TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Suku Moken: Penghuni Kepulauan Pasifik yang Menakjubkan

Mereka seperti terlahir untuk hidup di lautan

salah satu penduduk Suku Moken (hrw.org)

Dunia ini begitu luas dengan beraneka ragam etnis dan suku di dalamnya. Dari semua suku yang ada di dunia, tahukah kamu bahwa ada suku yang tinggal di lautan dan bisa disebut sebagai manusia laut?

Mereka berada di Lautan Pasifik dan menarik untuk dikenal, karena memiliki kelebihan dari manusia biasa. Ini beberapa fakta mereka!

1. Suku penghuni Lautan Pasifik tersebut adalah suku Moken

shared.com

Moken adalah suku yang nomaden alias berpindah-pindah. Mereka adalah orang Asia Tenggara yang berjumlah antara 1.000 sampai 3.000 jiwa dan memiliki bahasa serta budaya yang unik.

2. Tempat tinggal Moken adalah di perahu-perahu kecil

s1.zetaboards.com

Moken tinggal di perahu-perahu kecil yang mereka fungsikan sebagai dapur, kamar tidur dan fasilitas utama untuk transportasi. Hanya pada saat monsoon, mereka akan membuat gubuk dan tinggal di darat.

Baca Juga: 10 Fakta Sains Ini Ternyata Salah Kaprah Saat Kamu Pelajari di Sekolah

3. Fenomena Monsoon secara rutin terjadi dan bisa membahayakan

thedailystar.net

Monsoon adalah fenomena perubahan iklim secara ekstrem yang terjadi akibat perubahan tekanan ekstrem secara drastis di kawasan daratan India dan Lautan Hindia. Perubahan tekanan udara ini akan menyebabkan terjadinya angin sangat kencang (jet stream effect) dari lautan lepas menuju daratan India.

4. Makanan sehari-hari Moken merupakan hasil laut yang mudah ditangkap

survivalinternational.org

Moken berburu ikan, moluska dan cacing laut sebagai makanan mereka dengan menggunakan jala dan tombak. Mereka akan barter kerang, siput laut ataupun keong dengan orang China atau Asia Tenggara yang mereka temukan.

5. Moken dikenal gak berbahaya dan mereka justru "malu" dengan kehadiran orang di luar suku mereka

imgur.com

Mereka seringkali dijuluki oleh penduduk luar etnis mereka sebagai "gipsi laut" dan diketahui langsung kabur menyebar jika terlihat oleh orang yang benar-benar asing.

Baca Juga: 7 Fakta Sejarah Air di Alam Semesta, Bermula dari Big Bang!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya