbersih terakhir adalah hamster. Jika kamu memelihara hamster, mungkin fakta ini sudah tidak asing bagimu. Tetapi, jika kamu tidak punya hamster, mungkin kamu akan tertarik memilikinya!

Pernah melihat pemilik hamster memandikan hamsternya? Tidak? Ya, hal tersebut karena memang hamster tidak perlu dimandikan! Justru, memandikan hamster adalah tindakan yang salah, karena hamster tersebut bisa basah dan sakit. Mereka adalah makhluk mandiri yang dapat membersihkan diri sendiri (makanya masuk daftar ini).

Hamster memiliki kelenjar minyak di daerah pinggul mereka. Agar tetap memiliki bau yang sama, hamster menyebarkan minyak dari kelenjar ini ke seluruh tubuh mereka. Sedihnya, bahkan setelah kamu mengelus mereka, hamster akan segera membersihkan diri untuk mengembalikan bau khas mereka. Jangan sedih, ya!

Akan tetapi, ada alasan kenapa mereka ada di tempat terakhir. Meskipun mereka juga membersihkan diri, terkadang ada kotoran yang menyangkut di bulu mereka. Oleh karena itu, kamu harus rajin-rajin menyisir bulu hamstermu.

Sama seperti kelinci, jika hamstermu terlihat kotor dan jarang membersihkan diri, antara ia stres atau ia sedang sakit. Jika keadaan memburuk, segera bawa ke dokter hewan!

Itulah lima hewan di dunia yang tetap menjaga kebersihan dirinya. Setelah membaca ini, yuk, jangan mau kalah dengan mereka. Mulai jaga kebersihan diri!

Baca Juga: 10 Hewan Ini juga "Berpuasa", Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahun

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya