TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Kapal Induk Amerika Serikat yang Memakai Nama Presiden Terdahulu

Kira-kira siapa saja, ya? 

USS Theodore Roosevelt CVN-71 (businessinsider.com)

Kapal induk merupakan sebutan bagi kapal perang yang mampu membawa pesawat tempur dalam jumlah banyak. Salah satu tugas utama kapal induk adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut.

Amerika Serikat tercatat sebagai salah satu negara yang mempunyai banyak kapal induk. Mereka memberi kode CV atau Carrier Vessel pada kapal induknya. Apabila bertenaga nuklir, maka kodenya menjadi Carrier Vessel Nuclear atau CVN.

Diantara banyak kapal induk yang dimiliki angkatan laut Amerika Serikat, ada beberapa yang dinamai dengan nama presiden terdahulu mereka. Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. USS Dwight D. Eisenhower CVN-69

USS Dwight D. Eisenhower CVN-69  (historycentral.com)

USS Dwight D. Eisenhower CVN-69 merupakan kapal induk Amerika Serikat bertenaga nuklir pertama yang menggunakan nama presiden terdahulu.

Dwight D. Eisenhower yang merupakan presiden Amerika Serikat ke-34 yang menjabat pada tahun 1953-1961. Kapal ini sendiri mempunyai panjang 332,8 meter serta tinggi 74 meter.

2. USS Theodore Roosevelt CVN-71

USS Theodore Roosevelt CVN-71 (businessinsider.com)

Theodore Roosevelt sendiri merupakan presiden Amerika Serikat ke-26 yang menjabat pada tahun 1901-1909. Namanya diabadikan menjadi nama salah satu kapal induk Amerika dengan kode CVN-71.

Ketika baru berlayar 10 tahun, kapal ini sudah bertugas di peperangan yang cukup terkenal, yaitu Operasi Badai Gurun.

3. USS Abraham Lincoln CVN-72

USS Abraham Lincoln CVN-72 (defencetalk.com)

Pesawat tempur, seperti F-18 Hornet dan F-35C terlihat sering diluncurkan dari kapal induk ini. USS Abraham Lincoln mampu membawa 5.600 awak kapal serta 90 pesawat yang terbagi menjadi 3 kru.

Keitga kru tersebut adalah helikopter, pesawat bersayap kaku, serta pesawat mata-mata. Abraham Linclon sendiri tercatat sebagai presiden Amerika Serikat ke-16 yang menjabat pada tahun 1861-1865.

Baca Juga: 22 Tahun Bertugas, Kapal Perang AS Bonhomme Richard Pensiun 

4. USS George Washington CVN-73

USS George Washington CVN-73 (seanews.com.tr)

George Washington sendiri dikenal sebagai salah satu pendiri Amerika Serikat. Ia juga tercatat sebagai presiden pertama Amerika Serikat yang menjabat pada tahun 1789-1797.

Untuk menghormati jasa-jasanya, nama George Washington juga diabadikan di salah satu kapal induk Amerika Serikat dengan kode CVN-73.

Kapal ini mulai aktif pada tanggal 4 Juli 1992 serta memiliki elevator untuk memindahkan pesawat tempur dari hanggar ke atas landasan pacu.

5. USS Harry S. Truman CVN-75

USS Harry S. Truman CVN-75 (ekathimerini.com)

Nama kapal induk ini diambil dari nama presiden Amerika Serikat ke-33 yang menjabat pada tahun 1945-1953. Harry S. Truman sendiri menggantikan presiden Franklin D. Rosevelt setelah ia wafat. Dana yang harus dikeluarkan untuk proses pembuatan kapal ini cukup mahal, yaitu sekitar 4,5 miliar dolar.

6. USS Ronald Reagan CVN-76

USS Ronald Reagan CVN-76 (c7f.navy.mil)

Sebelum menjadi presiden Amerika Serikat ke-40, Ronald Reagan dikenal sebagai aktor radio, film, dan juga televisi. Ia menjabat pada tahun 1981-1989.

Sama seperti kapal induk bertenaga nuklir yang lain, USS Ronald Reagan CVN-76 mampu beroperasi selama 20 hingga 25 tahun dalam sekali pengisian bahan bakar.

7. USS George H. W. Bush CVN-77

USS George H. W. Bush CVN-77 (kbtx.com)

Kapal dengan kode CVN-77 ini merupakan kapal induk termuda dan terakhir dari kelas Nimitz. USS George H. W. Bush sering merapat ke Israel untuk melakukan isi ulang perbekalan sebelum kembali bertugas. Namanya diambil dari nama presiden Amerika Serikat ke-41 yang menjabat pada tahun 1989-1993.

Baca Juga: Mitos dan Teka-Teki Kapal Hantu Paling Misterius Sepanjang Masa. Ada yang Dari Indonesia Lho!

Writer

Regita Lisma Putri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya