Comscore Tracker

5 Tanda Anjing Sedang Lapar, Pemilik Perlu Tahu!

Jangan sampai si kesayangan kelaparan

Tidak hanya manusia, hewan juga membutuhkan makanan agar dapat bertahan hidup dan tumbuh. Di alam terbuka, mereka bisa mendapatkan makanan yang tersedia di sekitarnya. Sementara itu, hewan peliharaan harus bergantung pada pemiliknya karena tidak ada persediaan makanan di sekitar mereka.

Salah satu hewan peliharaan yang populer adalah anjing. Ketika lapar, anjing juga memiliki bahasa tubuh yang ditunjukkan. Kenali tanda-tanda anjing lapar di artikel ini.

1. Menggonggong

5 Tanda Anjing Sedang Lapar, Pemilik Perlu Tahu!Anjing bisa menggonggong jika lapar (unsplash.com/Robert Gramner)

Anjing yang menggonggong bisa memiliki banyak arti. Anjing juga bisa menggonggong ketika lapar. Ia akan mencari perhatian pemiliknya supaya memberikan makan.

Namun, kamu juga harus memerhatikan keadaan anjing. Bisa saja ia hanya ingin meminta makanan. Kamu bisa melatih anjing agar tidak makan berlebihan. Salah satu caranya adalah memberikan makanan secara teratur tiap harinya.

2. Rambutnya kasar

5 Tanda Anjing Sedang Lapar, Pemilik Perlu Tahu!Rambut anjing yang halus dan mengkilap mencirikan anjing tersebut sehat (unsplash.com/Lucrezia Carnelos)

Salah satu tanda anjing yang kebutuhan makanannya tercukupi adalah rambut yang mengkilap. Gizi yang lengkap membuat anjing juga memiliki rambut yang halus. Anjing yang sehat memiliki rambut yang indah

Jika rambut anjing kamu kasar, bisa jadi itu merupakan pertanda jika ia kelaparan. Periksa juga apakah anjing memiliki kulit yang kering atau ketombe pada rambutnya.

3. Tulang rusuk menonjol

5 Tanda Anjing Sedang Lapar, Pemilik Perlu Tahu!Tulang rusuk yang menonjol adalah ciri anjing yang kurus (unsplash.com/Justin Veenema)

Salah satu pertanda anjing kamu kelaparan adalah dari tulang rusuk yang menonjol. Tulang yang menonjol menandakan bahwa anjing kekurangan lemak tubuh. Selain kekurangan gizi, bisa jadi anjing juga memiliki suatu penyakit yang membuatnya tidak bisa menambah berat badan.

Kamu bisa memeriksa kondisi anjing dengan merasakan tulang rusuknya. Anjing berada dalam kondisi sehat jika kamu bisa merasakan tulangnya, tetapi tulang tidak menonjol. Sementara itu, jika kamu tidak bisa merasakan tulang rusuknya berarti anjing makan terlalu banyak.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Anjing Hamil yang Harus Kamu Ketahui

4. Tidak bertenaga dan gampang sakit

5 Tanda Anjing Sedang Lapar, Pemilik Perlu Tahu!Anjing menjadi gampang sakit jika kekurangan makanan (unsplash.com/Vincent van Zalinge)

Makanan adalah sumber tenaga bagi makhluk hidup. Hati-hati jika kamu melihat anjing lemas dan tidak bertenaga. Ketika kekurangan makanan, mereka menjadi malas bergerak karena kekurangan energi.

Kurangnya makanan juga membuat anjing gampang sakit. Kekurangan gizi pada anjing juga membuat daya tahan tubuh anjing terhadap penyakit berkurang. Pastikan kamu memberikan makanan yang cukup agar anjing kamu tetap sehat.

5. Kotorannya bau

5 Tanda Anjing Sedang Lapar, Pemilik Perlu Tahu!Kotoran anjing juga bisa menandakan bahwa anjing mendapatkan cukup makanan (unsplash.com/Christopher Ayme)

Jangan salah sangka, kotoran juga bisa menandakan bahwa anjing kamu cukup makan. Jika kekurangan gizi dari makanan, anjing mengeluarkan kotoran yang bau. Selain kotoran, anjing juga akan membuang gas yang berbau busuk.

Bentuk kotoran juga menandakan kondisi anjing. Jika kotoran terlalu kering atau cair, kemungkinan anjing kekurangan makanan. Kamu bisa memastikan anjing kamu sehat dengan memeriksa kotorannya.

Agar anjing sehat dan bahagia, kamu harus mengatur asupan makanannya. Jangan sampai anjing kamu kelaparan ataupun kelebihan makanan. Kamu juga harus mengatur seberapa banyak makanan yang boleh dimakan sesuai dengan aktivitas harian anjing.

Sudahkah kamu memastikan kondisi anjing kesayangan kamu? Jangan sampai lupa memberi makan, ya! Kamu juga bisa memberikan tips memberikan makanan pada anjing di kolom komentar di bawah.

Baca Juga: 7 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Depresi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya