Comscore Tracker

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah Aneh

Terdengar bagus, ternyata asal-usulnya aneh!

Berbahasa Inggris memang terlihat keren dan membuatmu terlihat sophisticated dan educated. Anak Jakarta Selatan (Jaksel) approved banget! Dari menggunakan grammar hingga vocabulary yang sudah dipelajari, Bahasa Inggris sudah bukan lagi bahasa yang menjadi momok berat untuk anak-anak Indonesia.

Cas-cis-cus Bahasa Inggris, beberapa kata dalam Bahasa Inggris ternyata memiliki akar kata dan sejarah yang nyeleneh, bahkan "kabur" dari maknanya di masa kini. Apakah kata-kata yang memiliki sejarah yang aneh tersebut? Yuk, simak!

1. Lesbian, nama pulau yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan homoseksualitas

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah AnehPexels/Cottonbro

Kata "Lesbian" berasal dari nama pulau di Yunani, Lesbos. Pada 600 SM, hidup seorang wanita pujangga dan penyair lira bernama Sapfo, yang terkenal sebagai "Musai Ke-10" dan salah satu dari "Sembilan Penyair Lira" yang dikagumi cendekiawan Aleksandria.

Meskipun kebanyakan puisinya hilang, Sapfo kerap menulis puisi dan syair mengenai cinta dan hasratnya terhadap wanita. Hal ini menyebabkan dunia menghubungkan nama Lesbos dengan cinta homoseksual Sapfo terhadap wanita. Selain homoseksualitas antara wanita, Lesbian sendiri memiliki arti "penduduk pulau Lesbos".

2. Assassin = pembunuh rahasia demi uang atau fanatisme keagamaan

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah Anehgamesradar.com

Kenal dengan tokoh Ezio dan Altair dari game "Assassin's Creed"? Ternyata, kata "assassin" memiliki sejarah yang sama gelapnya dengan arti namanya. Saat Perang Salib tengah berkecamuk di abad pertama, sebuah sekte berbasis di Persia dan Siria (Libanon masa kini), Nizari Isma'ili, membentuk sebuah kelompok rahasia bernama Asāsiyyūn (أساسيون/mereka yang setia atas dasar keimanan).

Saat mereka ditugaskan membunuh, para Asāsiyyūn dikatakan menghirup hasis, resin dari tanaman ganja, agar "nekad" bisa menjalankan tugasnya, sehingga Asāsiyyūn bergeser menjadi hashashin (pemakai hasis). Kemudian kata hashashin diserap ke dalam bahasa Latin menjadi "Assassinus", sebelum menjadi bentuk katanya yang sekarang. Requiescat in pace.

3. Walrus, hewan unik yang namanya berarti kuda dan paus jadi satu

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah AnehPixabay/PublicDomainImages

Tahu hewan walrus? Ya, hewan mamalia yang mirip anjing laut dengan taring besar ini ternyata memiliki sejarah nama yang cukup unik. Saat masih bekerja untuk menyusun Kamus Inggris Oxford pada 1919 - 1920, penulis yang terkenal karena novel "The Lord of the Rings" dan "Hobbit", J. R. R. Tolkien, adalah yang pertama kali menghubungkan nama "walrus" dengan bahasa Norwegia Kuno, hrossvalr, yang berarti "kuda-paus".

Terlihat seperti paus, walrus memang bertubuh besar dan memiliki sirip. Namun, apakah giginya yang besar mengingatkanmu pada kuda?

Hal ini menjadi dilema Tolkien, hingga membuat enam versi dari sejarah kata walrus yang sekarang masih tersimpan di arsip Oxford. Kata hrossvalr kemudian diserap Inggris Kuno menjadi horschwæl sebelum berevolusi dan dibalik urutannya di bahasa Belanda menjadi kata "walrus" yang kita kenal sekarang.

4. Quarantine, karantina selama 40 hari dan makna angka 40 hari

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah AnehDiamond Princess. bbc.com

Menghadapi pandemik penyakit virus corona baru (COVID-19), kata satu ini menjadi yang paling sering didengar; apalagi, saat Jepang mengarantina kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama. Quarantine/karantina berasal dari bahasa Italia "quarantena" yang berarti 40 hari. Saat benua Eropa diserang Wabah Hitam (Black Death) pada abad 14 - 15, kapal dari negara yang terinfeksi dilarang masuk pelabuhan selama 40 hari.

Angka 40 hari pada quarantine menunjukkan kesakralan di kalangan kepercayaan Nasrani, seperti durasi puasa Yesus, dan lama banjir bandang di zaman Nabi Nuh (40 hari, 40 malam). Oleh karena itu, 40 hari dianggap waktu yang sakral hingga sesuatu/seseorang jadi "tahir". Oleh karena itu, sekarang "karantina" dipakai untuk menjelaskan proses isolasi sesuatu/seseorang hingga jangka waktu tertentu.

5. Nimrod, dari "pemburu terhebat" jadi "orang bodoh"

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah AnehNimrod. signsofthelastdays.org

Sebutan "nimrod" adalah sebutan informal yang artinya "bodoh". Aslinya? Nimrod, sesuai dengan sejarahnya dalam Alkitab di kitab Kejadian, adalah seorang "penguasa pertama di Bumi" dan "pemburu yang gagah perkasa di hadapan Tuhan". Namun, maknanya bergeser jauh sejak 1980an. Mengapa begitu?

Ternyata, tokoh kartun Bugs Bunny dari Looney Toons dianggap salah satu penyebabnya. Pada episode "A Wild Hare" pada 1940, Bugs menyebut musuhnya, Elmer Fudd, sebagai "poor little nimrod". Sebutan "nimrod" yang merujuk pada orang bodoh terus beredar di Looney Tunes, sehingga anak-anak yang tidak tahu sejarah Alkitabiah Nimrod menganggap artinya sebagai "orang bodoh". Beda jauh, kan?!

https://www.youtube.com/embed/M8MRRq36d6w

Baca Juga: 7 Pembunuh Berantai Paling Kejam dalam Sejarah, Layak Disebut Manusia?

6. Muscle, otot yang mirip seperti tikus kecil?

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah AnehIlustrasi: Tikus berotot. futurism.com

Seseorang yang berotot dianggap berbadan besar, bukan? Leluhur kita justru berpikir sebaliknya. Kata "muscle" berasal dari bahasa latin "musculus" yang artinya... "tikus kecil". Menurut leluhur kita, otot (baik yang kekar atau yang normal) dengan urat-uratnya terlihat bak seekor tikus yang hidup di bawah kulit kita. Hiiii....!

7. Cancer, rasi bintang dan penyakit kanker yang mirip seperti... kepiting?

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah AnehCancer. starregistration.net

Ditemukan pada abad ke-2 oleh matematikawan asal Mesir - Romawi, Klaudius Ptolemaeus dengan gugus yang membentuk huruf Y terbalik, Cancer memiliki hubungan dengan mitologi Yunani, saat Herkules membunuh seekor kepiting yang menggigitnya saat melawan Hydra. Dewi Hera, istri Zeus sekaligus musuh Herkules, meletakkan kepiting tersebut sebagai rasi bintang di langit malam sebagai penghormatan dan menjadi rasi mereka yang lahir pada 22 Juni - 22 Juli.

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah AnehIlustrasi: Sel kanker. racgp.org.au

Dari segi medis, cancer/kanker pertama kali disebutkan oleh tabib Yunani Kuno pada 460 - 370 SM, Hippokrates, sebagai καρκίνος/karkinos. Melihat kanker dengan tumor dan uratnya yang abnormal saat itu sama seperti melihat seekor "kepiting lengkap dengan cangkang dan kakinya". Jangan tanya di mana capitnya!

8. Malaria, dulunya bukan dianggap dari nyamuk, melainkan dari "udara buruk"

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah Anehhms.harvard.edu

Kata "malaria" yang sekarang dikaitkan dengan penyakit yang disebarkan nyamuk ternyata memiliki sejarah yang berbeda. Bagi leluhur kita, malaria disebabkan oleh "polusi" atau dalam bahasa Yunani kuno, miasma (μίασμα). Miasma yang keluar dari sesuatu yang membusuk dijadikan biang kerok penyakit seperti kolera hingga malaria.

Pada Abad Pertengahan, orang Italia menyebutnya mala aria ("udara yang buruk") yang dikaitkan pada miasma dari rawa-rawa, karena banyak ditemukan pembusukan. Selain itu, masyarakat yang tinggal di dekat rawa sering jatuh sakit. Bukan mala aria, penyebab sebenarnya adalah sarang nyamuk di dekat genangan air sekitar rawa-rawa.

9. Tragedy dan hubungannya dengan kambing

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah AnehTragedi. brunswick.k12.me.us

Apa yang muncul di pikiranmu saat mendengar tragedi? Kalau "kambing", berarti kamu setuju dengan rakyat Yunani Kuno. "Tragedi" berasal dari kata Yunani τραγωδία/tragodia dari "tragos" dan "aeidein", yang berarti "nyanyian kambing." Kenapa kambing? Filsuf Jerman, Friedrich Nietzsche, tahu kenapa.

Dalam bukunya, "Die Geburt der Tragödie aus dem Geiste der Musik", hubungan antara tragedi dan kambing tampaknya muncul dari pentas drama menyedihkan yang melibatkan peran makhluk satir, roh alam berbentuk setengah manusia dan setengah kambing atau kuda, yang kerap menertawakan kemalangan tokoh utama. Kata tragodia kemudian diserap Bahasa Prancis jadi "tragedie" sebelum diserap lagi oleh Bahasa Inggris menjadi "tragedy".

10. Candidate, kandidat dari Romawi yang tidak putih dan bersih

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah AnehSejarah kata "Candidate". collinsdictionary.com

Menyambut pemilihan umum untuk pemimpin satu negara atau kota, kata "candidate"/kandidat pasti paling sering muncul. Kata candidate bisa ditelusuri kembali ke zaman Romawi Kuno.

Saat berkampanye atau menghadiri diskusi, calon pemimpin Romawi memakai jubah berwarna putih mengkilap (candidus dalam bahasa Latin). Mereka yang memakainya disebut candidati ("pria yang diputihkan"), untuk mencerminkan "kebersihan dan kejernihan" para kandidat dalam memimpin kota atau negeri. Oleh karena itu, kata Bahasa Inggris "candid" yang artinya "jujur/blak-blakan" juga berasal dari sejarah ini juga.

Dari Walrus hingga Karantina, 10 Kata Inggris Ini Punya Sejarah AnehBahasa Inggris. istockphoto.com

Itulah kata-kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki sejarah aneh yang bukan hanya hampir tidak ada hubungannya, melainkan juga mengaburkan makna sesungguhnya dari kata tersebut. Namun, apa daya, kata-kata dan maknanya tersebut sudah terpatri dalam benak masyarakat hingga saat ini.

Ternyata, cukup penting, ya, mempelajari sejarah kata Bahasa Inggris agar mengerti arti sesungguhnya dari kata tersebut. Bagaimana? Sudah merasa tercerahkan? Dari sejarah-sejarah di atas, menurutmu manakah yang paling aneh?

Baca Juga: 10 Hewan yang Menapakkan Jejak di Sejarah Peradaban

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya