Comscore Tracker

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Dunia

Ketidaksengajaan ini justru berbuah manis, lho

Banyak ilmuwan yang bekerja keras siang-malam untuk menciptakan penemuan. Tak jarang, temuan itu gagal, sehingga ia harus mengulang lagi dari awal. Contohnya, Thomas Alva Edison membutuhkan waktu dua tahun lebih untuk mengembangkan lampu pijar yang efisien.

Tetapi, ada pula ilmuwan yang menciptakan sesuatu tanpa disengaja. Justru, temuan yang tak direncanakan ini mengubah dunia dan bermanfaat sampai sekarang! Wanna know more?

1. Popsicle

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Dunia(Foto: New Africa/Shutterstock)

Percayakah kamu kalau penemu Popsicle adalah anak berusia 11 tahun? Di tahun 1905, Frank Epperson sedang bersantai di teras belakang rumahnya di San Francisco. Saat itu, ia sedang mengaduk cangkir yang berisi soda bubuk dan air dengan tongkat.

Lalu, ia meninggalkan cangkirnya di luar semalaman. Keesokan harinya, ia melihat "es manis di atas tongkat" dan menamai temuannya Eppsicle. Frank membuatnya untuk teman-temannya dan mereka menyebutnya Popsicle. Dilansir laman Insider, Frank mematenkan temuannya di tahun 1923.

2. Play-Doh

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniatutortime.com

Di awal tahun 1950-an, perusahaan Kutol membuat tanah liat untuk menghilangkan jelaga di rumah yang masih menggunakan batu bara. Tetapi, orang-orang beralih dari batu bara ke gas untuk menghangatkan rumah mereka. Ini membuat perusahaan merugi dan menuju kebangkrutan.

Kepala perusahaan Kutol, Joseph McVicker, tidak kehabisan akal. Ia mendapatkan ide dari saudara perempuan guru sekolahnya yang memakai adonan dari Kutol sebagai tanah liat untuk metode pengajaran di kelas.

Produk itu akhirnya dipasarkan ulang sebagai mainan, bukan sebagai pembersih. Di tahun 1956, Play-Doh didemonstrasikan di pameran pendidikan, lalu diiklankan di acara televisi anak-anak pada tahun 1957. Produk itu akhirnya sukses besar!

3. Alat pacu jantung

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniaingeniumcanada.org

Awalnya, John Hopps, seorang insinyur listrik Kanada kelahiran 21 Mei 1919, melakukan penelitian tentang hipotermia dan mencoba memakai pemanas frekuensi radio untuk memulihkan suhu tubuh. Apa yang terjadi selanjutnya?

Selama percobaan berlangsung, John menyadari jika jantung berhenti berdetak karena pendinginan, maka bisa "dimulai" lagi dengan stimulasi buatan. Berangkat dari sana, ia menciptakan alat pacu jantung di tahun 1951, laman Insider menerangkan.

4. Microwave

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniaindiatoday.in

Di tahun 1945, Percy Spencer, seorang insinyur Amerika, bekerja di laboratorium pengujian magnetron (tabung vakum bertenaga tinggi di dalam radar). Saat sedang bekerja di dekat magnetron, ia menyadari bahwa sebatang permen selai kacang di sakunya mulai meleleh.

Dikutip dari laman India Today, Percy memutuskan untuk membeli jagung dan akhirnya popcorn bermunculan di semua tempat. Lalu, temuan ini dipatenkan dengan nama "RadaRange".

Dua tahun setelahnya, perusahaan Raytheon meluncurkan RadaRange sebagai oven microwave komersial pertama. Tinggi RadaRange sekitar enam kaki (2 meter) dan beratnya 340 kilogram.

Baca Juga: Super Woman! 7 Ilmuwan Perempuan dan Jasanya bagi Dunia

5. Coca Cola

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniaallthatsinteresting.com

Tahukah kamu sejarah penemuan Coca Cola? Minuman berkarbonasi ini diciptakan oleh John Pemberton, seorang apoteker. Awalnya, ia menjual sirup yang terbuat dari anggur dan ekstrak koka. Sirup ini dinamai Pemberton's French Wine Coca yang bisa digunakan sebagai obat sakit kepala dan gangguan saraf.

Karena Atlanta melarang penjualan alkohol di tahun 1885, John menciptakan sirup murni berbahan dasar koka. Minuman ini awalnya dijual di apotek dan penjualan tahun pertamanya hanya US$50, laman All That's Interesting menceritakan.

Sayangnya, John Pemberton tidak sempat merasakan kesuksesan temuannya. Ia menderita kanker perut dan menjual perusahaannya sedikit demi sedikit, sampai ia hanya memiliki sepertiga bagian.

6. Keripik kentang

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniaoliveoilsfromspain.org

Camilan favorit sejuta umat ini ditemukan oleh George Crum. Ia adalah koki di Carey Moon Lake House di Saratoga Springs, New York. Bagaimana keripik kentang ditemukan?

Alkisah, seorang pelanggan yang picky (pemilih) mengeluh bahwa kentang gorengnya terlalu tebal dan mengirimkan kembali pesanannya. Merasa frustrasi, George "membalas dendam" dengan mengiris kentang setipis kertas, menggorengnya sampai garing, dan memberinya banyak garam, laman ThoughtCo mengisahkan.

Di luar dugaan, justru pelanggan itu menyukainya. Akhirnya, restoran Carey Moon Lake House justru terkenal dengan "keripik Saratoga" spesial sebagai signature dish-nya.

7. Sakarin

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniadrscottlear.com

Constantine Fahlberg adalah peneliti di Johns Hopkins University. Di tahun 1879, ia mencoba menemukan penggunaan lain untuk tar batubara. Tetapi, Constantine justru menemukan zat pemanis! Laman Today in Science History menceritakan penemuan yang tak disengaja ini.

"Suatu malam, saya sangat tertarik dengan laboratorium sehingga lupa makan malam. Kemudian, (saya) bergegas pergi makan tanpa mencuci tangan. Saya duduk, mengambil sepotong roti, dan meletakkannya di bibir. Rasanya sangat manis," ujar Constantine Fahlberg.

Ia melacak dari mana rasa manis itu berasal. Kemudian ia menjilat ujung ibu jarinya dan merasakan rasa manis yang melebihi permen. Akhirnya, Constantine menyadari bahwa zat tar batubara adalah sumber dari rasa manis tersebut.

Yang terjadi selanjutnya adalah ia bekerja sama dengan salah satu perusahaan di Jerman untuk memproduksi sakarin. Kini, sakarin dikenal sebagai pemanis yang 300 kali lebih manis daripada gula meja.

8. Penisilin

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniatheconversation.com

Mundur ke tahun 1928, Alexander Fleming secara tidak sengaja menemukan penisilin saat berada di di Rumah Sakit St. Mary, London. Penisilin adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, jelas laman MedicineNet.

Awalnya, Alexander menemukan cawan petri yang ia buang berisi jamur yang melarutkan bakteri di sekitarnya. Kemudian, ia mengetahui bahwa jamur yang berasal dari genus Penicillium ini mengandung antibiotik yang kuat.

Penisilin bisa mengobati berbagai infeksi pada telinga tengah, sinus, kandung kemih, ginjal, perut, dan usus. Cara kerja penisilin adalah mencegah bakteri membentuk dinding sel dan membuatnya tidak bisa bertahan hidup.

Baca Juga: Bermanfaat, Ini 7 Penemuan Penting yang Diciptakan Bangsa Romawi Pt. 1

9. Sinar-X

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniachicagotribune.com

Wilhelm Roentgen menemukan sinar-X secara tidak sengaja di tahun 1895. Awalnya ia menguji apakah sinar katoda bisa menembus kaca. Ia heran, bagaimana lampu hijau pijar bisa lolos dan diproyeksikan ke layar fluoresen, padahal tabung katodanya tertutup kertas hitam tebal, laman Columbia Surgery menerangkan.

Lewat eksperimen, ia menemukan bahwa "cahaya misterius" melewati sebagian besar zat namun meninggalkan bayangan benda padat. Karena tidak tahu sinar apakah itu, Wilhelm Röntgen menyebutnya "sinar-X".

Ketika diujicobakan pada manusia, sinar-X membuat tulang dan jaringan di bawahnya terlihat. Dalam sekejap, sinar-X mulai digunakan para dokter untuk menemukan lokasi patah tulang, batu ginjal, hingga sesuatu yang tertelan dan lokasi tembakan senjata di tubuh.

10. Sereal jagung

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniatasteatlas.com

Sereal jagung adalah menu sarapan yang populer di luar negeri, spesifiknya di Amerika. Penemunya adalah John dan Will Kellogg, dua bersaudara yang juga merupakan pengusaha. Ternyata, sereal jagung dibuat secara tidak sengaja!

Di tahun 1898, mereka lupa meninggalkan sepanci gandum rebus di atas kompor selama beberapa hari. Saat ditemukan, ternyata sudah berjamur, tetapi menjadi kering dan mengental, ujar laman Insider.

Mereka melakukan eksperimen untuk menghilangkan jamur. Akhirnya, mereka mengembangkan sereal jagung (corn flakes) yang diklaim dibuat tanpa gula atau perasa tambahan dan menyehatkan pencernaan.

11. Kertas Post-It atau sticky notes

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniapixabay.com

Kamu pasti sudah familiar dengan benda ini. Penemunya adalah Spencer Silver dan Art Fry, peneliti di 3M Laboratories. Awalnya, Spencer membuat perekat dengan tingkat kelekatan rendah di tahun 1968.

Perekat ini ditempelkan pada sesuatu yang ringan (seperti kertas). Dan saat ditarik, perekat ini tidak merusak permukaannya dan bisa digunakan berulang kali!

Ternyata, yang ia temukan adalah "mikrosfer" yang memungkinkan permukaan yang menempel untuk terkelupas dengan mudah. Mikrosfer bisa mempertahankan kelengketannya sekaligus mudah dilepas.

12. Teflon

12 Penemuan yang Tak Sengaja Terjadi dan Mengubah Duniatolleystopics.com

Tahukah kamu kalau teflon adalah ciptaan yang tidak disengaja? Penemunya adalah Dr. Roy Plunkett. Di tahun 1938, ia dan asistennya, Jack Rebok, sedang bereksperimen dengan tetrafluorethylene (TFE), laman Today I Found Out mengisahkan ulang.

Ia menciptakan sekitar 100 pon TFE dan menyimpan gas itu dalam silinder kecil. Saat katup silinder dibuka, tidak ada gas yang keluar. Mereka pun memotong silinder untuk mencari jawaban.

Ternyata, gas TFE itu telah terpolimerisasi menjadi bubuk putih lilin, yaitu resin polytetrafluoroethylene (PTFE). Inilah material penting yang membuat teflon menjadi anti lengket.

Nah, itulah 12 penemuan yang diciptakan secara tak sengaja. Suatu kebetulan yang bisa mengubah dunia!

Baca Juga: Berkontribusi Besar, Ini 10 Penemuan Paling Penting di Tiongkok Pt.2

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya