Comscore Tracker

8 Hewan Ini Mengembangkan Kecerdasan Layaknya Manusia

Secerdas apa sih mereka? 

Jika kita pernah melihat film yang menggambarkan bagaimana cerdasnya hewan, sepertinya sangat tidak masuk akal jika ada di dunia nyata ya, kemungkinan dugaan kita itu salah besar, lho. Ya, memang sih di film itu agak berlebihan. Tapi, beberapa hewan yang hidup sekarang ini berhasil mengembangkan kecerdasan yang menyaingi kita, lho.

Wah, apa saja ya itu? 

1. Lumba-lumba memiliki bahasa

https://www.youtube.com/embed/iP5EgdkOCnM

Paus dan lumba-lumba dikenal sebagai cetacea, yang berarti "ikan besar" dalam bahasa Latin, meskipun mereka bukan ikan melainkan mamalia. Cetacea sebenarnya telah berevolusi menjadi makhluk luar biasa yang super pintar. Kecerdasan mereka bukan saja melakukan trik keren seperti yang pernah kita lihat dalam pertunjukan. Namun, membuat bahasa mereka sendiri. 

Menurut jurnal di The Neurological and Environmental Basis for Differing Intelligences:
A Comparison of Primate and Cetacean Mentality, Cetacea menghasilkan suara untuk mengetahui seberapa jauh jaraknya, seperti sonar.

Keterampilan ini tidak hanya digunakan untuk navigasi tetapi juga sebagai bahasa. Cetacea bisa menganalisis makhluk atau objek, dan memproyeksikannya melalui suara untuk diberitahukan kepada anggota spesies mereka yang lain.

2. Gajah meratapi dan mengubur kematian anggotanya

https://www.youtube.com/embed/Ku_GUNzXoeQ

Alam itu tidak memiliki rasa kasihan. Betul, tidak? Di alam, kita bisa menyaksikan singa yang merobek-robek hewan lain, dan hewan yang mati dibiarkan membusuk. Tetapi beberapa hewan mengembangkan sedikit perasaan emosionalnya. Dan gajahlah hewan utama yang melakukannya, mereka berduka atas kematian kelompok mereka dan bahkan mengadakan praktik pemakaman. 

Para peneliti sudah lama mengetahui hal ini, tapi pemakaman gajah itu terbilang sangat eksklusif. Dilansir dari BBC, para peneliti cukup beruntung karena berhasil menyaksikan gajah yang sedang mengubur mayat teman mereka di bawah dedaunan. Beberapa keluarga gajah mengubur semua kawanan yang mati di tempat yang sama. Para peneliti bahkan menemukan kuburan gajah juga.

Menurut National Geographic, saat anggota keluarga gajah mati, gajah menjadi lebih tertekan dan depresi. Dan ini masih menjadi misteri, tetapi ini adalah sikap emosional yang mirip dengan manusia.

Baca Juga: 5 Hewan Mamalia Endemik Pulau Tasmania yang Unik-unik Banget

3. Babi itu cerdas dan suka bermain video game

https://www.youtube.com/embed/0dFwx95ufEk

Babi adalah salah satu makhluk terpintar di Bumi, kecerdasannya setara dengan simpanse, anjing, dan bahkan menurut New York Times, kecerdasannya sama seperti anak berusia 3 tahun.

Selama beberapa dekade, penelitian tentang babi dianggap kurang menarik. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan akhirnya menyadari bahwa babi memiliki kecerdasan yang cukup baik. Hasilnya, babi menjalin hubungan seperti manusia, yang berfokus pada hubungan antara orang tua dan anak.

Babi mengenali babi lain sebagai individu, dapat memahami bahasa simbolik, memiliki ingatan jangka panjang, dan membentuk ikatan yang erat dengan manusia yang dikenalnya.

Mungkin salah satu sifat babi yang mirip seperti manusia adalah, babi suka bermain video game. Dikutip dari Scientific American, para peneliti mengembangkan game yang memungkinkan babi memindahkan lampu berwarna ke target di layar. Mereka bahkan bisa bertanding game dengan manusia, dan bermain game yang sama namun lebih baik daripada anjing.

4. Gurita cerdik yang nakal

https://www.youtube.com/embed/BN6KEhu6JvE

Gurita adalah salah satu dari sedikit makhluk yang memiliki kecerdasan mendekati manusia. Menurut Gizmodo, para peneliti mengamati gurita dan mendapati gurita bisa melakukan hal-hal yang sangat cerdas seperti menunjukkan kesadaran diri, strategi pertahanan yang kompleks, dan juga pelit dengan kelompok mereka sendiri. 

Di Jerman, seekor gurita bernama Otto tidak suka dengan lampu di atas akuariumnya. Otto pun menembakkan air ke lampu-lampu, menjatuhkannya satu per satu. Sebelumnya, staf akuarium melatihnya untuk menembakkan air ke arah tamu, dan Otto mengandalkan keterampilan itu untuk menghancurkan lampu.

Dilaporkan juga oleh Scientific American, di seberang lautan di California, ada gurita yang membongkar pipa ledeng di dalam tangki dan membanjiri seluruh akuarium.

5. Berang-berang memiliki batu favoritnya sendiri

https://www.youtube.com/embed/JhmN6jxtHjc

Berang-berang laut adalah satu dari sedikit hewan yang menggunakan alat untuk makan. Ya, kalau manusia pakai sendok dan alat makan lainnya, si berang-berang ini menggunakan batu untuk memecahkan moluska atau kerang agar bisa disantapnya.

Tidak hanya itu, lho. Menurut Ocean Today, berang-berang juga punya selera sendiri terkait batu yang dimilikinya, jika sekiranya dia menemukan batu yang disukainya, maka ia akan menyimpan batu itu setiap saat.

Berang-berang memiliki lipatan-lipatan kulit yang longgar di bawah lengannya, dan ini dimanfaatkannya sebagai kantong-kantong kecil agar ia dapat memegangi batu tersebut sepanjang hidupnya. Sayangnya, si hewan lucu ini adalah spesies yang terancam punah karena populasi mereka dieksplotasi oleh perdagangan bulu.

6. Burung beo yang bermain dengan perangkap

https://www.youtube.com/embed/ATD0rYLbhsU

Ranger (penjaga alam) di wilayah Fiordland Selandia Baru membuat jebakan untuk musang, jebakan itu berhasil dipicu namun anehnya tidak ada musang di dalamnya. Mereka pun akhirnya menempatkan kamera untuk untuk mencari tahu siapa yang memicu jebakan itu. Dan hasilnya cukup mengejutkan, itu dilakukan oleh burung beo setempat.

Rekaman kamera menunjukkan bahwa burung beo itu mengumpulkan tongkat di sekitar jebakan, menguji masing-masing jebakan untuk mengetahui mana yang akan memicu jebakan atau tidak. Saat tongkat tidak berfungsi dengan baik, burung beo itu akan memotong ujungnya sampai berhasil.

Para penjaga yang menyaksikannya menertawakan burung beo yang pintar itu, dan memodifikasi perangkap lainnya. Tetapi setelah beberapa bulan, jebakan itu berhasil ditaklukkan lagi. Padahal di dalam jebakan itu tidak ada apa pun.

Kecuali bunyi suara keras yang dihasilkan perangkap. Ternyata burung beo suka dengan suara jebakan itu, atau mungkin mereka hanya ingin memamerkan kepintarannya saja.

7. Archerfish, memangsa dengan semburan air

https://www.youtube.com/embed/4T1SQtavaUM

Archerfish (ikan pemanah) hidup di daerah beriklim tropis, dan air yang dangkal. Ikan ini juga pemakan serangga. Serangga itu terbang kan, sementara archerfish hidup di air, jadi bagaimana menangkapnya? Ikan ini akan mengumpulkan air di mulutnya dan menembaknya ke udara, menjatuhkan serangga ke dalam air untuk dimakannya. 

Ikan ini sangat pandai, padahal ini tidak mudah, lho. Karena air dan udara memiliki indeks pembiasan yang berbeda, itulah sebabnya ketika kita melihat ke dalam air, benda yang kita lihat di bawah permukaan berada di lokasi yang sedikit berbeda dari yang sebenarnya. Archerfish pun harus merasakan hal yang sama ketika melihat ke udara dari air.

Namun ikan ini sudah belajar bagaimana mengimbangi efeknya dan dapat menembakkan semburan air yang akurat di hampir semua sudut. Huh, salut deh!

Semburan air ini juga tidak sembarangan, lho. Karena ikan ini menembak begitu cepat, seorang peneliti yang tidak sengaja tertembak oleh ikan ini mengatakan kalau rasanya seperti digigit serangga.

8. Burung murai Eurasia memiliki kesadaran diri

https://www.youtube.com/embed/zjl49P_EAw8

Kesadaran diri adalah sifat yang hanya dimiliki oleh beberapa hewan. Sebagian besar hewan, ketika diperlihatkan pantulan dirinya di cermin, biasanya tidak menyadarinya. Tapi hewan seperti burung beo akan berteman dengan refleksi mereka sendiri.

Hanya hewan terpintar yang dapat mengidentifikasi cerminan diri mereka sebagai diri mereka sendiri. Hanya satu burung yang bisa. Sepintar gagak dan kakatua, yaitu murai Eurasia. 

Menurut New Scientists, untuk menguji kesadaran diri dari burung murai, para peneliti menempelkan stiker kecil pada murai itu dan meletakkannya di depan cermin. Murai pun menjadi sangat gelisah dan mulai mencoba melepas stiker. Anehnya, burung ini tidak keberatan dengan stiker di lehernya, ia hanya ketakutan ketika melihat stiker di pantulan cermin.

Wih, benar-benar luar biasa ya 8 hewan di atas! Sepertinya manusia sudah disaingi nih sama hewan-hewan tersebut. 

Baca Juga: 7 Serangan Hewan Ini Bisa Memengaruhi Kondisi Psikologis, Hati-hati!

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You