TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wah, Gangguan Anxiety pada Anjing Ternyata Mirip Manusia!

Didukung studi terbaru, lo

ilustrasi anjing sedih (unsplash.com/Alice Cullen)

Siapa di sini yang punya peliharaan seekor atau lebih dari satu ekor anjing (Canis familiaris)? Selain lucu dan menggemaskan, anjing menyandang satu titel, yaitu "Sahabat Karib Manusia", karena kesetiaannya dan betapa dekatnya kita dengan mereka.

Bukan cuma manusia, ternyata anjing pun punya masalah mental. Ternyata, sebuah studi terbaru menunjukkan kalau kondisi waswas atau anxiety pada anjing mirip dengan kondisi anxiety pada manusia. Kok bisa begitu?

Baca Juga: Anjing Mengerti Beda Bahasa Manusia, Bilingual!

Melibatkan puluhan anjing

ilustrasi anjing tidur (pexels.com/Lisa Fotios)

Siapa sangka kalau anxiety ternyata masalah umum di kalangan anjing? Pada manusia, gangguan jaringan otak berpotensi menyebabkan anxiety. Dimuat dalam jurnal PLOS One pada 15 Maret 2023, para peneliti dari Belgia ingin mencari tahu apakah hal yang sama juga terjadi pada anjing.

Para peneliti dari Ghent University kemudian merekrut sebanyak 38 anjing yang terbagi menjadi 25 anjing sehat dan 13 anjing yang menderita anxiety. Para anjing kemudian menjalani tes pencitraan resonansi magnetik (MRI) dengan bantuan anestesi agar tidak merasa stres.

Para pemilik anjing tersebut juga mengisi survei mengenai perilaku peliharaan mereka. Para peneliti kemudian menganalisis data dan fungsi otak di daerah otak yang menunjukkan gejala anxiety, yang disebut "sirkuit anxiety" antara anjing yang normal dan yang mengalami anxiety.

Hasil: ada perbedaan signifikan di otak anjing dengan anxiety

Uniknya, para peneliti Belgia menemukan ada perbedaan besar di otak anjing normal dan anjing dengan anxiety. Perbedaan ini terletak di jalur komunikasi dan kekuatan koneksi di sirkuit anxiety.

Para peneliti menemukan bahwa anjing dengan anxiety memiliki daerah amigdala (daerah yang umumnya terkait dengan rasa takut) yang efisien. Hal ini menunjukkan kalau anjing tersebut memiliki rasa takut yang tinggi. Para pemilik anjing yang anxiety ini juga mengakui kalau anjingnya takut dengan orang atau anjing asing.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa anjing dengan anxiety memiliki koneksi yang kurang erat di daerah otak yang umum untuk proses belajar dan informasi. Hal ini menjelaskan mengapa anjing dengan anxiety sulit untuk diajari.

Baca Juga: 5 Tanda Anjing Sedang Lapar, Pemilik Perlu Tahu!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya