Comscore Tracker

12 Sejarah Hewan Peliharaan di Gedung Putih 

Presiden ini memilihara anjing hingga harimau, lho

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, memiliki hewan peliharaan bisa menurunkan resiko tekanan darah dan kadar kolesterol, hingga bisa mengatasi masalah depresi dan kesepian. Mengingat bahwa hewan peliharaan bisa menghilangkan stres, tidak mengherankan jika sebagian besar presiden Amerika memiliki anjing, kucing, atau hewan peliharaan lainnya di Gedung Putih.

Hanya segelintir presiden, salah satunya Donald Trump, yang menjadi presiden pertama dalam 130 tahun yang tidak memiliki hewan peliharaan di sisinya. Baca terus ya untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah beberapa hewan peliharaan yang pernah singgah di Gedung Putih.

1. Hewan peliharaan pertama di Gedung Putih milik John Adams

12 Sejarah Hewan Peliharaan di Gedung Putih thoughtco.com

Hewan peliharaan pertama yang menempati rumah presiden adalah milik Founding Fathers, filsuf politik, dan Presiden AS kedua, John Adams. Menjabat pada tahun 1797, Adams dan istrinya Abigail pindah ke Gedung Putih yang belum selesai pada tahun 1800, hanya empat bulan sebelum akhir masa jabatannya. Menurut The Presidential Pet Museum, keluarga Adam membawa seekor kuda bernama Cleopatra, kuda yang pertama kali tinggal di kandang kuda Gedung Putih. Cleopatra, kuda kesayangan Adams, bersama dengan kuda bernama Caesar, menarik kereta presiden John Adams ketika pelantikannya di Philadelphia.

Adams juga membawa beberapa anjing ras campuran, yakni anjing pertama yang mengitari halaman Gedung Putih. Ada dua anjing favorit presiden bernama Juno dan Satan. Abigail Adams juga ternyata sangat menyayangi Juno. Dalam sepucuk surat kepada cucunya, Caroline Smith de Windt, Abigail Adams menulis, "Jika kamu mencintaiku, kamu harus mencintai anjingku." 

2. Thomas Jefferson memiliki burung-burung dan beruang

12 Sejarah Hewan Peliharaan di Gedung Putih newstarget.com

Presiden ketiga dan penulis Deklarasi Kemerdekaan Thomas Jefferson, yang mengalahkan Federalis John Adams dalam pemilihan presiden tahun 1800, ternyata memiliki ketertarikan pada burung mockingbird, dan ia memiliki beberapa burung selama hidupnya. Namun, jurnal dan suratnya hanya mengacu pada satu nama.

Sebagaimana dirinci oleh situs web kediaman Jefferson yang terkenal, Monticello, burung mockingbird menjadi burung favorit Jefferson, yang ia beri nama Dick. Burung ini ditempatkan dalam sangkar yang digantung di antara mawar dan geranium di ceruk jendela kabinet presiden. Saat sendirian, Jefferson akan membuka kandangnya dan membiarkannya terbang mengelilingi Gedung Putih.

Jefferson juga memiliki peliharaan eksotis pertama yang tinggal di Gedung Putih. Pada bulan Oktober 1807, penjelajah bernama Kapten Zebulon Pike mengirim dua anak beruang grizzly kepada presiden sebagai hadiah. Dalam sepucuk surat kepada keponakannya, Jefferson ingin menyumbangkan dua anak beruang grizzly itu ke museum temannya Charles Willson Peale, karena dianggap "terlalu berbahaya dan sulit untuk dipelihara." Namun demikian, beruang-beruang itu tetap tinggal di kediaman presiden selama berbulan-bulan dan akhirnya dilepaskan di halaman Gedung Putih. 

3. Andrew Jackson, kuda dan burung beonya

https://www.youtube.com/embed/NKXS5hCTr04

Menjadi salah satu presiden Amerika yang paling kontroversial, Andrew Jackson adalah seorang militer yang dikenal karena taktik politiknya yang agresif. Jackson adalah seorang veteran Perang Revolusi sebagai pembela hak-hak orang biasa. Namun demikian, perannya dalam mengusir penduduk asli Amerika dari tanah mereka sendiri, membuat reputasi dan warisannya bermasalah.

Jackson juga seorang penunggang kuda yang terampil dan fanatik dengan pacuan kuda. Setelah menjabat pada tahun 1829, Jackson membawa kuda-kudanya dari kampung halamannya di Nashville ke Washington D.C., mengubah halaman Gedung Putih menjadi operasi pembiakan dan pelatihan kuda pacu. Thruxton, salah satu kuda pacu yang paling dicintainya, menjadi salah satu dari banyaknya pertaruhan Jackson yang dimenangkannya. 

Kuda jantan putih favorit Jackson yang dia namai Sam Patch, memiliki makna sebagai seorang pemberani Amerika awal yang terkenal karena melompat ke Air Terjun Niagara. Kuda Sam Patch ini diabadikan dalam lukisan yang dipajang di bekas rumah Jackson, Hermitage, di Tennessee.

Hewan peliharaan Jackson yang paling terkenal lainnya adalah burung beo abu-abu Afrika bernama Poll, tetapi tidak pernah tinggal di Gedung Putih. Dibeli untuk istrinya yang sakit, Rachel, Poll ditempatkan di Hermitage selama masa jabatan Jackson. Burung itu terkenal karena bisa menirukan bahasa yang tidak senonoh. Bahkan, pada hari pemakaman Jackson, ia mengeluarkan kata-kata kutukan di depan para pelayat, yang membuat semuanya terkejut. 

4. Van Buren membawa dua harimau ke Gedung Putih

12 Sejarah Hewan Peliharaan di Gedung Putih yahoo.com

Presiden pertama yang lahir sebagai warga negara AS, Martin Van Buren mengambil alih Gedung Putih pada tahun 1837. Van Buren, sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden dan sekretaris negara di bawah kepemimpinan Jackson. Menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat setelah Andrew Jackson, Van Buren dihadapkan pada kepanikan tahun 1837, yang menjadi salah satu kemerosotan ekonomi terburuk dalam sejarah Amerika, hanya tiga bulan setelah ia menjabat. Depresi ekonomi dan naiknya pengangguran, membuat banyak anggota konstituen Van Buren menolaknya, dan ia diberi julukan "Martin Van Ruin". 

Menurut Presidential Pet Museum, Kabul al Said, Sultan Oman, memberikan dia dua anak harimau. Karena senang dengan hewan-hewan itu, Van Buren menampung mereka di Gedung Putih. Kongres kurang setuju dengan tindakannya itu. Mengutip fakta bahwa dua harimau itu diberikan saat Jackson masih menjadi presiden, Kongres menyatakan bahwa hewan itu milik pemerintah AS dan menuntut Van Buren untuk menyerahkan hewan peliharaannya kepada pihak berwenang. Dua harimau itu pun akhirnya disita dan ditempatkan di kebun binatang setempat. 

5. Hewan peliharaan Abraham Lincoln yang memberikannya ketenangan

12 Sejarah Hewan Peliharaan di Gedung Putih navsource.org

Saat berjuang dalam hari-hari kelamnya pada masa Perang Sipil, Abraham Lincoln selalu menghibur dirinya dengan hewan peliharaannya. Lincoln sangat menyukai kucing dan merupakan presiden pertama yang membawa kucing ke Gedung Putih. Sebagaimana dirinci oleh situs web Mr. Lincoln's White House, pejabat Departemen Keuangan, Maunsell B. Field, menulis tentang ketertarikan Lincoln pada kucing dalam memoarnya. "Aku melihatnya membelai kucing itu selama satu jam." ungkap Field. Lincoln juga sering berbicara dengan kucingnya Dixie dan Tabby (yang dikasih oleh Menteri Luar Negeri, William Seward) selama berjam-jam dan pernah menyatakan bahwa Dixie "lebih pintar dari seluruh kabinetnya". 

Presiden Lincoln juga menyayangi anjingnya Jip. Jip, seekor anjing yang menjadi bagian dari keluarga Lincoln ketika anjing bernama Fido, dianggap tidak cocok untuk ditempatkan di Gedung Putih. Jip diizinkan berkeliaran dengan bebas di seluruh rumah kepresidenan tetapi ia juga sering berada di pangkuan presiden. Gedung Putih pada masa Lincoln juga menjadi rumah bagi kuda poni, kelinci, kalkun, dan sepasang kambing yang biasanya ditunggangi oleh putra Lincoln, Tad. 

6. Kambing dan posum milik Benjamin Harrison 

12 Sejarah Hewan Peliharaan di Gedung Putih whitehousehistory.org

Benjamin Harrison terpilih menjadi presiden pada tahun 1889. Cucu dari presiden AS kesembilan William Henry Harrison ini juga merupakan seorang pembela hak-hak sipil, pendidikan, dan masalah veteran, Harrison menandatangani Undang-Undang Antitrust Sherman tahun 1890, salah satu undang-undang untuk menghilangkan monopoli pertama di negara itu. Akhir masa jabatan Harrison ditandai dengan surplus anggaran negara yang menyusut dan kemerosotan ekonomi. Akibatnya, dia tidak terpilih kembali. 

Harrison membawa banyak anggota keluarganya ke Gedung Putih, termasuk ayah mertuanya, dua anaknya beserta menantunya, serta cucu-cucunya. Dengan banyaknya anggota keluarga ini, mereka pun juga membawa sejumlah besar hewan peliharaan. Beberapa anjing ras campuran menempati Gedung Putih Harrison. Yang paling terkenal adalah Dash, anjing collie ras campuran yang diberikan Harrison kepada cucunya. Dash tinggal di rumah anjing mewah di Gedung Putih. 

Cucu Harrison juga memiliki seekor kambing dengan nama Old Whiskers. Kambing itu sering mengangkut anak-anak di sekitar halaman Gedung Putih dengan gerobak. Kambing itu juga pernah menerobos ke dalam Executive Avenue karena gerbang Gedung Putih terbuka. Presiden Harrison yang melihat hal itu segera berlari mengejar gerobak kambing tersebut. Hewan peliharaan Harrison di Gedung Putih yang paling terkenal adalah dua posum (spesies marsupial) bernama Mr. Reciprocity dan Mr. Protection. Nama mereka diambil dari partai Republik.

Baca Juga: 7 Benda Ini Pernah Dilarang Presiden Amerika Berada di Gedung Putih

7. Menagerie di Gedung Putih pada pemerintahan Theodore Roosevelt 

https://www.youtube.com/embed/xCy37irsLwk

Terkenal sebagai prajurit, pemburu, penjelajah, dan konservasionis, Theodore Roosevelt adalah presiden AS ke-26. Awalnya, ia menjabat sebagai wakil presiden William McKinley. Roosevelt yang baru berusia 42 tahun akhirnya dilantik menjadi presiden setelah William McKinley tewas dibunuh, yang menjadikannya presiden termuda dalam sejarah AS. Roosevelt menerapkan kebijakan luar negeri yang menjadikan AS sebagai kekuatan dunia. Pada tahun 1906, ia menjadi presiden Amerika pertama yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian karena upayanya untuk mengakhiri Perang Rusia-Jepang. 

Sebagai pencinta alam, tidak mengherankan jika Roosevelt memiliki kebun binatang di Gedung Putih. Menurut The Presidential Pet Museum, keluarga Roosevelt memiliki koleksi hewan peliharaan terbesar yang pernah menempati Gedung Putih. Yang dihuni oleh banyak kucing, anjing, marmot, burung beo, dan kuda, hewan peliharaan Roosevelt juga meliputi tupai, ular, ayam betina, burung hantu, tikus kangguru, kadal, anak beruang hitam bernama Johnathan Edwards, dan seekor luak bernama Josiah yang diberikan kepada presiden oleh seorang gadis berusia 12 tahun di negara bagian Barat.

Roosevelt juga dianugerahi banyak hewan eksotik dari pemerintah asing. Di antara hewan-hewan ini adalah kucing hutan, singa, hyena dan zebra. Meskipun sebagian besar hewan ini dikirim ke kebun binatang, setidaknya hewan tersebut pernah menempati Gedung Putih. 

8. Anjing milik Warren G. Harding yang sangat terkenal 

12 Sejarah Hewan Peliharaan di Gedung Putih huffpost.com

Anjing ras terrier Airedale milik Warren G. Harding yang bernama Laddie Boy, bukan satu-satunya hewan peliharaan Harding. Tetapi, Laddie Boy sering menemani Harding di lapangan golf dan duduk di kursinya sendiri saat rapat kabinet. Ibu negara Florence Harding membawa anjing terkenal itu untuk acara penggalangan dana, di mana dia menjadi perhatian banyak orang. 

Menurut Majalah Smithsonian, anjing kepresidenan itu juga sering diliput media hampir setiap hari di surat kabar The Washington Star dan The New York Times. Hanya dalam sebulan pada tahun 1921, Laddie Boy menjadi berita utama di Times, diantaranya berjudul, "Laddie Boy a Newsboy," "Trees White House Cat," dan "Laddie Boy Gets Playmate."

Tak lama setelah menjabat, Harding membuat 1.000 miniatur perunggu Laddie Boy yang sengaja ia produksi untuk dibagikan kepada konstituen dan teman-temannya. Menjadi salah satu barang koleksi presiden yang paling berharga. Namun, keluarga Harding juga memelihara seekor bulldog yang kurang dikenal bernama Old Boy, burung kenari, dan seekor tupai bernama Pete. Pete, menjadi hewan terpopuler setelah Laddie Boy, karena sering menghadiri konferensi pers. 

9. Kebun binatang versi Calvin Coolidge 

https://www.youtube.com/embed/fE09q_aCVd4

Ketika Warren G. Harding meninggal mendadak karena serangan jantung lebih dari dua tahun pada masa jabatannya, Wakil Presiden Calvin Coolidge dilantik menjadi Presiden. Seorang pria yang dikenal karena wataknya yang pendiam, Coolidge menjadi pemimpin di tahun 1920-an. Meskipun sifatnya konservatif dalam politik, Coolidge ternyata sangat cinta pada hewan. Menyaingi kebun binatang Teddy Roosevelt, di Gedung Putih, Coolidge memiliki semacam kebun binatang dengan hewan-hewan seperti kucing hutan, angsa, kenari, walabi, dan keledai. 

Keluarga Coolidge sangat menyukai anjing dan memiliki setidaknya 12 anjing dari berbagai ras termasuk seekor terrier Airedale bernama Paul Pry, saudara tiri dari bintang peliharaan Warren Harding, Laddie Boy. Anjing favorit Coolidge adalah seekor collie putih bernama Rob Roy. Rob Roy sering muncul di depan umum bersama keluarga Coolidge dan dapat dilihat dalam lukisan bersama ibu negara Grace Coolidge yang dipajang di China Room Gedung Putih.

Hewan peliharaan favorit Coolidge lainnya adalah rakun bernama Rebecca. Dikirim dari Mississippi untuk dijadikan makan malam Thanksgiving presiden di tahun 1926, tetapi Rebecca tidak jadi disantap karena Coolidge langsung jatuh cinta pada hewan itu. Sebagaimana dirinci oleh History.com, Rebecca sering kali pergi dari kandangnya hingga membuat heboh staf Gedung Putih. 

10. Anjing Presiden John F. Kennedy yang agresif

https://www.youtube.com/embed/XXPdmWfi6rg

Presiden John F. Kennedy dan keluarganya adalah pecinta hewan seperti kuda poni, hamster, kucing, burung parkit, burung kenari, kelinci, dan lima anjing yang ditempatkan di Gedung Putih. Namun, hewan peliharaan Kennedy yang paling terkenal adalah Pushinka. Seekor anjing kampung, Pushinka (bahasa Rusia yang berarti "berbulu halus"), adalah hadiah dari Perdana Menteri Soviet, Nikita Khrushchev.

Dalam wawancaranya tahun 2014 dengan BBC, Caroline Kennedy mengenang ibunya, Jacqueline Kennedy, yang menjadi pencetus hadirnya Pushinka. "Selama percakapan, ibuku bertanya tentang anak anjing Strelka." Beberapa bulan kemudian, Pushinka, salah satu anak anjing Strelka, anjing luar angkasa, tiba di Gedung Putih. 

Menurut penulis biografi David Heyman, penulis American Legacy: The Story of John and Caroline Kennedy, Pushinka sering berperilaku agresif. Saat Caroline Kennedy masih kecil, anjing itu menggeram kepadanya. Heymann menulis, "Alih-alih mundur, Caroline justru menendang bagian belakang anjing itu. Pushinka berbalik dan berlari."

11. Anjing George H.W. Bush dan bukunya yang bestseller

https://www.youtube.com/embed/bOpOvIYsFsI

Tidak diragukan lagi, salah satu anjing Gedung Putih paling terkenal sepanjang masa adalah milik Presiden ke-41 George H.W. Bush dan ibu negara Barbara Bush. Millie atau Mildred Caldwell Kerr, dikenal sebagai anjing paling terkenal di dalam sejarah Gedung Putih. Pada tahun 1990, Millie menjadi berita utama ketika buku tentangnya dirilis. Buku itu merinci rutinitas hariannya di Gedung Putih. Buku ini pun mencapai nomor satu di Daftar Buku Terlaris New York Times.

Presiden Bush sering merujuk Millie dalam pidatonya - yang paling diingat dalam pidato kampanye Oktober 1992, di mana dia menyatakan bahwa Millie tahu lebih banyak tentang kebijakan luar negeri daripada Bill Clinton dan Al Gore. 

12. Presiden Obama dan dua ekor anjingnya

https://www.youtube.com/embed/U6rKnETxS8c

Dalam kampanye kepresidenan pada tahun 2007, Barack Obama berjanji kepada putrinya, Sasha dan Malia, akan memberikan seekor anjing jika dia menang. Pada bulan April 2009, putri pertamanya mendapatkan seekor anjing air Portugis bernama New Hope yang dikasih dari Senator Ted Kennedy untuk Obama. Namun, namanya diganti Bo.

Anak anjing itu menjadi bintang di media sosial dan menjadi subjek dalam buku anak-anak. Dalam kutipan dari memoarnya A Promised Land yang diterbitkan di Town and Country, Obama mengisahkan jalan-jalan di malam hari bersama Bo untuk menenangkan suasana hatinya di Gedung Putih. Kemudian Sunny, anjing air Portugis lainnya, bergabung dengan Bo di Gedung Putih pada 2013. 

Tugas yang berat menjadi seorang presiden membuat 12 presiden dalam daftar di atas memutuskan untuk memelihara hewan. Nah, kalau kamu sendiri punya tidak hewan peliharaan? Jika iya, hewan apa dan siapa namanya? 

Baca Juga: Masih Misteri! 10 Pertanyaan soal Bumi Ini Belum Bisa Dijawab

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya