Comscore Tracker

Perlu Tahu, 6 Produk Turunan Kelapa Sawit yang Kita Pakai Tiap Hari

Menilik lebih lanjut pemanfaatan primadona SDA Indonesia

Beberapa tahun belakangan, isu sawit menjadi hangat diperbincangkan di Indonesia oleh berbagai kalangan. Isu yang dibahas dari mulai yang positif seperti produksinya yang meningkat dan luas lahannya bertambah, hingga yang negatif seperti penurunan nilai jualnya, sampai cara pembukaan lahannya yang dinilai sangat tidak ramah lingkungan. Bicara tentang produksi, kelapa sawit Indonesia banyak sekali peminatnya, selain harganya murah, ketersediannya pun stabil, bahkan cenderung bertambah.

Nah, teman-teman tau ngga produk dari kelapa sawit ini apa saja? Bukan Cuma minyak goreng yang biasa kita gunakan sehari-hari lho! Pada dasarnya, kelapa sawit memproduksi 2 jenis minyak, yang pertama minyak sawit kasar atau crude palm oil (CPO), dan minyak inti sawit atau palm kernel oil (PKO). Kedua produk tersebut kemudian diproses lebih lanjut hingga akhirnya menghasilkan berbagai macam produk yang kita gunakan sehari-hari. Yuk kita lihat apa saja produk turunan sumber daya alam (SDA) terbesar di Indonesia ini!

1. Ada sawit di setiap olesan mentegamu

Perlu Tahu, 6 Produk Turunan Kelapa Sawit yang Kita Pakai Tiap Haripexels.com/ MarkusSpisketemporausch.com

Minyak kelapa sawit membuat tekstur mentega menjadi lembut mudah dioleskan. Mentega menjadi alternatif butter bagi para vegetarian. Selain itu, minyak kelapa sawit juga berperan dalam menjaga tekstur shortening agar mudah diaplikasikan. Shortening sering digunakan sebagai bahan pelengkap dalam pembuatan roti dan kue agar roti menjadi lebih empuk dan gurih. Lebih jauh, mentega dan shortening diolah menjadi makanan kemasan yang beredar di pasaran, seperti biskuit, kue kering, dan mie instan.

2. Coba cek komposisi coklat favoritmu, ada sawit disana

Perlu Tahu, 6 Produk Turunan Kelapa Sawit yang Kita Pakai Tiap Haripexels.com/rawpixel.com

Ya, kamu ngga salah dengar. Coba cek lagi. Minyak nabati dari kelapa sawit yang terkandung dalam coklat batanganlah yang membuat coklat menjadi lumer di mulut. Selain itu produk turunan kelapa sawit yang banyak peminatnya adalah coca butter substitute (CBS). CBS bertekstur mirip dengan lemak coklat namun harganya lebih kompetitif.

3. Kita juga menggunakannya sebagai bahan sabun dan sampo untuk membersihkan diri setiap hari

Perlu Tahu, 6 Produk Turunan Kelapa Sawit yang Kita Pakai Tiap Haripixabay.com/sardenacarlo

Melalui proses oleochemical, minyak kelapa sawit memiliki produk turunan berupa natrium lauril sulfat atau sodium lauril sulfat (SLS) yang terdapat pada pasta gigi dan sampo. SLS merupakan surfaktan yang berfungsi sebagai pembersih dan penghasil busa. Selain itu minyak sawit juga menghasilkan gliserin yang terdapat pada sabun yang berfungsi menjaga kelembaban tubuh kita.

Baca Juga: Berpergian Jauh? Siapkan 6 Makanan Tinggi Protein Biar Gak Kelaparan

4. Minyak sawit juga ada dalam make-up kesayanganmu

Perlu Tahu, 6 Produk Turunan Kelapa Sawit yang Kita Pakai Tiap Haripixabay.com/free-photos

Lipstik dan foundation yang kamu pakai sehari-hari ternyata mengandung minyak sawit juga. Ya, benar! Produk turunan minyak sawit yang berbentuk lemak ester dan lemak amina digunakan secara luas dalam kosmetik sebagai emulsifier, pelumas, dan bahan aktif kosmetik.

5. Sawit juga ada ketika kita mencuci pakaian

Perlu Tahu, 6 Produk Turunan Kelapa Sawit yang Kita Pakai Tiap Haripixabay.com/stevepb

Salah satu produk turunan CPO yang digunakan secara luas adalah sodium lauril sulfat (SLS). SLS merupakan surfaktan pada deterjen pakaian yang dapat melarutkan minyak dan kotoran ke dalam air, sehingga pakaian kita menjadi bersih. SLS juga membuat deterjen menghasilkan banyak busa.

6. Sawit sebagai bahan bakar alternatif yang sempat dibahas dalam debat capres kemarin

Perlu Tahu, 6 Produk Turunan Kelapa Sawit yang Kita Pakai Tiap Haripexels.com/JoeyKyber

Biodiesel merupakan bahan bakar mesin diesel berbasis kelapa sawit (CPO). Biodiesel juga merupakan bahan bakar alternatif mesin diesel. Perhatian terhadap polusi lingkungan dan perubahan iklim, mendorong masyarakat untuk memilih bahan bakar alternatif lain selain bahan bakar fosil yang merupakan sumber daya alam tidak terbarukan dan dianggap tidak memiliki aspek keberlanjutan.

Itulah 6 produk turunan sawit yang sering tidak kita sadari ada di kehidupan kita sehari-hari. Sawit ada di meja makan kita, kamar mandi, hingga kendaraan yang kita gunakan. Meskipun masih menimbulkan polemik di berbagai aspek, namun permintaan akan sawit secara global masih tinggi, dan Indonesia, sebagai salah satu negara penghasil sawit terbesar di dunia, mencoba mengambil peluang tersebut untuk memenuhi permintaan pasar. Itulah sebabnya mengapa hingga saat ini sawit masih menjadi primadona sumber daya alam negara kita.

Baca Juga: Ini Lho 5 Rekomendasi Produk Kecantikan dengan Aroma Kelapa yang Khas

Anisa Anggi Dinda Photo Community Writer Anisa Anggi Dinda

Kinda find a good way to share some experience here. Enjoy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You