Comscore Tracker

10 Hewan Ini juga "Berpuasa", Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahun

#RamadanDiRumah Jangan kalah dengan hewan!

Apakah puasa Ramadan kamu penuh hingga hari ini? Hayo, untuk yang masih sering batal tanpa alasan, kurang-kurangi, ya! 

Fun fact, ternyata kita bukanlah satu-satunya makhluk hidup yang berpuasa, lho. Hewan-hewan liar di luar sana juga mampu melakukannya, tentu saja tidak seperti puasa yang kita jalani saat ini. Namun mereka mampu menahan lapar dalam kurun waktu tertentu. 

Pada umumnya, hewan-hewan bertahan tidak makan untuk hibernasi, mencerna makanan sebelumnya, atau sesimpel karena tak ada mangsa. Penasaran hewan apa saja yang bisa “berpuasa”? Yuk, simak berikut ini! Jangan mau kalah, ya!

10. Unta

10 Hewan Ini juga Berpuasa, Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahunvoanews.com

Kita tahu bahwa unta bisa bertahan hidup tanpa air hingga waktu yang lama. Ini karena sekali minum, mereka menyimpan cadangan air tersebut pada punuknya. Namun tahukah kamu bahwa hewan gurun ini juga tahan terhadap rasa lapar?

Iklim gurun yang panas dan jarang ditumbuhi tanaman membuat unta beradaptasi hingga mampu tak makan selama kurang lebih 40 hari. Dilansir dari Earth Beours, mereka juga menyimpan makanan berupa lemak pada punuknya itu. Jadi, ketika tubuh melemah, mereka akan mengambil cadangan tersebut untuk energi.

9. Hiu

10 Hewan Ini juga Berpuasa, Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahunwikimedia.org

Si penguasa lautan ini bisa “berpuasa”. Sebuah studi dari Amerika Serikat menemukan bahwa hiu mampu bertahan hingga 42 hari setelah mendapatkan mangsa berbobot 30 kilogram. Misalnya singa laut, favorit para hiu. 

Namun data tersebut tidak bisa digeneralisasi untuk setiap hiu. Bahkan ada pula hiu yang bisa bertahan tanpa makanan hingga 90 hari. Sebab semakin besar mangsa, semakin lama pula periode puasa hiu.

8. Beruang

10 Hewan Ini juga Berpuasa, Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahunbear.org

Beruang adalah mamalia yang melakukan hibernasi saat musim dingin tiba. Di saat itu, mereka akan menghabiskan waktunya untuk tidur tanpa melakukan aktivitas apa pun, termasuk makan.

Dilansir dari NOVA, kurang lebih selama 100 hari, beruang tidak akan makan, minum, buang air kecil dan besar, ataupun berburu. Jenis beruang yang dimaksud adalah beruang grizzly, beruang hitam, dan beruang madu.

7. Penguin emperor

10 Hewan Ini juga Berpuasa, Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahunthoughtco.com

Penguin emperor memiliki karakteristik fisik yang khas. Bulu bagian belakangnya berwarna hitam, putih di bagian dada, serta ada spot kuning di masing-masing sisi wajahnya. Tak hanya tangguh menghadapi cuaca kutub yang ekstrem, hewan ini juga mampu menahan lapar dalam waktu yang lama, yaitu sekitar 120 hari. 

Kemampuan mengesankan itu dimilikinya karena penguin, terutama si jantan, mampu menyimpan cadangan lemak dalam tubuhnya dalam waktu yang lama. Itulah kenapa penguin jantan bertugas menjaga telurnya tanpa makanan saat si betina mencari makanan. 

6. Ular

10 Hewan Ini juga Berpuasa, Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahunfuturecdn.net

Bayangkan bagaimana jadinya jika kamu diminta untuk berpuasa selama satu tahun penuh. Kamu pasti gak akan sanggup, kan? Hewan yang sanggup melakukannya adalah si reptil paling populer di dunia, ular.

Dilansir dari LiveScience, ular mampu menurunkan sistem metabolisme tubuhnya hingga 70 persen. Selain itu, sebenarnya reptil ini juga tidak membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas secara normal. Itulah kenapa mereka mampu bertahan tanpa makanan, apalagi setelah mendapatkan mangsa yang cukup besar.

5. Kura-kura Galapagos

10 Hewan Ini juga Berpuasa, Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahunnpr.org

Hewan yang satu ini mampu hidup lebih dari 100 tahun, lho. Jika kamu berpikir bahwa mereka mengonsumsi banyak makanan dalam waktu yang begitu panjang itu, kamu keliru. Kura-kura Galapagos justru tidak banyak makan. Mereka bisa bertahan satu tahun tanpa makanan sama sekali.

Alasan utama yang mendasarinya adalah kura-kura bertubuh besar ini memiliki metabolisme yang sangat lambat. Dilansir dari National Geographic, mereka menghabiskan 16 jam sehari untuk tidur. Makanannya pun hanya rerumputan, daun-daun, dan kaktus. 

Baca Juga: Kucing 101: Ini Nama dan Asal-usul "Kucing Kampung" Indonesia!

4. Katak

10 Hewan Ini juga Berpuasa, Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahunhealtheuropa.eu

Reptil lainnya yang mampu bertahan hidup tanpa makanan adalah katak. Dilansir dari The Rainforest Site, mereka bisa berpuasa hingga 16 bulan lamanya. Hal ini dilakukan katak ketika lingkungan sekitarnya kekeringan atau saat mereka ingin berhibernasi. 

Tak hanya itu, katak sebenarnya mampu “membekukan” dirinya, lho. Mereka tidak akan bergerak, makan, minum, dan melakukan aktivitas apapun saat diperlukan. Alhasil, hewan ini tidak membutuhkan energi untuk hidup.

3. Buaya

10 Hewan Ini juga Berpuasa, Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahunfloridamuseum.ufl.edu

Tampaknya para reptil memang hewan yang paling tahan lapar, ya. Setelah ular dan katak, buaya adalah reptil berikutnya yang mampu hidup tanpa makanan dalam waktu lama, yakni sekitar tiga tahun. 

Dilansir dari PBS Nature, karena berdarah dingin, buaya tidak memerlukan makanan untuk menghangatkan tubuh. Mereka hanya perlu berjemur di bawah sinar matahari saat kedinginan dan masuk ke air ketika lingkungan terlalu panas. Akhirnya, semua asupan makanan pun disimpan di tubuh dalam jangka waktu yang lama.

2. Lungfish

10 Hewan Ini juga Berpuasa, Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahunsandiegozoo.org

Lungfish atau salamanderfish adalah ikan yang memiliki kemampuan tak biasa. Dijuluki mayat hidup, ikan ini mampu bertahan hidup bertahun-tahun di lingkungan tanpa air. Ini karena mereka juga memiliki paru-paru, seperti kita. 

Tak hanya itu, lungfish juga bisa berpuasa dalam jangka waktu yang lama, yakni sekitar tiga hingga lima tahun menurut laporan dari San Diego Zoo. Diduga, ini terjadi karena mereka bisa mengambil energi dari ototnya yang mengandung protein.

1. Olm

10 Hewan Ini juga Berpuasa, Ada yang Mampu Bertahan hingga 10 Tahunjoelsartore.com

Posisi pertama untuk hewan yang bisa berpuasa dalam jangka waktu lama disabet oleh olm. Mungkin terdengar asing, namun mereka adalah salamander air yang biasa mendiami gua-gua. Karena tidak banyak cahaya di habitatnya, olm terlihat tak memiliki mata dan punya kulit yang pucat.

Menurut para peneliti, olm bisa hidup tanpa makanan selama sepuluh hingga 12 tahun, lho! Dilansir Gizmodo, dalam kurun waktu yang lama itu, mereka hanya menggunakan cadangan lemak dan glikogen sebagai sumber energinya. 

Selain itu, lingkungan gua yang tidak banyak dihuni hewan dan tumbuhan memaksa olm untuk beradaptasi. Mereka harus menurunkan sistem metabolismenya sehingga tak perlu makan dengan teratur dan hidup secara pasif.

Ternyata puasa yang kita jalani ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan hewan-hewan di atas, ya! Mana yang menurutmu paling mengesankan?

Baca Juga: 10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya