Comscore Tracker

5 Fungsi Gelombang Otak yang Bikin Kamu Aktif Terus

Gelombang otak dapat mengoptimalkan kemampuan dan bakatmu

Otak manusia merupakan bagian paling kompleks dalam tubuh manusia. Gelombang otak manusia adalah gelombang listrik yang dihasilkan oleh otak. Gelombang ini dapat diukur melalui frekuensi dan amplitudo di mana setiap gelombang memiliki fungsinya masing-masing dan akan mempengaruhi pola aktivitas otak dan perilaku yang dihasilkan.

Gelombang otak dapat dikatakan sebagai pusat  kecerdasan dan artificial intellegence manusia. Nah, untuk mengoptimalkan kerja otak kamu, berikut 5 fungsi gelombang otak yang harus kamu pahami.

1. Delta (0.5 – 4 Hz)

5 Fungsi Gelombang Otak yang Bikin Kamu Aktif Terusanaheimlighthouse.com

Gelombang otak Delta merupakan gelombang otak yang paling rendah di mana Delta dapat merangsang pelepasan hormon anti-aging sehingga membuat kamu awet muda, memicu perasaan empati bahkan bisa mencapai tingkat ekstrem, menimbulkan perasaan santai, rileks, tenang dan bahagia.

Selain itu, gelombang delta juga dapat mempertajam intuisi, meningkatkan daya tahan tubuh dengan melepaskan stres, serta meningkatkan kemampuan spiritual kamu. Gelombang ini disebut-sebut menjadi gelombang otak yang berperan besar dalam hal yang berkaitan dengan aktivitas spiritual seperti astral projection.

Namun, kebenaran ini belum terbukti secara ilmiah. Orang-orang yang pernah melakukan dan memiliki pengalaman ini mengklaim bahwa mereka menggunakan gelombang otak Delta dan Theta untuk membuat koneksi dengan dimensi yang berbeda.

2. Theta (4 – 7.5 Hz)

5 Fungsi Gelombang Otak yang Bikin Kamu Aktif Terusconsciousreminder.com

Aktivitas gelombang Theta ini merupakan gelombang otak yang bekerja di alam bawah sadar manusia dan terjadi ketika manusia dalam keadaan tidur ringan namun hampir tertidur dalam posisi mengatuk.

Gelombang otak ini biasanya digunakan saat trance, hypnosis, meditasi penuh, berdoa, dan ketika manusia melakukan sesuatu yang sangat fokus dan konsentrasi penuh, misalnya seperti pada saat melatih dan menyalurkan energi melalui tenaga dalam.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membahayakan Otak, Segera Hentikan! 

3. Alpha (7.5 – 12.5 Hz)

5 Fungsi Gelombang Otak yang Bikin Kamu Aktif Terusipnos.com

Gelombang Alpha ini biasanya terjadi ketika kita tengah rileks dan santai. Gelombang otak ini juga bisa menghubungkan antara fikiran sadar dan alam bawah sadar. Gelombang Alpha bisa dibilang pusatnya kreativitas dan kecerdasan otak manusia.

Kondisi bekerja di bawah pengaruh gelombang Alpha akan memberikan kamu ide-ide kreatif yang lebih menarik. Selain, gelombang ini menghindarkan kita dari kondisi stres yang membuat daya tahan tubuh melemah. Gelombang Alpha juga baik dalam membantu manusia dalam penyelesaian masalah.

4. Beta (12.5 – 30 Hz)

5 Fungsi Gelombang Otak yang Bikin Kamu Aktif Terusscore.org

Gelombang otak Beta ini terjadi ketika manusia dalam keadaan kesadaran penuh. Ketika manusia dalam keadaan fokus untuk berpikir logis dan rasional dalam pemecahan suatu masalah, yaitu ketika otak kiri akan bekerja secara aktif, maka tingkat gelombang Beta dalam otak juga akan semakin meningkat.

Meningkatnya gelombang Beta hingga frekuensi tinggi ini dapat memicu dan memberikan impuls ke otak untuk mengeluarkan hormon kortisol dan norepiferin yang akan menimbulkan tekanan berupa kecemasan atau kekhawatiran, marah, serta tekanan stres dan depresi.

5. Gamma (30 – 100 Hz)

5 Fungsi Gelombang Otak yang Bikin Kamu Aktif Terustheatlantic.com

Gelombang otak ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki aktivitas otak yang cenderung tidak biasa bahkan ekstrem, bisa dikatakan di atas rata-rata. Misalnya, ketika seseorang sedang menghadapi sebuah kompetisi atau kondisi depresi atau sangat ketakutan.

Ketika seseorang secara dominan bekerja dengan gelombang otak Gamma akan membuat kerja menjadi lebih optimal, pemecahan masalah yang lebih baik, kebahagiaan internal dan kepedulian terhadal orang lain menjadi semakin jelas.

Salah satu cara untuk mengoptimalkan gelombang otak Gamma adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Selain waktu, kualitas tidur seseorang juga penting.

Dewasa ini, pengoptimalan gelombang otak manusia masih terus diuji. Pusat intelejensi manusia ini memang bila diasah dan dioptimalkan akan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, ketenangan hidup, meningkatnya daya tahan tubuh hingga kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik.

Salah satunya adalah dengan terapi gelombang otak dengan binaural beats, meskipun masih menjadi kontroversi sebagian kalangan yang meyakini jenis terapi ini sebenarnya berbahaya.

Baca Juga: Hindari, Ini 7 Penyebab Otakmu Menjadi Lemot!

Ulfa Setyaningtyas Photo Writer Ulfa Setyaningtyas

IG:ulfasntyas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya