Mengenal 6 Fakta Unik Impossible Foods, “Daging” yang Bukan Sebenarnya

Sayangnya, belum hadir di Indonesia

Pada April 2019, restoran burger cepat saji di Amerika Serikat, Burger King, menjadi restoran cepat saji pertama berskala internasional yang menyediakan opsi untuk para pelanggannya yang vegetarian, yaitu dengan menyediakan burger berbasis protein nabati, Impossible Foods, yang diberi nama "Impossible Whopper".

"Daging" Impossible Foods adalah sweet revenge bagi para vegan yang ingin tetap mengonsumsi protein nabati layaknya protein hewani. Sayangnya, produk ini belum hadir di Indonesia.

Bagi kamu yang vegetarian atau bahkan omnivora, yuk, kenali burger ala-ala ini. Sebelumnya, mari kita melihat ulasan Impossible Whopper oleh reviewer makanan terkenal di YouTube, tidak lain dan tidak bukan, "TheReportOfTheWeek":

1. Sejarah Impossible Foods

Mengenal 6 Fakta Unik Impossible Foods, “Daging” yang Bukan Sebenarnyaimpossiblefoods.com

Impossible Foods hadir pertama kali pada 2018. Namun, proses penggodokan idenya sudah dimulai sejak 2011. Bukan seorang juru masak atau ahli gizi, Impossible Foods diciptakan oleh seorang profesor biokimia asal Stanford University, Patrick O. Brown.

Saat itu, Patrick memikirkan satu ide cemerlang:

"Daripada memaksa orang menjadi vegetarian, mengapa tidak ciptakan burger yang lebih enak daripada burger daging?"

Lagipula, Patrick mengatakan bahwa peternakan intensif adalah biang kerok permasalahan lingkungan global.

Untuk menciptakan Impossible Foods, Patrick mengaku tidak merekrut juru masak. Ia hanya menciptakan tim yang terdiri dari berbagai peneliti dan ilmuwan untuk meramu komposisi "burger hijau" yang sempurna.

Mulai dari struktur molekulnya, Patrick bersama tim memikirkan elemen mulai dari rasa hingga tekstur. Dengan tekstur yang kaya protein nabati, Patrick dan tim berhasil menciptakan rasa yang tidak kalah sedapnya dengan burger daging.

2. Rahasia keenakan Impossible Foods

Mengenal 6 Fakta Unik Impossible Foods, “Daging” yang Bukan Sebenarnyabloomberg.com

Seperti yang diceritakan oleh Patrick, ia dan tim memulai penelitian dari struktur terdasar dari suatu makanan: struktur molekul. Untuk menciptakan burger yang seenak daging asli, ia perlu mencari tahu apa yang membuat daging asli terasa sedap di lidah.

Setelah enam tahun mencari, penelitian mereka membuahkan hasil. Pada daging asli, terdapat molekul heme. Molekul ini juga terdapat di hemoglobin (yang memberi rasa "besi" pada darah) dan merupakan komponen yang mengubah kalori menjadi energi.

Mari simak tur ke pabrik Impossible Foods di San Francisco:

Daging manusia pun memiliki heme. Saking banyaknya, kandungan heme pada manusia setara dengan 300 Impossible Foods. Saat mengolah daging hewan, molekul heme pada daginglah yang menambahkan rasa khas daging yang familiar di lidah kita.

Ternyata, heme juga terdapat pada tanaman. Masalahnya, heme pada tanaman itu beragam, sehingga Patrick dan tim harus menemukan yang paling mirip dengan heme daging.

Mereka menemukan bahwa heme pada akar polong adalah yang paling mirip dengan heme daging. Jadi, mereka menambahkannya pada Impossible Foods dan voila, jadilah Impossible Foods yang seenak daging asli!

3. Apakah aman dikonsumsi?

Mengenal 6 Fakta Unik Impossible Foods, “Daging” yang Bukan Sebenarnyalivekindly.co

Sama seperti di Indonesia, di Amerika Serikat, sebelum makanan atau obat diizinkan untuk beredar di masyarakat, mereka harus melewati seleksi Food and Drugs Administration (FDA). Patrick mengungkapkan bahwa FDA adalah halangan yang paling ditakuti saat itu.

Pada 2018, Impossible Foods mendapat sertifikasi Kosher dan Halal.

FDA telah mengobrak-abrik Impossible Foods sehingga Patrick dan tim menjadi sedikit pesimis "burger hijau"nya akan diluluskan dari penilaian FDA. Namun, Dewi Fortuna berpihak pada Patrick. Pada 2018, FDA meluluskan Impossible Foods dalam kategori "Generally Recognized as Safe" (GRaS).

Tidak sampai di situ, ternyata pigmen merah heme pada Impossible Foods harus didaftarkan sebagai zat pewarna. Hal itu menjadi rintangan terakhir Patrick dan tim sebelum memasarkan produk mereka. Setelah membuat petisi setebal 1.000 halaman tentang keamanan Impossible Foods, FDA menyetujui Impossible Foods untuk boleh beredar mulai September 2019.