TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Gelombang Otak Alpha, Gerbang Imajinatif dan Kreatif!

Gelombang otak ini sangat pengaruhi kemampuanmu!

ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Kindel Media)

Otak adalah organ kecil manusia yang bisa mengatur dan mengkoordinasikan aktivitas tubuh. Jaringan tubuh manusia menghasilkan gelombang listrik yang disebut brainwave atau gelombang otak. Gelombang otak tersebut diukur menggunakan alat Electro Encephalograph (EEG), yan ditemukan oleh psikiater Jerman bernama Hans Barger pada tahun 1924.

Hasil pengukuran menunjukan ada lima gelombang otak pada manusia, yaitu Beta, Alpha, Theta dan Gamma. Diantara kelima gelombang tersebut, terdapat salah satu gelombang yang mempengaruhi kesadaran, imajinasi dan kreativitamu. Gelombang itu adalah Alpha, lalu apa itu gelombang Alpha? Simak penjelasan berikut. Keep Scrolling!

Baca Juga: 5 Fakta Mengenai Teori Otak Kanan dan Otak Kiri

1. Gelombang otak Alpha

ilustrasi dokter mempelajari otak (pexels.com/Anna Shvets)

Gelombang otak Alpha merupakan gelombang otak yang memiliki frekuensi 8--12 hz dan amplitudo 20--80 mikrovolt. Gelombang ini dipancarkan ketika kamu sedang dalam keadaan rileks, mengantuk, melamun, dan berimajinasi. Selain itu, gelombang ini memproduksi hormon serotonin dan endorfin yang dapat membuatmu merasa tenang, nyaman, dan bahagia.

Ada beberapa kelebihan lain dari gelombang otak Alpha. Selain memproduksi hormon serotonin dan endorfin, gelombang otak Alpha juga meningkatkan kekebalan tubuh, membuka pembulu darah, membuat detak jantung stabil, dan meningkatkan kemampuan indera atau kesadaran. Dengan mengkondisikan otak pada gelombang Alpha, kepekaanmu akan meningkat.

2. Melatih gelombang Alpha

ilustrasi perempuan sedang meditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dilansir buku Breaking the Habit of Being Yourself karya Dr. Joe Dispenza, kondisi gelombang Alpha bisa mengantarkan kamu menuju kondisi konsentrasi, imajinatif, kreatif, dan lebih peka. Dengan kondisi tersebut, tentu kamu akan mudah menerima dan menciptakan hal-hal baru. Untuk menciptakan kondisi tersebut, diperlukan latihan yang rutin dan konsisten.

Melatih gelombang otak Alpha bisa dilakukan dengan cara meditasi secara rutin. Meditasi dapat menurunkan gelombang otakmu dari kondisi Beta ke Alpha dan membuatmu menyadari hal-hal yang sebelumnya kamu hiraukan. Dengan meditasi yang rutin dilakukan, kamu akan menjadi seorang yang lebih peka dan memiliki kesadaran tinggi, sehingga terciptalah kemampuan konsentrasi, kreatif, imajinatif dan daya tangkap yang baik.

Baca Juga: 5 Kebiasaan sebelum Tidur yang Bikin Otak Lebih Cerdas

Writer

Danang Nugroho

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya