TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Suhu Ruangan Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Lho, Ini Faktanya!

Ternyata wanita bekerja lebih baik pad suhu ruangan hangat

pexels.com/Fox

Berbicara mengenai atmosfer dalam kantor, selain pencahayaan, tata letak, suhu ruangan juga menjadi faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja. Banyak di antara kamu mungkin merasa suhu ruangan sangat dingin, sedangkan teman kerja kamu merasa suhu ruangan normal-normal saja.

Sebenarnya hal tersebut sangat wajar terjadi, setiap individu khususnya antara wanita dan pria memiliki preferensi yang berbeda dalam merespon suhu ruangan. Namun agar semua karyawan bisa produktif secara optimal, berapa sih kira-kira suhu ruangan yang sesuai?

1. Suhu tubuh pria lebih tinggi dari wanita

pexels.com/Helena Lopes

Ini menjelaskan kepada kamu khususnya wanita, mengapa kamu cenderung merasa kalau suhu ruangan di kantor dingin, sedangkan teman kerja pria mengatakan sebaliknya.

Dilansir dari insider.com, diketahui bahwa suhu tubuh pria sedikit lebih tinggi dari wanita. Itulah kenapa sebagian besar gedung perkantoran yang memiliki pendingin ruangan sentral, mengatur suhu ruangan berdasarkan studi tersebut.

Baca Juga: 8 Ide Desain Ruang Kerja di Rumah Agar Kamu Lebih Produktif

2. Wanita bekerja optimal pada suhu ruangan hangat

pexels.com/Bruce Mars

Dilansir dari studi yang dilakukan oleh Chang dan Agne Kajackaite dari Pusat Ilmu Sosial WZB Berlin di Jerman, ditemukan jika wanita dapat mengerjakan persoalan matematika dan verbal lebih baik ketika suhu ruangan hangat.

Sedangkan efek penurunan kerja pada pria di suhu hangat terlihat meski tidak terlalu signifikan. Ini bisa jadi penjelas kenapa terkadang wanita cenderung memakai jaket, syal atau pakaian rangkap saat bekerja di kantor.

Baca Juga: 8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY Castle

Writer

Terra Esa

Penikmat sego babat meski akhirnya berujung sakit tenggorokan. Karena hidup adalah tantangan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya