Comscore Tracker

Dor! Ini 6 Pistol Paling Mematikan di Dunia, Gamer FPS Mungkin Tahu

Bisa langsung tewas dalam sekali tembak

Sebuah peralihan dari busur dan panah yang tidak efektif, senapan dan pistol adalah senjata tembak pilihan militer dunia modern. Bukan hanya efektif di medan pertempuran, pistol juga dapat digunakan sebagai senjata untuk melindungi diri dari orang jahat. Hanya saja, perlu izin untuk menggunakannya.

Berbagai perang dan konflik yang berkecamuk dalam ratusan tahun terakhir telah melahirkan berbagai pistol mematikan. Dari berusia ratusan tahun hingga yang paling modern, inilah pistol-pistol dengan kapasitas menembak paling mematikan di dunia.

Disclaimer: Artikel ini mengandung gambar senjata. Kebijaksanaan pembaca amat diharapkan.

1. Colt M1911A1

Dor! Ini 6 Pistol Paling Mematikan di Dunia, Gamer FPS Mungkin Tahumoney.cnn.com

Dianggap sebagai peralihan dari pistol revolver, Colt 1911 adalah pistol semi-otomatis pertama yang dipakai oleh angkatan bersenjata Amerika Serikat (AS). Diperkenalkan pada 1911 oleh perancang senapan asal AS, John Moses Browning, Colt 1911 menggantikan tugas pistol kaliber .38 yang dipakai sejak pada perang Filipina - AS (1899 - 1902).

Colt 1911 asli memiliki berat 1 kilogram dan memiliki magasin internal dengan kapasitas tujuh peluru. Pada tahun 1924, Colt 1911 diperbarui agar lebih ergonomis, ke standar M1911A1. Meskipun memiliki desain yang rumit, Colt M1911AI tak lekang oleh waktu.

Karena paten Colt 1911 habis dan ketahanan Colt M1911AI yang mumpuni, produsen senjata AS berlomba-lomba merakit M1911AI versinya sendiri. Pada 2012, Komando Operasi Khusus Angkatan Laut AS (MARSOC) memakai Colt M45A1, versi termutakhir dari M1911A1, sebagai pistol wajibnya.

2. Glock 17

Dor! Ini 6 Pistol Paling Mematikan di Dunia, Gamer FPS Mungkin Tahuwikipedia.org

Dirancang simpel, ampuh, dan mudah digunakan oleh perancang senjata asal Austria, Gaston Glock, Glock 17 mudah dibongkar; hanya dengan satu tombol, bagian slide dan laras Glock 17 dapat dikeluarkan untuk dibersihkan.

Pada 1982, Glock 17 lulus uji keandalan Angkatan Bersenjata Austria dengan hanya sekali macet dari 10.000 sesi menembak. Oleh karena itu, Glock 17 dianggap layak menggantikan pistol Walther P38, pistol yang identik dipakai oleh Nazi Jerman pada Perang Dunia II (PDII).

Sesuai namanya, magasin pada Glock 17 dirancang untuk memuat 17 peluru berukuran 9 milimeter. Dari segi akurasi, Glock 17 dirancang untuk membantu koordinasi tangan dan mata penembak secara alami. Sejak Glock 17 hingga kini, pistol semi-otomatis Glock dapat ditemukan hampir di dalam gudang persenjataan angkatan bersenjata di berbagai negara.

3. SIG Sauer P226

Dor! Ini 6 Pistol Paling Mematikan di Dunia, Gamer FPS Mungkin Tahusigsauer.com

Dikembangkan dan diproduksi pada 1983 oleh perusahaan senjata Jerman - Swiss, SIG Sauer, SIG P226 diciptakan untuk menggantikan M1911AI di angkatan bersenjata AS di tes XM9 Service Pistol Trials pada 1984. Menyisakan dua pistol, SIG P226 dan Beretta M9, M9 keluar sebagai pemenangnya karena harga yang lebih murah. Namun, angkatan laut khusus AS, SEAL, memilih SIG P226.

P226 juga digunakan di berbagai angkatan bersenjata di seluruh dunia, salah satunya Komando Pasukan Khusus (Kopasus) dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) di Indonesia. Sesudah mengabdi di SEAL selama 28 tahun, pistol P226 akhirnya digantikan tugasnya oleh Glock 19.

Dilengkapi dengan tuas decocker pada sisinya untuk menurunkan hammer tanpa menembak, P226 memiliki desain "double action", yang berarti satu tarikan pelatuk panjang akan sekaligus mengokang pistol dan menembak. Tenang, P226 juga dapat digunakan dalam mode "single action", dikokang secara manual dan tarikan pelatuk lebih pendek untuk menembak.

Baca Juga: 7 Peristiwa Paling Unik dalam Perang Dunia II, Apa Saja?

4. Smith & Wesson M&P

Dor! Ini 6 Pistol Paling Mematikan di Dunia, Gamer FPS Mungkin Tahucommons.wikipedia.org

Lebih terkenal sebagai produsen revolver, produsen senjata AS, Smith & Wesson, ingin membuktikan relevansi dirinya di dunia modern. Pada 2005, Smith & Wesson merilis pistol semi-otomatis M&P (Military & Police). Sesuai namanya, M&P dipakai kebanyakan oleh angkatan polisi di AS dan di belahan dunia lainnya.

M&P dibuat dengan kerangka berbahan polimer yang diperkuat baja dengan laras dan slide berbahan besi anti-karat (stainless steel). M&P adalah salah satu senjata pertama yang menampilkan tiga palm swell yang bisa ditukar demi kenyamanan gagang dan tangan penembak. Berbeda dengan pistol buatan Glock, M&P dapat dibongkar tanpa harus menarik pelatuknya.

5. CZ 75

Dor! Ini 6 Pistol Paling Mematikan di Dunia, Gamer FPS Mungkin Tahureddit.com

Dikenal sebagai salah satu pistol terbaik di dunia, CZ 75 diperkenalkan pada tahun 1976. Diproduksi di Republik Ceko, CZ 75 banyak meniru pistol Browning Hi-Power, baik secara eksternal maupun internal. Saat ini, versi CZ 75 yang paling umum ditemui adalah CZ 75BD.

Meskipun mirip dengan Hi-Power, CZ 75 memiliki perbedaan yang signifikan seperti desain double action hingga desain internal kedua pistol yang sangat berbeda. Dianggap sebagai pistol dengan kapasitas terbesar di zamannya, magasin CZ 75 dapat memasok 16 peluru.

Dikarenakan konsep Tirai Besi di Eropa, CZ 75 sempat hanya populer di Cekoslovakia sebagai pistol olahraga menembak pada 1985. Barulah pada runtuhnya Tembok Berlin dan Revolusi Beludru pada tahun 1989 hingga perpecahan Republik Ceko serta Slovakia pada 1993, CZ 75 dapat dikirim ke berbagai belahan dunia dan dijadikan pistol angkatan bersenjata Republik Ceko hingga saat ini.

6. Desert Eagle Mark XIX

Dor! Ini 6 Pistol Paling Mematikan di Dunia, Gamer FPS Mungkin Tahurockislandauction.com

Desert Eagle memang terkenal karena daya tembaknya. Saking terkenalnya, Desert Eagle sering tampil di film, seri action, dan game. Versi terkini dari Desert Eagle, Mark XIX, adalah yang dianggap paling mematikan karena menembakkan peluru .50 Action Express (.50AE), salah satu peluru terbesar dan paling mematikan dalam sejarah senjata genggam. 

Diperkenalkan pada 1995 oleh perusahaan senjata AS, Magnum Research, dan rekan Israelnya, Israel Military Industries (IMI), Mark XIX adalah dibuat dengan laras 6 dan 10 inci serta magasin tujuh peluru. Saat ini, Mark XIX terkenal dipakai oleh angkatan bersenjata Portugal (GOE) dan Polandia (GROM).

Tidak seperti pistol semi-otomatis lain di pasaran, Mark XIX dibuat dengan mekanisme gas dan piston yang mirip dengan bedil AK-47! Dengan rem laras (muzzle brake) di ujung larasnya, Mark XIX dapat menembakkan timah panas dengan recoil kecil, sehingga penembak tidak kewalahan dengan daya tembaknya yang besar.

Itulah daftar enam pistol yang paling mematikan di dunia. Tidak untuk masyarakat awam, lebih baik pistol-pistol ini tetap digunakan oleh pihak berwenang dan militer demi keamanan bersama. Dari lima pistol ini, manakah yang pernah kamu dengar, lihat, atau genggam?

Baca Juga: 8 Misi Paling Berbahaya dalam Perang Dunia II, Apa Saja?

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya