Comscore Tracker

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Fakta Unik tentang Daun Kentut! 

Ternyata banyak khasiatnya, lho! 

Tidak banyak yang mengetahui bahwa di Indonesia memiliki daun yang satu ini. Adalah daun kentut yang biasanya tumbuh dengan cara merambat di daerah-daerah tropis. Tanaman ini memiliki batang berdaun yang merambat dengan panjang mencapai 1,5 meter hingga 7 meter.

Daun kentut ini tumbuh dengan cara menempel atau menumpang pada tumbuhan lain. Dan tidak hanya namanya yang unik, tetapi banyak hal-hal unik lainnya dari daun ini. Bahkan terdapat beragam manfaat yang akan didapat jika daun ini dikonsumsi.

Berikut 5 fakta unik yang dimiliki daun kentut. Langsung aja yuk!

1. Memiliki beragam nama

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Fakta Unik tentang Daun Kentut! garden.org

Dilansir Eattheweeds, di Malaysia daun ini dinamakan Kesimbukan atau Akar Kentut. Di Indonesia sendiri, dalam bahasa Sunda daun ini disebut Kahitutan, dalam bahasa Jawa disebut Sembukan, dan dalam bahasa Madura disebut Bintaos.

Tidak berbeda jauh, di Filipina pun daun ini disebut Kantutai, lho! Dan dalam bahasa Inggris daun ini disebut Skunk Vine yang berarti anggur busuk. Wah, banyak sekali bukan sebutan untuk daun ini. Inilah yang menjadi salah satu alasan keunikannya. 

2. Sejarah penamaan Latin

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Fakta Unik tentang Daun Kentut! sharonsflorida.com

Dilansir Sharinsflorida, daun kentut mulai diperkenalkan di Florida sekitar tahun 1897. Daun kentut ini memiliki nama botani Paederia Foetida. Kata Paederia ini berasal dari bahasa Latin yang berarti kotoran atau bau busuk.

Sedangkan kata Foetida sendiri juga berasal dari bahasa Latin yang berarti bau. Sehingga jika digabungkan, Paederia Foetida berarti kotoran berbau busuk. Mungkin, penamaan ini dipilih karena baunya yang begitu khas yaitu bau busuk seperti kentut. 

Baca Juga: 7 Manfaat dari Daun Apel yang Tidak Disadari oleh Penikmat Buahnya

3. Beraroma seperti kentut

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Fakta Unik tentang Daun Kentut! invasive.org

Daun kentut memiliki bau yang sangat khas di mana ketika diremas atau digosok daunnya akan tercium bau busuk yang begitu menyengat. Memang setelah daun ini dimasak, bau itu akan hilang dengan sendirinya. Tapi daun ini tetap menyisakan rasa pahit ketika disantap, lho! 

4. Manfaat berlimpah

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Fakta Unik tentang Daun Kentut! eddmaps.org

Di awalan sudah disebutkan bahwa daun ini memiliki beragam manfaat terlepas dari baunya yang tidak sedap. Dilansir Planetayurveda, bahwa daun ini berkhasiat untuk menyembuhkan masalah pada usus, merawat kesehatan usus terutama anti diare dan anti disentri.

Bahkan daun kentut ini juga bermanfaat untuk sakit rematik, kelumpuhan, radang sendi. Dikarenakan daun ini mengandung anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Dan daun kentut ini juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh, lho! 

5. Beragam olahan dari daun kentut

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Fakta Unik tentang Daun Kentut! sharonsflorida.com

Jika kamu orang Medan, pasti sudah tidak asing lagi dengan menu yang satu ini yaitu nasi kentut. Dari namanya saja pasti kening akan berkerut lantas bertanya-tanya, nasi kentut itu terbuat dari kentut atau nasi yang dikentutin? Jawabannya bukan, kok. 

Alasan dinamakan nasi kentut adalah karena nasi ini berasal dari olahan yang dicampur oleh daun kentut. Jadi pengolahannya, nasi yang dicampur daun kentut, rempah-rempah, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Tidak hanya itu daun kentut ini juga sering digunakan untuk olahan botok, lho! 

Nah, itu dia 5 fakta unik tentang daun kentut yang jarang orang ketahui. Jadi, beranikah kamu mencoba daun kentut? 

Baca Juga: 9 Nama Unik Bungkus dari Daun Pisang, Yakin Kamu Sudah Tahu?

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

I scream so loud, but, no one heard a THING. So, I decided to write. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya