TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Rasa Pedas pada Cabai, Benarkah Berasal dari Biji?

Para pencinta pedas mari merapat!

unsplash.com/Thomas Evans

Suka pedas? Tentu familier dengan cabai. Bumbu yang satu ini jadi wajib ada di setiap waktu makanmu. Selain cita rasa unik, ternyata cabai berasal dari genus Capsicum, lo! Selain itu, cabai pun punya banyak fakta unik yang perlu kamu tahu. Dilansir dari laman American Chemical Society, simak fakta-faktanya berikut.

1. Cabai adalah buah

imimg.com

Cabai merupakan buah dari tanaman cabai. Meski demikian, ternyata cabai juga bisa dikelompokkan sebagai bumbu dan sayuran, tergantung bagaimana penggunaannya.

Baca Juga: Gak Cuma Buat Bumbu, Ini 6 Khasiat di Balik Pedasnya Cabai

2. Rasa pedas cabai bukan terletak di biji

thealternativedaily.com

Banyak yang mengira kalau pusat pedas pada cabai terletak di bijinya. Namun, ternyata, rasa pedas cabai berpusat pada membran putih tempat melekatnya biji cabai.

3. Senyawa cabai tidak berwarna dan tidak berbau

imgix.net

Kapsaisin (capcaisin) merupakan senyawa aktif yang terdapat pada cabai. Senyawa ini juga terdapat pada oregano, kayu manis, dan daun ketumbar, meski dalam jumlah kecil.

4. Senyawa pada cabai beracun

abelandcole.co.uk

Jika kapsaisin ditemukan dalam dosis besar dan terkonsentrasi, zat ini akan jadi racun yang mematikan. Namun, untunglah, di dalam cabai, jumlah zat kapsaisin masih terhitung sangat kecil, meski ada kemungkinan kalau efek toksik kapsaisin memiliki risiko bahaya.

Baca Juga: 7 Jenis Cabai Paling Populer di Pasaran, Mana yang Paling Kamu Suka?

Writer

Handaru

Tetaplah membaca agar bisa menulis dan tetaplah menulis agar bisa membaca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya