Comscore Tracker

5 Hewan Mamalia Endemik Pulau Tasmania yang Unik-unik Banget

Unik dan menarik banget binatangnya

Pulau Tasmania adalah sebuah pulau yang letaknya ada di tenggara Benua Australia, di mana memiliki luas mencapai 68,401 km². Pulau yang beribu kota di Kota Hobart ini juga terkenal dengan berbagai macam fauna endemik yang memiliki keunikan khas dari Benua Australia. Selain itu, salah satu yang unik di Pulau Tasmania adalah jenis binatang mamalia dengan bentuk yang berbeda dibandingkan dengan mamalia yang ada di area lainnya.

Buat kalian yang penasaran dengan berbagai macam mamalia yang ada di sini, maka kalian harus menyimak ulasannya berikut.

1. Tasmanian Devil

5 Hewan Mamalia Endemik Pulau Tasmania yang Unik-unik Bangetabc.net.au

Pertama ada Tasmanian Devil yang sudah sangat populer dari karakter kartun The Looney Toons yang bernama Taz. Binatang mamalia ini hanya dapat ditemui di Pulau Tasmania, meskipun dulunya dapat ditemui di dataran utama Australia. Ukuran hewan ini hanya sebesar anjing kecil dan termasuk mamalia marsupial karnivora terbesar yang ada di Bumi. 

Sedangkan makanan utamanya berupa berbagai invertebrata dan mamalia kecil yang tinggal di Tasmania. Selain itu mamalia bernama latin Sarcophilus harrisii ini hidup dalam kelompok kecil antara 2-5 ekor, serta berburu secara individu. Sayangnya hewan ini tergolong dalam bahaya menurut IUCN Red List.

2. Tasmanian pademelon

5 Hewan Mamalia Endemik Pulau Tasmania yang Unik-unik Bangetflickr.com/photos/robertdownie

Tasmanian pademelon merupakan satu-satunya binatang mamalia jenis pademelon yang berhabitat di Pulau Tasmania. Namun hewan ini memiliki ukuran dan berat yang lebih besar dibandingkan dengan kerabatnya yang ada di utara. Untuk panjang dari mamalia ini mencapai 1-1.2 meter dan mencapai berat maksimal 12 kg.

Mamalia ini merupakan hewan herbivora nokturnal yang memakan berbagai macam tanaman dedaunan, rerumputan dan lainnya. Selain itu hewan ini memiliki rentang hidup mencapai 5-6 tahun.

Baca Juga: 5 Fakta Hewan Tasmanian Devil, Si Iblis yang Sebenarnya Lucu

3. Platypus

5 Hewan Mamalia Endemik Pulau Tasmania yang Unik-unik Bangetnationalgeographic.co.uk

Berikutnya ada hewan Platypus yang termasuk mamalia semiakuatik yang endemik dari Australia sebelah timur dan Tasmania. Uniknya, mamalia ini tidak melahirkan namun bertelur, yang mana menjadi salah satu hewan mamalia yang bertelur. Hewan bernama latin Ornithorhynchus anatinus ini termasuk mamalia beracun yang dapat menyebabkan rasa sakit pada manusia. 

Ukuran hewan ini memiliki panjang 50 cm dan memiliki berat 0.7-2.4 kg, serta ukuran pejantannya lebih besar dibandingkan dengan betinanya. Platypus juga tergolong sebagai binatang karnivora yang memakan udang, kepiting dan binatang invertebrata lainnya. Sayangnya hewan ini masuk dalam kategori near threatened menurut IUCN Red List.

4. Short-beaked echidna

5 Hewan Mamalia Endemik Pulau Tasmania yang Unik-unik Bangetadelaidezoo.com.au

Salah satu hewan endemik Tasmania yang unik lainnya adalah Short-beaked echidna yang termasuk jenis binatang mamalia Echidna yang juga berkembang biak dengan bertelur sama halnya dengan Platypus. Binatang mamalia ini juga mampu bertahan hidup dalam kondisi oksigen yang minim dan karbondioksida yang banyak. Serta akan membungkus dirinya apabila sedang terancam bahaya.

Binatang bernama latin Tachyglossus aculeatus setosus ini memiliki ukuran panjang antara 30-45 cm dengan berat antara 3-7 kg. Sedangkan makanan utama hewan ini berupa cacing, ulat dan berbagai invertebrata lainnya.

5. Eastern quoll

5 Hewan Mamalia Endemik Pulau Tasmania yang Unik-unik Bangettheadvocate.com.au

Terakhir ada lagi Eastern quoll yang termasuk salah satu jenis binatang keluarga marsupial yang asli dari Australia dan sangat umum ditemukan di Tasmania. Namun sayangnya, mamalia ini sudah dinyatakan punah di dataran utama Australia dan hanya ditemukan di Tasmania. Ukuran binatang ini hanya mencapai panjang 53-66 cm saja, dengan beratnya rata-rata mencapai 1.1 kg. 

Eastern quoll termasuk predator yang makanan utamannya adalah mamalia kecil, kadal, serta beragam serangga, terkadang binatang ini juga memakan buah dan sayuran. Namun hewan ini masuk hewan dilindungi dan termasuk dalam kategori Endangered dalam IUCN Red List. 

Nah, itu tadi beberapa hewan mamalia endemik dari Pulau Tasmania yang lucu-lucu bentuknya. Adakah yang pernah kamu kenali?

Baca Juga: 5 Hewan Unik nan Eksotis Endemik Khas Pulau Sokotra, Yaman

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya