Comscore Tracker

5 Penemuan Gabungan yang Bertahan hingga Masa Kini

Bahkan ada di genggamanmu!

Saat teknologi memperbarui dunia, kehidupan manusia tidaklah sama. Informasi semakin mudah didapat dan komunikasi semakin tak mengenal jarak dan waktu. Terutama pada dua dekade belakangan ini, teknologi pun semakin berkembang dengan sangat pesat!

Tetapi, manusia masih terus berkreasi dengan teknologi. Sampai-sampai, hal-hal yang sebelumnya membutuhkan banyak perangkat, semuanya dapat dilakukan dengan satu perangkat saja. Contoh, fungsi kamera, mengirim surel/e-mail, hingga menelepon, semuanya dapat dilakukan di ponsel cerdas/smartphone dalam genggaman!

Sampai sekarang pun, kita masih hidup berdampingan dengan berbagai teknologi yang adalah hasil pergabungan lebih dari satu benda! Apa saja? Melansir situs History, inilah 5 inovasi teknologi yang berasal dari pergabungan antar berbagai benda menjadi satu dan masih digunakan hingga sekarang.

1. Smartphone

5 Penemuan Gabungan yang Bertahan hingga Masa KiniIBM Simon dan iPhone. time.com

"Lebih panik lupa HP daripada lupa dompet!"

Ponsel cerdas atau smartphone adalah revolusi teknologi yang ikut mengubah arus sejarah dunia di masa kini. Smartphone pertama kali diperkenalkan oleh raksasa teknologi asal AS, IBM, pada 1994. Pada saat itu, smartphone diberi nama "Simon Personal Communicator" atau "IBM Simon".

Mirip seperti HP zaman sekarang, IBM Simon dibekali dengan fitur pengiriman e-mail, pen stylus untuk layar sentuh, dan kalender. Baterai IBM Simon hanya dapat bertahan satu jam. Terjual 50.000 di AS, IBM Simon kemudian kalah saing dengan ponsel lipat atau flip phone.

https://www.youtube.com/embed/WTu95rhjeF4

Reputasi smartphone sebagai pengubah dunia "meledak" pada 2007. Saat itu, pendiri Apple, Steve Jobs, meluncurkan iPhone generasi pertama. Saat itu, Jobs mengklaim iPhone sebagai gabungan dari tiga produk: ponsel, pemutar musik, dan komunikator internet!

"Sebuah iPod, telepon, dan komunikator Internet. iPod, telepon, apakah kalian mengerti? Ini bukan tiga perangkat terpisah, Ini adalah satu perangkat. Dan, kami menamainya 'iPhone'," seru Jobs saat peluncuran iPhone pada Macworld 2007.

iPhone dan pesaingnya, seperti Samsung, Oppo, vivo, Xiaomi, hingga Huawei terus berkembang dengan menambahkan lebih banyak fitur modern seperti GPS, obrolan video, pemantauan kesehatan, speaker, pembayaran, dan banyak lagi.

Dengan smartphone, kamu dapat melakukan banyak hal yang seharusnya dilakukan dengan perangkat terpisah, dari menelepon, memotret, mengirim e-mail, menunjukkan arah perjalanan, hingga menonton film dan bermain game!

2. Pisau Swiss Army

5 Penemuan Gabungan yang Bertahan hingga Masa KiniPisau Swiss Army dari Victorinox. victorinox.com

Awalnya dirancang pada 1891 untuk tentara Swiss oleh pengusaha asal Swiss, Karl Elsener, sekarang pisau lipat multifungsi yang dikenal dengan nama Swiss Army ini tetap dapat ditemukan sebagai pisau yang bernilai tinggi!

"Produk ini memiliki pisau besar, pembuka kaleng, dan peluas/reamer di satu sisi. Di sisi lainnya, tidak ada apa-apa. Pisau lipat ini sangat kuat, tetapi berat, sehingga kakek buyutku memutuskan untuk membuat pisau lipat yang lebih elegan untuk para tentara dan melengkapinya dengan pembuka tutup botol dan pisau di sisi kedua," tutur Carl Elsener Jr., penerus Victorinox sekaligus cicit dari Karl Elsener pada The New York Times.

Karena popularitasnya di kalangan militer, Elsener dan perusahaannya, Victorinox, mematenkan pisau serbaguna Swiss Army pada 1897. Tentara Amerika kemudian menemukan pisau ini pada Perang Dunia II. Karena namanya (Schweizer Offiziersmesser) sulit diucapkan, makan pisau ini disebut saja "Swiss Army".

Layaknya smartphone, pisau Swiss Army terus dikembangkan dan diberikan lebih banyak fitur. Model Super Timer Swiss Army memiliki 31 peralatan, dari jam hingga gergaji dan alat untuk mengupas sisik ikan! Bahkan, Swiss Army juga memiliki alat trakeostomi untuk keadaan darurat pernapasan.

Baca Juga: 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat hingga Sekarang

3. Pesawat terbang air

5 Penemuan Gabungan yang Bertahan hingga Masa KiniPesawat terbang air. bbc.com

Pesawat yang bisa beroperasi di atas air? Itulah model yang dikembangkan pertama kali pada 1910 oleh penerbang dan insinyur Prancis, Henri Fabre. Fabre menggabungkan "pesawat" dan "kapal" dan menamainya "Hydravion".

Angkatan Militer AS baru mulai menggunakan pesawat terbang air pada 1917 selama Perang Dunia I (PD1) untuk memerangi Jerman. Bahkan, penerbangan transatlantik pertama dilakukan pada 1919 dengan pesawat terbang air NC-4 oleh Angkatan Laut dan Penjaga Pantai AS yang memakan waktu tiga minggu!

Tetapi, pada 1930an, teknologi pesawat dan persenjataan anti-udara menghambat perkembangan pesawat terbang air. Pesawat terbang air masa kini dilengkapi dengan roda agar bisa mendarat di darat dan di air.

4. Jam radio

5 Penemuan Gabungan yang Bertahan hingga Masa KiniJam radio yang dapat disambungkan dengan iPod. commons.wikimedia.org

Karena tidak adanya catatan patennya di Kantor Paten dan Merek Dagang AS, silsilah gabungan jam dan radio ini tumpang tindih. Pertama, majalah Time mengatakan bahwa James F. Reynolds dan Paul L. Schroth Sr. adalah penemu dari jam radio pada 1940an. 

Tetapi, beberapa mengatakan bahwa perusahaan jam Amerika, Bulova, adalah penemu jam radio pada 1928! Di sisi lain, Harvard Business School mengatakan bahwa penemu jam radio adalah Benjamin Abrams, pendiri dari Emerson Radio and Phonograph Corporation.

Awalnya, jam radio memiliki berat 11 kilogram dan baru berevolusi menjadi model yang lebih kecil agar dapat diletakkan di meja samping tempat tidur. Jam radio ini pun masih terlihat hingga sekarang. Malah, jam radio masa kini bisa kamu pasangkan dengan smartphone, iPod, hingga untuk charging HP!

5. Stand mixer

5 Penemuan Gabungan yang Bertahan hingga Masa KiniStand mixer. kitchenaid.id

Menggabungkan konsep teknologi pengocok dan pengait adonan, stand mixer tidak hanya berfungsi untuk membuat kue! Di masa kini, stand mixer pun dapat membuat pasta, sosis, hingga es krim dan jus.

Salah satu yang terkenal adalah model KitchenAid. Menurut majalah Smithsonian, mixer muncul di awal abad ke-20, Herbert Johnston, insinyur dari Hobart Manufacturing Company. Herbert mendesain mesin pengaduk untuk mempermudah pencampuran adonan. Seperti sekarang, stand mixer Herbert memiliki mangkuk yang dapat dilepas. 

Model dengan mangkuk bervolume 80 liter diluncurkan pada 1914 untuk toko roti komersial dan Angkatan Laut AS pada PD1. Stand mixer yang masih kita lihat sekarang adalah "Model K" yang hadir pada 1937. Hingga saat ini, berbagai aksesoris untuk tata boga dengan stand mixer pun terus dikembangkan agar hasilnya lebih menarik!

Itulah lima penemuan hasil pergabungan lebih dari satu benda yang tak lekang oleh waktu. Dengan berbagai penemuan tersebut, hidup jadi lebih mudah tanpa perlu dipersulit dengan banyak benda! Dari smartphone hingga stand mixer, masih digunakan sampai sekarang, kan?

Baca Juga: 12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Dunia

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya