Comscore Tracker

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!

Usaha keras mereka membuahkan hasil

Pernah mendengar atau melihat seseorang kesusahan mengeluarkan 1 kalimat saja? Dia mengulang satu konsonan atau suku kata untuk beberapa waktu sebelum akhirnya mengeluarkan kata yang konkret? Itulah kondisi yang disebut "gagap".

Menurut Stuttering Foundation, sekitar 70 juta penduduk dunia menderita kegagapan, dan kaum adam 4 kali lebih rentan mengalami gagap. Gangguan wicara ini sebenarnya dialami 5 persen anak-anak; namun 1 persen membawa kondisi ini hingga dewasa. Mengapa seseorang bisa gagap?

  • Genetik
  • Perkembangan anak yang terhambat
  • Neurofisiologi
  • Gaya hidup dan dinamika keluarga
15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!unsplash/Priscilla Du Preez

Gagap membuat bicara terbata-bata sehingga mengecilkan kepercayaan diri seseorang dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Parahnya, jika seseorang terus ditekan dan dirundung akibat gagap, ia bisa mengalami gangguan psikologis hingga bunuh diri! Oleh karena itu, pasien kondisi ini perlu dimengerti dan dibantu. 

Lalu, apakah kondisi ini bisa "disembuhkan"? Bukan disembuhkan, kegagapan hanya bisa ditangani agar berkurang, sehingga meningkatkan rasa percaya diri dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kondisi ini juga tidak memandang bulu, karena bahkan figur publik pun ikut terkena! Tetapi, dengan latihan dan terapi yang cukup, mereka malah bangkit menjadi sosok yang kita pandang sekarang. Jangan menyerah, inilah 15 figur publik terkenal yang ternyata menderita gagap.

1. Lewis Carroll (1832-1898): Penulis legendaris asal Inggris yang terkenal dengan karya fiksi Alice in Wonderland ini ternyata gagap seumur hidup. Carroll mengaku bahwa ia menulis Alice in Wonderland sebagai "pelarian" dari kegagapannya!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!Penulis seri Alice in the Wonderland, Lewis Carroll (1863). wikimedia.org

2. Albert Frederick Arthur George/Raja George VI (1895-1952): Ayah dari Ratu Elizabeth II ini terkenal justru karena kondisi gagap yang ia alami sejak berusia 8 tahun! Ia menggantikan Edward VIII sebagai Raja Inggris pada 1936. Tidak pernah sembuh, Raja yang akrab dipanggil "Bertie" ini dibantu Lionel Logue lewat berbagai terapi wicara. Kebiasaan merokok yang ia anggap dapat membantunya justru malah menjadi faktor utama kematiannya!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!Raja Inggris, George VI. wikimedia.org

3. Marilyn Monroe (1926-1962): Terkenal sebagai simbol seks AS, Monroe sejatinya menderita gagap di masa kecil dan selama 2 tahun di sekolah menengah! Karena disarankan berbicara dengan suara serak nan mendesah, justru inilah yang menjadi ciri khas Monroe. Tetapi, di film terakhirnya Something's Got to Give, kegagapan Monroe sedikit terlihat karena stres. Tidak lama, Monroe ditemukan bunuh diri karena overdosis

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!mentalfloss.com

4. Alan Turing (1912-1954): Matematikawan dan analis kriptografi asal Inggris yang terkenal sebagai pencipta komputer modern ini ternyata seorang gagap! Turing naik daun saat berhasil memecahkan kode Enigma milik Nazi Jerman pada Perang Dunia II (PD2) dan membantu sekutu memenangkan PD2. Atas jasanya, BBC menobatkan Alan Turing sebagai sosok terhebat di abad ke-20 pada 2019!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!maxmanroe.com

5. Elvis Presley (1935-1977): Di balik pembawaannya yang flamboyan, sosok yang dikenal "Raja Rock and Roll" ini juga mengalami gagap sewaktu masih kecil. Presley kesusahan mengucapkan kata-kata yang diawali dengan huruf "w" dan "i". Selain itu, Presley mengaku bila ia terlalu gelisah, gagapnya pun kambuh!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!planetradio.co.uk

6. James Earl Jones (1931-): Aktor sekaligus pengisi suara yang terkenal sebagai suara dari Mufasa di Lion King dan Darth Vader di Star Wars ini ternyata gagap. Seperti George VI, Jones menderita gagap saat berusia 8 tahun. Jones mengklaim bahwa kebiasaan membaca puisi, public speaking, dan akting jadi "terapi" khusus!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!James Earl Jones (2013). wikimedia.org

7. Riley B. King/BB King (1925-2015): Musisi yang dijuluki "Raja Musik Blues" ini menderita gagap sewaktu kecil, sampai ia malu karena dihina. Untungnya, dengan berfokus pada musik, kegagapan pada BB King dapat ditutupi dengan sempurna!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!Riley B. King/BB King. biography.com

Baca Juga: Susah Dipercaya, Ini 6 Tokoh Sejarah Dunia dengan Kisah Anehnya

8. Joseph Robinette Biden Jr. (1942-): Presiden AS ke-46 ini terkenal sebagai sosok gagap, hingga dihina oleh petahana dan Presiden AS ke-45, Donald Trump. Tidak menyerah, Presiden Biden mulai melatih wicara pada awal usia ke-20 dan merapal puisi di depan cermin adalah salah satu metodenya. Meskipun begitu, Presiden ini tidak menyalahkan kegagapannya dan terus menjalani hidup!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!Presiden AS ke-46, Joe Biden (2021). wikimedia.org

9. Bruce Willis (1955-): Saat masih kecil dulu, butuh 3 menit bagi Willis untuk mengucapkan satu kalimat saja! Oleh karena itu, ia mengalami perundungan. Sekarang, aktor yang terkenal sebagai John McClane di seri Die Hard dan David Dunn di seri Unbreakable ini mengantungi banyak penghargaan!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!hollywoodreporter.com

10. Nicole Kidman (1967): Pemenang piala Oscar 2003 ini gagap sewaktu kecil. Saat terlalu gelisah, Kidman pun tergagap. Orangtuanya pun suportif dan menyarankannya untuk tenang sebelum bicara. Hasilnya? Aktris yang baru-baru ini jadi Ratu Atlanna di film Aquaman ini jadi aktris kondang dan salah satu dengan bayaran tertinggi!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!hellomagazine.com

11. Tiger Woods (1975-): Mantan juara dunia golf asal AS, Tiger Woods pernah gagap waktu kecil. Hal ini dia ungkapkan saat menolong seorang remaja yang ingin bunuh diri. Bahkan, teman ngobrol Woods hanyalah anjing peliharaannya dan ia harus mengikuti terapi selama 2 tahun untuk bisa menjadi dirinya yang sekarang ini!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!Telegraph.co.uk

12. Samuel L. Jackson (1948-): Salah satu aktor dengan bayaran tertinggi, Sam L. Jackson pernah bungkam selama hampir setahun akibat gagap dan dirundung karenanya! Meskipun sekarang masih gagap, aktor yang menjadi sosok Jules Winnfield di Pulp Fiction, Nick Fury di berbagai film dan seri Marvel, serta Mace Windu di film Star Wars ini terkenal mengucapkan sumpah serapah untuk membantunya berbicara!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!thewrap.com

13. Emily Blunt (1983): Aktris kelahiran Inggris ini gagap parah di usia 7-14 tahun! Melihat Blunt dapat meniru aksen, guru sekolah Blunt menyarankannya untuk akting agar lancar berbicara. Hasilnya? Wajah Blunt malang-melintang di film-film terkenal, dan baru-baru ini di film A Quiet Place bersama suaminya, John Krasinki!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!variety.com

14. Kendrick Lamar (1987): Terlepas dari lancarnya bars yang dikeluarkan, Kendrick Lamar ternyata gagap saat masih remaja. Pemenang penghargaan Pulitzer pada 2018 dan 13 Grammy ini mengatakan bahwa musiklah yang melepaskannya dari gagap. Sekarang, Lamar dianggap salah satu musisi paling berpengaruh di generasinya!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!billboard.com

15. Ed Sheeran (1991): Saat masih kecil, penggubah lagu Thinking Out Loud ini mengaku gagap, dan telah mencoba berbagai cara meskipun hasilnya nihil. Mengejutkannya, salah satu musisi terlaris di dunia ini berterima kasih pada rapper legendaris AS, Marshall Bruce Mathers III (Eminem), karena rap-nya melancarkan wicara Ed Sheeran!

15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!Billboard

Itulah beberapa sosok terkenal di dunia yang ternyata seorang yang gagap, dari penulis hingga seorang Raja! Di balik sosoknya yang mengagumkan, kegagapan masih menghantui mereka! Lalu kenapa mereka bisa setenar ini?

Mereka tidak menyerah dan terus mencari cara dengan menekuni keahlian dan passion-nya, dari akting, menulis, hingga menggubah lagu. Hasilnya, bukan hanya mereka mengalahkan kegagapannya, mereka juga mencapai potensi tertinggi dalam hidup. Kamu salah satunya? Jangan menyerah dan bangkitlah dari kegagapan itu!

Baca Juga: Jarang Diketahui, 7 Tokoh Sejarah Ini Percaya dengan Okultisme

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya