Comscore Tracker

7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan Lain

Mereka tidak sama loh

Bumi dihuni oleh milyaran makhluk hidup dengan keunikannya masing-masing, termasuk dengan hewan-hewan. Dari banyak hewan yang hidup di daratan maupun lautan, beberapa diantaranya memiliki kemiripan sehingga tak jarang kita mengira hewan tersebut sama dengan hewan lain. Padahal, bisa saja diantara kedua hewan yang kita anggap mirip tersebut sama sekali tidak berhubungan.

Nah, berikut ini adalah 7 hewan yang sering dikira sama atau mirip dengan hewan lainnya karena alasan-alasan tertentu. Let’s check this one!

1. Orca

7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan LainPixabay.com/skeeze

Orca atau yang lebih dikenal sebagai paus pembunuh merupakan salah satu predator puncak di lautan. Dengan ukurannya yang masif, hampir tidak ada hewan di lautan yang luput dari jangkauannya. Banyak orang mengira bahwa mamalia laut berwarna hitam dengan spot putih pada dada dan matanya ini merupakan kerabat dekat dari paus. Hal tersebut disebabkan karena penyematan nama ‘paus’ pembunuh pada mamalia laut ini.

Padahal, orca dan paus itu 100 persen berbeda. Orca adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Alasan mengapa ada nama ‘paus pembunuh’ pada hewan ini disebabkan karena kelompok orca (pod, terdiri atas kurang lebih 100 ekor) mampu membunuh seekor anak paus atau bahkan terkadang nampak mampu membunuh seekor paus yang merupakan makhluk terbesar di dunia. Tentu itu hal yang luar biasa bukan?

Nah, sekarang jangan sampai keliru lagi dengan orca dan paus, ya.

2. Tawon

7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan LainPixabay.com/631372

Tawon sering kali disamakan dengan lebah. Meskipun benar kalau kedua hewan tersebut sama-sama memiliki sengatan yang sangat menyakitkan, nyatanya antara tawon dan lebah memiliki beberapa perbedaan.

Sengat pada tawon bisa digunakan berkali-kali, sedangkan pada lebah hanya bisa digunakan sekali. Selain itu, tubuh tawon jauh lebih besar daripada lebah. Untuk makanan, tawon lebih memilih untuk memangsa serangga sedangkan lebah memilih untuk menghisap nektar sebagai makanannya. Beda banget, kan?

3. Katak

7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan LainPixabay.com/Pipsimv

Kalau katak sering dikira sama dengan kodok. Penulis sendiri pun masih berpikir kalau kedua hewan amphibi ini sama. Padahal, ada beberapa perbedaan antara kedua hewan ini.

Tubuh katak lebih ramping, berkulit halus, tipis, lembab, berlendir serta berkaki panjang berselaput. Sedangkan kodok bertubuh lebih lebar dan besar, kulitnya lebih kering, serta kakinya relatif lebih pendek. Berbeda dengan kodok yang hampir bisa dijumpai di mana-mana, beberapa jenis katak hanya bisa ditemui di habitat tertentu. Misalnya katak pohon, bangkong tuli, serta katak serasah.

Baca Juga: Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!

4. Bajing

7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan LainPixabay.com/WikiImages

Nah, yang satu ini sekilas nampak mirip dengan tupai, nih. Bajing dan tupai merupakan hewan lucu yang sering dijadikan hewan peliharaan. Sekilas keduanya memang mirip, tetapi nyatanya keduanya berbeda.

Perbedaan utama dari kedua hewan ini adalah bajing merupakan jenis mamalia pengerat, sedangkan tupai berasal dari famili Tupaiidae dan Ptilocertidae. Selain itu, bajing memiliki moncong pendek, sementara tupai memiliki moncong yang relatif panjang. Dari segi makanan, bajing memakan buah-buahan, sementara tupai lebih memilih memangsa serangga. Jangan sampai tertukar lagi, ya!

5. Curut

7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan LainPixabay.com/RPN

Hewan yang dianggap sebagian besar orang menjijikan ini sering kali disamakan dengan tikus. Padahal ada perbedaan yang nampak diantara keduanya. Curut, tidak seperti tikus, bukan merupakan hewan pengerat. Selain itu, curut memiliki moncong panjang yang tidak dimiliki oleh tikus. Untuk makanan, curut merupakan pemangsa serangga, sedangkan tikus merupakan omnivora.

Nampak sangat berbeda kan? Setelah ini jangan sampai salah meneriakki curut sebagai tikus ataupun sebaliknya, ya!

6. Bekicot

7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan LainPixabay.com/DorianKrauss

Hewan kecil bercangkang dan berlendir ini memang memiliki rupa yang sangat mirip dengan siput. Akan tetapi, kedua hewan ini berbeda. Perbedaan mendasar dari bekicot dengan siput adalah bekicot merupakan keluarga Achatinidae sedangkan siput merupakan keluarga Ampullaridae. Bekicot biasa dijumpai di daratan, sementara siput lebih sering dijumpai di perairan.

Oh iya, dibeberapa daerah, ada yang menyajikan makanan dari siput. Nah, khusus untuk bekicot, mereka tidak bisa dikonsumsi karena mengandung parasit cacing yang berbahaya bagi manusia. Jadi, jangan sampai salah konsumsi, ya.

7. Rajungan

7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan LainPixabay.com/arnoldus

Buat kamu pecinta seafood, mungkin sudah tidak asing dengan hewan ini. Akan tetapi, apakah kamu bisa membedakan antara rajungan dengan kepiting?

Antara rajungan dan kepiting memang sekilas nampak sangat mirip. Meskipun begitu, mereka berdua memiliki beberapa perbedaan, loh. Tubuh dan capit rajungan jauh lebih ramping jika dibandingkan dengan kepiting yang memiliki tubuh dan capit yang lebih besar. Kulit rajungan cenderung berwarna kebiruan dengan totol-totol di atasnya, sedangkan kepiting warnanya lebih gelap dan polos. Untuk habitat, rajungan hanya hidup di perairan dalam dan akan mati jika dibawa ke daratan, sedangkan untuk kepiting tinggal di perairan yang lebih dangkal dan masih dapat hidup jika dibawa ke daratan.

Itu dia ketujuh hewan yang sering dikira mirip dengan hewan lain. Apakah kamu juga termasuk orang yang kesulitan untuk membedakan hewan-hewan tersebut? Jangan sampai salah lagi, ya!

Baca Juga: 7 Hewan yang Punya Julukan Sebagai Living Fossil, Apa Saja?

Anjar Triananda Ramadhani Photo Community Writer Anjar Triananda Ramadhani

Dreamer with unrealistic mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You