Comscore Tracker

Sangat Penting bagi Aktivitas Manusia, Apa Itu Transportasi?

Sektor usaha dan industri tak mungkin ada tanpa transportasi

Seperti yang kita tahu, sektor transportasi telah mengalami perubahan besar selama beberapa tahun terakhir. Belum lagi, semakin banyak kota yang menjadi percontohan inisiatif kota pintar dengan sistem transportasi cerdas atau intelligent transportation systems (ITS).

Dengan teknologi ITS ini, kota dapat mengumpulkan dan menganalisis data untuk merancang jalan yang lebih aman, kendaraan yang lebih bersih, dan perjalanan yang lebih efisien untuk meningkatkan keselamatan serta arus lalu lintas. Lalu, apa, sih, pengertian transportasi itu sendiri?

1. Apa itu transportasi?

Sangat Penting bagi Aktivitas Manusia, Apa Itu Transportasi?potret jalanan dan mobil di Hongkong (unsplash.com/Connor Wang)

Transportasi bisa diartikan sebagai pergerakan orang, hewan, dan barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Nah, moda transportasi ini meliputi pesawat, kereta api, mobil, truk, kapal laut, dan juga perjalanan ruang angkasa.

Pertumbuhan umat manusia beserta kebutuhannya memaksa manusia menciptakan transportasi untuk mengangkut sejumlah besar barang atau orang dalam jarak jauh. Hal ini juga untuk menghemat waktu serta kenyamanan dan keamanannya, khususnya saat peradaban manusia berada dalam kemajuan teknologi.

Baca Juga: Australia Danai TransJakarta untuk Pengembangan Transportasi 

2. Apa fungsi transportasi?

Sangat Penting bagi Aktivitas Manusia, Apa Itu Transportasi?potret kapal barang di Jerman (unsplash.com/Jacob Meissner)

Transportasi tentunya sangat penting bagi aktivitas manusia dan perkembangan peradaban. Apalagi, pada era modern seperti saat ini, transportasi dibutuhkan untuk perdagangan suatu negara, bahkan ini bisa mencakup global.

Tanpa transportasi, seluruh dunia akan stagnan dan pergerakan barang berupa perdagangan dan manusia hampir tidak mungkin terjadi. Nah, semua pergerakan ini dapat terjadi karena tersedianya berbagai sarana transportasi. Oleh karena itu, transportasi merangkul kebutuhan seluruh dunia dan menjadikannya satu kesatuan ekonomi.

Dilansir laman Fortmi, berikut adalah pentingnya sistem transportasi dalam perdagangan:

  • Sistem transportasi memungkinkan barang dan penumpang terkirim ke tempat yang tepat dan menghemat waktu. Hal ini juga sangat membantu perpindahan hasil bahan mentah, seperti batu bara, kayu, minyak mentah, dsb, diangkut dari tempat ekstraksi untuk digunakan.
  • Adanya transportasi mengurangi biaya produksi.
  • Transportasi juga dapat menjangkau lokasi yang jauh dan meluas, dan ini membawa perkembangan baik bagi industri.

3. Jenis-jenis transportasi 

Sangat Penting bagi Aktivitas Manusia, Apa Itu Transportasi?potret pesawat komersial (unsplash.com/CHUTTERSNAP)

Kamu bisa tebak ada berapa macam alat transportasi? Di Indonesia sendiri, transportasi dibedakan menjadi dua kategori, yakni transportasi tradisional dan transportasi modern. Biasanya, transportasi tradisional masih diminati di beberapa daerah tertentu di Indonesia, misalnya becak yang masih digunakan di Yogyakarta atau delman yang masih bisa kita temui di Jakarta. Selain itu, ada pula sepeda, bentor, andong, dan perahu kelotok.

Sementara itu, macam-macam alat transportasi modern dikelompokkan menjadi empat bagian besar:

  1. Transportasi darat: mobil, bus, truk trailer, sepeda motor, kereta api, dsb.
  2. Transportasi melalui laut: perahu mesin, spead boat (perahu cepat), kapal laut, dsb.
  3. Transportasi melalui udara: pesawat terbang, jet, helikopter, dsb.
  4. Transportasi pipeline (transportasi menggunakan pipa): transportasi ini untuk mengaliri cairan seperti gas, bensin, air, dan minyak tanah.

Jadi, sudah tidak diragukan lagi vitalnya alat transportasi pada era modern seperti ini. Dengan adanya transportasi, kamu jadi mudah ke luar kota bahkan ke luar negeri, kan? Paket-paket belanja online kamu juga bisa datang dengan tepat waktu. Sudah tahu, kan, secara garis besar apa itu transportasi?

Baca Juga: HUT DKI Tak Cuma Transportasi Gratis, 11 Museum Juga Digratiskan 

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya