5 Fakta Penting Energi Gelap, Faktor Penggerak Alam Semesta

Alasan di balik luasnya luar angkasa

Alam semesta adalah sebuah rahasia yang sampai saat ini masih menjadi subjek penelitian manusia. Pengetahuan akan alam semesta dan luar angkasa dipercaya akan membuka wawasan manusia mengenai awal mula kehidupan.

Salah satu topik yang paling santer dibicarakan di bidang astronomi dan astrofisika adalah energi gelap. Energi gelap adalah sebutan yang diberikan untuk sebuah energi misterius yang menjadi faktor pendorong kecepatan perluasan alam semesta. Sekitar 3/4 energi alam semesta terdiri dari energi gelap.

Sebutan "gelap" di sini bukan berarti benar-benar gelap dan hitam, namun dikarenakan masih tidak diketahui hingga saat ini. Apa saja yang telah diketahui dunia tentang energi gelap?

1. Mematahkan skenario Big Crunch

5 Fakta Penting Energi Gelap, Faktor Penggerak Alam Semestamakeagif.com

Rahasia umum, alam semesta muncul dari kejadian besar yang disebut "Ledakan Dahsyat" (Big Bang). Pada abad ke-20, para astronom menemukan bahwa alam semesta tidak mengecil, melainkan semakin luas.

Hipotesis para astronom adalah perluasan alam semesta akan berlangsung selama-lamanya.

5 Fakta Penting Energi Gelap, Faktor Penggerak Alam Semestawikipedia.org

Itu atau...

Di satu titik, saat alam semesta telah mencapai massa dan daya gravitasi yang cukup, perluasan akan berhenti dan alam semesta akan merengkuh dirinya sendiri menuju titik singularitas di mana Big Bang terjadi, sehingga menjadi satu titik panas yang besar dan memicu Big Bang ke-2, disebut "Rengkuhan Besar" (Big Crunch).

Big Crunch adalah salah satu dari tiga skenario berakhirnya alam semesta, yaitu Big Rip dan Big Freeze.

"Hiii... Seram!"

5 Fakta Penting Energi Gelap, Faktor Penggerak Alam Semestauniversetoday.com

Untungnya, hipotesis tersebut terbukti mustahil.

Di akhir abad ke-20 berbekal data dari 2dF Galaxy Redshift dan Sloan Digital Sky Survey (SDSS), para astronom menemukan bahwa skenario Big Crunch tidak mungkin terjadi karena alam semesta akan terus memperluas dirinya selama-lamanya. Hore!

Perluasan alam semesta malah semakin cepat, lebih cepat dibandingkan miliaran yang lalu, sejak Big Bang. Meskipun begitu, faktor gravitasi dan massa alam semesta sedikit memperlambat perluasan tersebut.

Apakah yang menyebabkan percepatan tersebut? Dikarenakan para ilmuwan tidak mengetahuinya, makanya energi pendorong tersebut disebut energi gelap.

2. Sejarah penemuan energi gelap

5 Fakta Penting Energi Gelap, Faktor Penggerak Alam Semestascitechdaily.com

Pada 1929, seorang astronom terkenal asal Amerika Serikat, Edwin Hubble, memantau ledakan bintang (supernova) untuk menghitung kecepatan perluasan alam semesta. Sejak saat itulah, para astronom menghitung prakiraan kecepatan atau batas waktu perluasan alam semesta.

Rumus untuk menghitung kecepatan perluasan alam semesta disebut "Konstanta Hubble".

5 Fakta Penting Energi Gelap, Faktor Penggerak Alam Semestatenor.com

Titik terang muncul pada 1998. Jika sebelumnya pengamatan supernova dilakukan untuk menghitung kecepatan perluasan alam semesta, kali ini, yang dihitung adalah kecepatan penyempitannya.

Perhitungan tersebut dilakukan oleh tiga astronom gabungan, Adam Riess dan Saul Perlmutter (AS), dan Brian Schmidt (Australia). Hasilnya di luar perkiraan!

Supernova yang meledak tersebut jauh lebih redup daripada seharusnya, dan dengan demikian terlihat lebih jauh. Implikasinya adalah bahwa alam semesta telah berkembang jauh lebih cepat daripada seharusnya, jika perhitungannya benar.

Itulah energi gelap, sebuah kekuatan misterius yang mendorong perluasan melawan gravitasi alam semesta.

Setelah dihitung, ternyata energi gelap berkontribusi sebanyak 68 persen dari alam semesta. Materi gelap sebanyak 27 persen, dan sisanya (5 persen) adalah materi barion yang dapat kita lihat.

Apakah kita sudah mengetahui yang 5 persen tersebut? Ternyata tidak. Manusia hanya mengetahui kurang dari 5 persen dari materi barion.