Comscore Tracker

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknya

Dan tentunya berada di ambang kepunahan

Kita sebagai manusia, adalah makhluk yang beruntung. Umat manusia tinggal di planet yang indah, yang menyediakan segala kebutuhkan kita untuk bertahan hidup dan berkembang. Sayangnya, manusia menggunakan sumber daya bumi secara berlebihan, dan seakan tidak ada hari esok. Lalu bisakah manusia menciptakan masa depan tanpa beberapa hal berikut jika semua sudah diambang kepunahan? 

1. Sarden

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyaeatwellenjoylife.com

Siapa yang tidak pernah makan sarden? Hampir sebagian manusia pasti pernah mengonsumsi sarden ketika sedang malas memasak makanan yang ribet. Oleh karena itu ikan sarden menjadi pilihan praktis bagi manusia.

Namun, penangkapan ikan sarden yang berlebihan di Pasifik, menempatkan populasi sarden lautan di ambang kehancuran. Menurut para peneliti, seperti yang dilansir dari Oceana, populasi sarden Pasifik bisa mencapai 1,8 juta metrik ton pada tahun 2006. Sekarang, jumlah itu kurang dari 100.000. Dan itu karena manusia menangkap ikan terlalu banyak dan berlebihan.

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyaoceana.org

Padahal semua jenis kehidupan laut bergantung pada ikan sarden, dari pelikan coklat hingga anak singa laut California, mereka sudah merasakan efek dari berkurangnya keberadaan sarden. Masih ada harapan untuk memulihkan populasi sarden. Dilansir dari Reuters, perikanan Amerika Serikat dilarang memancing ikan sarden sejak 2015. 

2. Helium

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyaiflscience.com

Helium adalah gas yang bisa membuat balon melayang tinggi ke udara. Memang, gas yang terbentuk secara alami itu merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Untuk itu kita harus memahami bahwa planet kita ini hampir kehabisan helium. Dikutip dari Forbes, helium berasal dari peluruhan nuklir uranium, dan oleh karena itu gasnya bisa membuat balon terbang ke udara. 

Masa depan tanpa helium bukan saja berita buruk bagi pecinta balon. Tapi juga berita buruk bagi semua orang. Helium membantu mendinginkan superkonduktor magnet di mesin MRI yang digunakan dalam pengelasan, sangat penting dalam industri semikonduktor, dan merupakan gas yang paling penting untuk memeriksa wadah bertekanan tinggi jika ada kebocoran. Para ilmuwan juga khawatir tentang masa depan tanpa helium karena gas mulia ini sangat penting untuk seluruh percobaan ilmiah.

Ini juga akan mempengaruhi harga balon yang mungkin saja akan sangat mahal, atau kita bisa memanfaatkan napas kita sendiri untuk meniup balon. 

3. Kopi berkualitas tinggi

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyayourvietnam.com

Dengan meningkatnya permintaan global, terutama di tempat-tempat seperti Inggris Raya, di mana kopi perlahan tapi pasti menggantikan teh sebagai minuman sehari-hari, dan pasokannya sedang berjuang untuk mengimbangi permintaan yang semakin tinggi. Menurut Vice, faktanya, negara-negara Eropa sendiri mengimpor hampir setengah dari kopi dunia. Kopi berkualitas tinggi yang merupakan tulang punggung industri kafe, terutama dibuat dari biji Arabika.

Biji ini ditanam di pertanian yang relatif kecil, di dataran tinggi, dan hasilnya sangat terbatas di Amerika Latin dan Ethiopia, dan petani hanya memiliki campur tangan yang sedikit dalam industri ini. Perubahan iklim global juga mengancam produksi kopi di tempat-tempat seperti Brasil.

4. Minyak

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyacnbc.com

Butuh ribuan tahun sampai akhirya manusia menyadari adanya potensi besar di dalam perut bumi. Manusia mulai menggali ke dalam Bumi dan menyedot isi perutnya. Sedihnya, minyak bumi Ibu Pertiwi itu terbatas, dan ada saatnya semuanya habis. Para ahli tidak tahu kapan tepatnya persediaan minyak bumi akan mengering.

Dilansir dari Stanford Business,  pada 2007 dan 2008, beberapa prediktor cukup berani untuk mengklaim bahwa manusia hanya memiliki 40 tahun lagi. Namun BP Global memprediksi pada 2014 bahwa Bumi memiliki sisa minyak yang cukup sampai 53 tahun ke depan. Tapi banyak orang yang optimis bahwa bumi mungkin memiliki lebih banyak minyak yang belum dimanfaatkan secara signifikan. Tapi bagaimanapun juga, minyak bumi pasti akan menemui titik akhirnya. 

Baca Juga: 5 Cara Memutus Kutukan Sumber Daya Alam yang Terjadi di Indonesia

5. Fosfor

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyaphys.org

Menurut Universitas Columbia, fosfor sangat penting dalam pembuatan semua jenis bagian tubuh, tidak dapat disintesis, dan merupakan salah satu bahan utama dalam pupuk. Namun saat ini fosfor berada dalam masalah besar. Faktanya, populasi global meningkat secara eksponensial. Dengan semakin banyaknya daging dan produk susu yang dikonsumsi manusia yang terus bertambah, fosfor itu sangat penting bagi ketahanan pangan global.

Sangat mungkin terjadi jika permintaan fosfor meningkat namun tidak ada pasokan untuk memenuhinya, secara efektif menyebabkan kita kehabisan sumber daya terbarukan. Para peneliti memperkirakan kita masih memiliki sisa fosfor beberapa ratus tahun kedepan, tetapi itu tidak terlalu lama dalam skema global.

6. Gas alam

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyaclimatecentral.org

Dunia sebagian besar bergantung pada bahan bakar fosil dan minyak yang pasokannya semakin menipis. Lalu manusia pun menyiasatinya dengan gas alam.  Gas alam akan membantu manusia menggantikan minyak bumi. Tapi faktanya, gas alam juga akan habis.

Prediksi mengatakan bahwa bumi memiliki cukup gas alam untuk bertahan sampai tahun 2070-an. Bayangkan saja seperti apa harga energi ketika hari itu tiba. Prediksi Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat, jauh lebih melegakan, di tahun 2014, mereka memperkiraan bahwa bumi memiliki 93 tahun sebelum pasokan gas alam Amerika akan habis. 

7. Air bersih

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyabobvila.com

Air adalah esensi kehidupan. 71% dari permukaan bumi mencakup air, dan tidak akan ada kehidupan jika tidak ada air. Sayangnya air yang bisa menopang kehidupan manusia, ternyata tidak berlimpah. 

Penelitian NASA telah mengilustrasikan bagaimana sebagian besar akuifer terbesar di Bumi dikuras dengan laju yang mengkhawatirkan, mengingat akuifer menyediakan air segar bagi ratusan juta orang. Dua puluh satu dari 37 akuifer terbesar telah melewati titik keberlanjutannya pada tahun 2015, dengan 13 di antaranya merosot dengan cepat, menciptakan situasi air global yang disebut "kritis" oleh Jay Famiglietti dari NASA. Yang lebih parah, permintaan air bersih mungkin akan semakin tinggi, mengingat populasi manusia yang terus bertambah.

Dilansir daro BBC, pertanian menguasai 70 persen penggunaan air tawar global. Dengan 97,5 persen air laut global terlalu asin untuk dicerna manusia. Saat ini kita sedang menyaksikan masa depan di mana kelangsungan hidup manusia dipertaruhkan. Semoga kita lebih bijak ya menggunakan air.

8. Batu bara

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyatheneweconomy.com

Batubara adalah sumber daya yang cukup sederhana. Manusia cukup menggalinya dan mengelolanya ke dalam pemanas. Dan aktivitas ini berkontribusi terhadap pemanasan global. Tapi seperti semua bahan bakar fosil lainnya, batu bara itu terbatas.

Menurut U.S. Energy Information Administration, berdasarkan pada penggunaan sumber daya manusia saat ini dan praktik penambangan, batubara sudah dikelola hampir sekitar 283 tahun di Amerika Serikat saja, menurut perkiraan 2016 oleh Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat. Diakui, itu sudah menghabiskan banyak batu bara, dan Amerika hanya memegang sekitar 21 persen cadangan batu bara dunia. Cina memiliki 23 persen, Rusia 14 persen, serta Australia dan India masing-masing memiliki sekitar 9 persen dan 8 persen. Sebaliknya, masalah sebenarnya adalah manusia tidak punya pilihan selain mengandalkan bahan bakar fosil, karena minyak dan gas alam pasti akan habis lebih dulu. 

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyaeia.gov

9. Unsur-unsur Bumi

9 Sumber Daya Bumi yang Dimanfaatkan Secara Berlebihan & Dampaknyapopularmechanics.com

Disprosium, Itrium, Thulium,  adalah tiga dari 17 unsur kimia yang dikenal sebagai unsur tanah jarang, dan manusia hampir kehabisan mereka. Tanah jarang adalah elemen penting yang membuat teknologi dan gadget kita berfungsi. Mereka ditemukan di TV, iPhone, laptop, dan mobil hibrida yang ramah lingkungan, belum lagi hal-hal penting lainnya seperti obat perawatan kanker dan perisai reaktor nuklir.

Namun, dilansir dari Wired, masalahnya dengan elemen-elemen elit ini adalah mereka sangat sulit untuk didapatkan, apalagi tidak layak secara ekonomis untuk diekstraksi,  artinya gadget mungkin akan naik harganya bahkan lebih cepat. 

Wah, dari 9 fakta di atas ternyata mengkhawatirkan ya. Mungkin kamu bisa menemukan inovasi baru yang ramah lingkungan untuk menggantikan mereka di masa depan?

Baca Juga: 5 Cara Memutus Kutukan Sumber Daya Alam yang Terjadi di Indonesia

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya