Comscore Tracker

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler 

Penuh rahasia gelap dan mengerikan

Adolf Hitler masih memegang gelar sebagai "World's Most Reviled Man of All Time" dan "Best Mustache Style Ruiner." Hitler juga berhasil menarik perhatian jutaan orang karena aksinya. Bahkan, dia pernah dijuluki Time of Man of the Year di tahun 1938.

Tapi di balik semua ketenarannya itu, Hitler memiliki kekacauan dalam hidupnya yang tak terungkapkan. Apa saja itu? Dikutip dari beberapa sumber, begini kebenarannya.

1. Museum super Hitler

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler naver.com

Führermuseum yang belum terealisasi adalah bagian dari skema besar Hitler untuk mengubah kampung halamannya di Linz, Austria menjadi pusat budaya dunia, menurut Daily Art Magazine. Museum ini bertujuan untuk menyindir Wina kosmopolitan, kota di mana Hitler gagal sebagai seniman, hidup dalam kemiskinan dan penolakan dari Akademi Seni Rupa ketika ia masih muda. 

Führermuseum adalah motivasi besar bagi tekad Hitler untuk menjarah sebanyak mungkin budaya ibukota Eropa tersebut, yang akhirnya menjarah jutaan artefak berharga selama Perang Dunia II. Bahkan sebelum perang dimulai, ia mengumpulkan seni, sebagian dibiayai oleh hasil penjualan buku Mein Kampf.

Hitler mengirim tentara Nazi untuk membeli lukisan dari Italia dan Prancis sebelum perang, dan akhirnya membentuk 20 komisi spesialis untuk mengumpulkan dan mengurasi karya-karya untuk museum Linz dan lainnya di seluruh Jerman.

Rencananya akan ditetapkan pada tahun 1950, dan Hitler merencanakan sebaik mungkin, mulai dari pembangunannya, seperti opera, hotel, lapangan parade, teater, perpustakaan raksasa, dan museum, yang dimaksudkan untuk menampung lebih dari 22 mil dari galeri seni. Meskipun tidak pernah selesai, namun dari tahun 1940 dan seterusnya, Hitler menerima banyak album seni foto dari hasil curian untuk ditampilkan di museum ini.

2. Ketergantungan obat-obatan

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler telegraph.co.uk

Hitler dikenal karena karismanya, dan juga makanan ketat yang dikonsumsinya. Namun ketika perang terus berlangsung, ia mencari sumber lain untuk menambah pesona alaminya. NPR menjelaskan bahwa Hitler menggunakan obat dan suplemen dalam tiga fase. Hitler memang memiliki dokter pribadi bernama Theo Morell pada tahun 1936, yang terkenal karena memberikan suntikan vitamin, yang mulai diterima Hitler setiap hari. Ini adalah praktik yang umum pada waktu itu, dan berlanjut sampai 1941.

Pernah suatu hari, Hitler sakit dan tidak dapat menghadiri briefing militer Nazi, jadi Morell menyuntikkannya dengan opioid dan hormon, yang langsung menyembuhkan demamnya dan memungkinkannya untuk menghadiri briefing. Hitler mungkin tidak sepenuhnya menyadari konsekuensi dari suntikan semacam ini, tetapi ia sering menggunakannya.

Pada 1943, ia telah mencapai tahap penggunaan ketiga, dengan ketergantungan yang besar pada opioid dan ramuan Morell lainnya, yang menurut Time termasuk steroid, kokain, agen doping, dan stimulan lainnya. Ini berlanjut sampai kematiannya pada tahun 1945, di mana obat-obatan sulit didapat. Setelahnya, tubuhnya sering gemetar, dan banyak yang mengira kalau Hitler terserang Parkinson.

Baca Juga: 9 Fakta Diktator Jerman Nazi Adolf Hitler yang Jarang Diketahui

3. Kekayaan Hitler

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler irishmirror.ie

Hitler mengumpulkan kekayaan pribadi melalui berbagai cara. The New York Times mengutip sebuah film dokumenter berjudul Hitler's Money, yang berfokus pada sumber-sumber kekayaannya, meskipun film itu dilarang hari ini.

Autobiografi Hitler, Mein Kampf, adalah buku terlaris yang menghasilkan estimasi kotor penjualan buku sebesar 50 juta US dolar. Teknik penjualannya cukup oke, Hitler mewajibkan pasangan yang baru menikah diberi salinan buku itu oleh komunitas lokal mereka, yang mau tidak mau membelinya dari penerbit.

Kekuatan Hitler membuatnya mudah untuk menggendutkan kantongnya dengan penggelapan pajak dan kesepakatan bisnis, bahkan dengan perusahaan-perusahaan seperti Ford, yang anak perusahaan Jermannya memberinya 35.000 Reichsmarks untuk ulang tahunnya yang ke-50, menurut Washington Post.

Dikatakan pula, Hitler membuat sedikit perbedaan antara uangnya dan uang Jerman. International Business Times mengutip sebuah film dokumenter yang memperkirakan nilai kekayaan Hitler sekitar 5 miliar US dolar, tetapi karena ada kesamaran antara Hitler dan negara, pada dasarnya memang cukup sulit untuk mengetahui berapa tepatnya nilai kekayaan dirinya.

Hitler dan partai Nazi diperkirakan telah menerima lebih dari 3 miliar US dolar dalam pembayaran perusahaan. Jadi, mungkin nilai kekayaan Hitler sama dengan apa yang dimiliki Jerman pada waktu itu.

4. Jutaan foto Hitler dalam orasinya

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler businessinsider.com

Diktator yang dikenal karena orasinya yang berapi-api ini mampu menarik perhatian publik melalui citra dan bahasa tubuhnya. Dilansir dari Forbes, Hitler menulis dalam bukunya yang laris itu, "setiap gerakan besar di dunia ini berutang pada orator-orator besar dan bukan kepada para penulis hebat." Hitler memang melakukan hal-hal besar. Namun sayangnya bukan hal yang baik. Sebagian besar karena kecakapan retorikanya. 

Dia melakukan lebih dari 5.000 pidato persuasif, bersikeras untuk menulisnya sendiri, dan akan mengeditnya hingga lima kali. Ia beraksi di atas podium dengan memanfaatkan gerakan tangan dan mata biru keabu-abuannya yang dingin untuk mengimbangi perawakannya yang kurang mengesankan.

Fotografer pribadinya mengambil 2 juta gambar dari sang pemimpin, tetapi yang paling Hitler benci adalah foto-foto latihan pidatonya, hingga ia meminta untuk dimusnahkan setelah melihatnya.

Namun, Hoffman diam-diam menyimpannya, yang menunjukkan Hitler mempraktikkan gerakan oratoris yang kuat seperti "tusukan ke depan," "meninju," dan "mock swoon," menurut sebuah studi oleh Martha Davis, seorang psikolog klinis yang berspesialisasi dalam bahasa tubuh.

5. Hubungan terlarang

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler thesun.co.uk

Mengenai keponakan perempuan Hitler, Geli Raubal, banyak yang percaya bahwa dia adalah "gadis perdananya", dan keduanya dikabarkan berselingkuh. Menurut All That Interesting, Hitler pertama kali menyukainya pada tahun 1925 ketika ibu Geli menjadi pembantu di rumahnya. Dia membawa kedua putrinya, dan Hitler langsung terpesona oleh bocah 17 tahun itu, yang katanya memiliki kecantikan yang luar biasa. 

Belakangan, Hitler meminta sang ibu untuk mengurus warisan Berghof agar mendapatkan jatah yang lebih besar, tetapi meminta Geli untuk tetap tinggal di rumahnya, menawarkan agar ia tinggal di apartemen, dan keduanya tinggal bersama selama empat tahun ke depan.

Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi di antara mereka, tetapi Geli meninggal karena bunuh diri. Meskipun kematiannya dikaitkan dengan aksi bunuh diri, banyak sumber yang mengklaim bahwa hidungnya patah, dan peluru di tubuhnya itu berasal dari senjata Hitler, yang terletak di sisinya.

Teori menyatakan bahwa Hitler membunuhnya karena dia ingin menghadiri sekolah musik, atau dia sedang hamil anaknya. Bahkan, ada petisi untuk menggali kembali tubuhnya, yang dimakamkan setelah skandal itu. 

6. Teori konspirasi terkait dirinya

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler snopes.com

The Telegraph mengutip sebuah buku berjudul Was Hitler Ill ? yang merujuk pada surat kabar Theodor Morell, dokter pribadi Hitler dengan reputasi yang agak meragukan di kalangan elit Nazi karena merawat pasien seperti kelinci percobaan. Menurut buku itu, Hitler menerima obat-obat Viagra dari Morell, dan pada tahun 1944 ia mulai mendapatkan suntikan koktail yang dibuat dari sperma dan kelenjar prostat sapi muda.

Akibat tindakan tersebut, para ahli teori konspirasi suka mengemukakan teori-teori yang memalukan tentang sang diktator, seperti menyebut bahwa ia gay, yang mana menurut Time tidak pernah diverifikasikan secara resmi. 

7. Gadis muda yang menjadi penguji makanannya

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler huffingtonpost.com

Menurut Smithsonian, Hitler memiliki 15 penguji rasa pribadi makanannya untuk memastikan kalau dia tidak diracuni. Ada banyak orang yang mencoba membunuh Hitler, dengan berbagai macam upaya, seperi yang dilansir dari History. Dan semua penguji makanannya adalah gadis-gadis muda yang direkrut menjadi kelinci percobaan.

Pada 2013, salah satu penguji bernama Margot Woelk yang masih hidup,  menggambarkan kondisinya, ia mengatakan, "makanannya lezat, sayuran terbaik, asparagus, paprika, semua yang dapat kita bayangkan. Dan selalu ditambahkan nasi atau pasta".

Terlepas dari banyak kekejamannya, Hitler adalah seorang vegetarian. "Dia tidak pernah makan daging selama aku di sana," kata Woelk tentang pemimpin Nazi itu. "Dan Hitler sangat paranoid kalau Inggris akan meracuninya - itu sebabnya dia membuat 15 gadis mencicipi makanan sebelum dia memakannya sendiri."

8. Hitler menyukai Putri Salju dan Tujuh kurcaci

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler allthatsinteresting.com

Hitler tertarik dengan Putri Salju dan Tujuh Kurcaci Disney. History News Network dari George Washington University mengatakan, ia membeli salinan film itu untuk bioskop pribadinya, menganggapnya sebagai salah satu film terbesar yang pernah dibuat.

Dia juga merasa malu karena Nazi Jerman tidak bisa meniru tingkat kecakapan teknis dalam film tersebut. Menurut Reuters, ia bahkan mencoba melukis beberapa Seven Dwarf, yang ditemukan oleh direktur museum Norwegia di belakang lukisan bertanda "A. Hitler" yang dibeli di pelelangan Jerman.

Mengetahui Hitler mencintai Snow White, Josef Mengele, dokter Nazi sadis yang dijuluki "Angel of Death" membuat 7 kurcaci itu menjadi nyata, seperti yang dilansir All That Interesting. Mereka adalah sekumpulan keluarga kurcaci bernama Keluarga Ovitz. Mereka dikurung seperti hewan peliharaan oleh Mengele, dan juga disiksa setiap hari di Auschwitz. Keluarga itu akhirnya selamat berkat status unik mereka.

9. Adolf Hitler dan industri bonekanya

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler ibtimes.co.uk

"Proyek Borgchild," dimulai pada tahun 1940, ketika Heinrich Himmler menulis kepada Hitler tentang risiko kesehatan yang dialami tentara Jerman dari hubungan seksual. Jadi Hitler setuju untuk membuat boneka seks kecil yang dikenal sebagai "ginekoid."

Agar lebih menarik, Nazi mendekati aktris Hungaria Kathy von Nagy untuk meminta izin menyontek wajahnya yang nantinya akan diterapkan pada boneka itu. Namun wanita itu menolak, jadi wajah boneka itu dibiarkan kosong, selain mata biru standar Nazi dan rambut pirangnya.

Setelah "pengujian" yang ekstensif, mereka memesan 50 boneka untuk pasukan tentara Jerman, namun sebagian besar tidak setuju dan menganggapnya aneh. Pada tahun 1942, antusiasme untuk proyek itu pudar.

10. Memiliki masa lalu yang kelam terkait keluarganya

9 Fakta Tak Terungkap di Balik Ketenaran Seorang Adolf Hitler allthatsinteresting.com

Ayah Hitler, Alois, bukanlah orang yang lemah lembut, tetapi ia sering melampiaskan kemarahan pada keluarganya dalam bentuk kekerasan fisik. Menurut History Place, Alois muda menghabiskan hidupnya sebagai pegawai negeri, dan terbiasa memberi perintah. Jadi jika anak-anaknya tidak patuh, hukuman bisa sangat menakutkan. 

Setelah putra tertuanya, yaitu Alois Jr melarikan diri dari rumah, Adolf muda menanggung beban kekerasan fisik ayahnya. The Guardian mengutip jurnal dari adik Hitler yakni Paula, ia menggambarkan dengan jelas tentang masalah keluarganya: "Khawatir jika ayah tidak bisa lagi mengendalikan diri dan kemarahannya yang tak terkendali, dia [ibu Adolf] memutuskan untuk mengakhiri pemukulan tersebut. "Dia naik ke loteng, menutupi Adolf yang terbaring di lantai, tetapi tidak bisa menangkis pukulan terakhir ayah. Tanpa suara dia menyerapnya."

Kekerasan itu memiliki efek mendalam dan fatal bagi Adolf, yang pada akhirnya ia melampiaskan amarahnya pada adik perempuannya. Kesulitannya diperparah dengan kematian adiknya Edmund akibat campak, ketika Adolf berusia 11 tahun, dan ayahnya meninggal dua tahun kemudian, menjadikan Hitler sebagai kepala keluarga pada usia 13 tahun.

Adolf Hitler memang merupakan diktator yang terkenal kejam dan tak kenal ampun. Dengan gayanya yang mentereng dan mencolok, dia mampu membius para pengikutnya itu.

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan tentang Hitler, Kamu Sudah Tahu?

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya