Comscore Tracker

Berperan Penting bagi Tubuh Manusia, Apa Itu Enzim?

Tanpa enzim, metabolisme kita akan terganggu

Kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah enzim, kan? Ya, enzim membantu mempercepat reaksi kimia dalam tubuh manusia. Tahukah kamu, enzim sangat penting dalam tubuh kita, seperti membantu pencernaan dan metabolisme tubuh.

Pada poin artikel kali ini, kita akan membahas apa itu enzim, cara kerjanya, dan apa saja contoh-contoh umum enzim dalam tubuh manusia.

1. Apa sebenarnya enzim?

Berperan Penting bagi Tubuh Manusia, Apa Itu Enzim?ilustrasi enzim PURH (commons.wikimedia.org/Ayacop)

Dilansir laman Khan Academy, zat yang mempercepat reaksi kimia tanpa menjadi reaktan disebut katalis. Katalisator untuk reaksi biokimia yang terjadi pada organisme hidup disebut enzim. Enzim dibentuk dari protein, yang terdapat hampir di seluruh tubuh. Itu sebabnya, metabolisme tubuh kita ini tentunya sangat bergantung pada kerja enzim.

Enzim bekerja dengan mengikat molekul reaktan dan menahannya hingga proses pemutusan ikatan kimia dan pembentukan ikatan berlangsung lebih mudah. Enzim mempercepat (mengatalisis) reaksi kimia. Bahkan, enzim dapat membuat reaksi kimia jutaan kali lebih cepat ketimbang tanpa reaksi kimia.

2. Cara kerja dan fungsi enzim

Berperan Penting bagi Tubuh Manusia, Apa Itu Enzim?Katalisis enzim (atas), dan penghambatan enzim (bawah) (commons.wikimedia.org/Boghog)

Untuk mengatalisis suatu reaksi, suatu enzim akan menangkap (mengikat) satu atau lebih molekul reaktan. Molekul-molekul ini adalah substrat enzim.

Dalam beberapa reaksi, satu substrat dipecah menjadi beberapa produk. Di tempat lain, dua substrat berkumpul untuk membuat satu molekul yang lebih besar atau untuk bertukar bagian. Bagian dari enzim tempat substrat mengikat disebut situs aktif—karena di situlah "aksi" katalitik terjadi.

Bagaimana enzim berfungsi?

  • Sistem pencernaan: enzim membantu tubuh memecah molekul kompleks yang lebih besar menjadi molekul yang lebih kecil, seperti glukosa, sehingga dapat digunakan tubuh sebagai bahan bakar.
  • Replikasi DNA: setiap sel dalam tubuh kita mengandung DNA. Setiap kali sel membelah, DNA itu akan disalin. Enzim membantu dalam proses ini dengan membuka gulungan DNA dan menyalinnya.
  • Enzim hati: hati memecah racun dalam tubuh. Untuk melakukan ini, ia menggunakan berbagai enzim.

Baca Juga: Apa Itu Daya Tahan? Ini Hubungannya dengan Tubuh Manusia

3. Contoh-contoh enzim

Berperan Penting bagi Tubuh Manusia, Apa Itu Enzim?struktur PYMOL enzim (commons.wikimedia.org/Payalcshah)

Dilansir laman Britannica, hampir semua reaksi biokimia yang kompleks, yang terjadi pada hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, diatur oleh enzim. Jadi, ada banyak sekali contohnya. Berikut tiga contoh enzim pada manusia.

  • Karbohidrase: memecah karbohidrat menjadi gula.
  • Lipase: memecah lemak menjadi asam lemak.
  • Protease: memecah protein menjadi asam amino.

Ada pula enzim pepsin, komponen penting dari cairan lambung, yang dapat membantu memecah partikel makanan di perut. Selain itu, enzim amilase, yang ada dalam air liur, mengubah pati menjadi gula yang membantu pencernaan.

Dalam pengobatan, enzim trombin digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, lho. Ada pula enzim yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit tertentu, seperti enzim lisozim yang menghancurkan dinding sel untuk membunuh bakteri.

Enzim katalase membawa reaksi di mana hidrogen peroksida terurai menjadi air dan oksigen. Katalase melindungi organel seluler dan jaringan dari kerusakan oleh peroksida, yang terus-menerus diproduksi oleh reaksi metabolisme.

4. Suhu dan pH memengaruhi enzim

Berperan Penting bagi Tubuh Manusia, Apa Itu Enzim?ilustrasi suhu (unsplash.com/Matteo Fusco)

Cleveland Clinic menjelaskan bahwa ternyata enzim juga memerlukan kondisi yang tepat untuk bekerja. Jika kondisinya tidak tepat, enzim dapat berubah bentuk. Lalu, enzim tidak cocok lagi dengan substrat sehingga tidak berfungsi dengan benar.

Setiap enzim memiliki suhu dan pH tertentu. Enzim sensitif terhadap keasaman dan alkalinitas. Enzim tidak akan bekerja dengan baik jika lingkungan terlalu asam atau basa. Misalnya, enzim di perut yang disebut pepsin memecah protein. Jika perut seseorang tidak memiliki cukup asam, pepsin tidak dapat berfungsi secara optimal.

Selain itu, suhu juga berpengaruh. Enzim akan bekerja dengan baik saat suhu tubuh seseorang normal, sekitar 37 derajat celsius. Jika suhunya meningkat, reaksi enzimnya juga meningkat. Akan tetapi, jika suhu terlalu tinggi, enzim berhenti bekerja. Nah, itu juga sebabnya jika seseorang demam tinggi, pasti fungsi tubuhnya bermasalah.

Kesimpulannya, enzim itu memainkan peran besar dalam mengatur dan menjalankan tubuh manusia sehari-hari. Dengan mengikat dan mengubah senyawa, enzim sangat penting untuk memfungsikan sistem pencernaan, sistem saraf, pernapasan, membangun otot, dan membersihkan tubuh kita dari racun. Akan tetapi, agar sistem tubuh bekerja dengan benar, kadang enzim juga perlu untuk diperlambat.

Baca Juga: Kaya akan Manfaat, Apa yang Dimaksud dengan Sayuran?

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya