Comscore Tracker

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!

Hibernasi bukan sekedar berlindung dari musim dingin lho

Hibernasi memiliki arti keadaan istirahat atau tidur pada binatang selama musim dingin. Keadaan ini membuat metabolisme dan suhu tubuh hewan berkurang seiring dengan pasifnya dalam kegiatan sehari-hari.

Hewan melakukan hibernasi untuk menghemat energi di tengah cuaca dingin yang bisa saja mengancam nyawanya. Namun anehnya ternyata beberapa spesies hewan tertentu justru melakukan hibernasi meskipun mereka hidup di lingkungan yang lebih hangat.

Dengan berbagai latar belakang dan informasi yang telah dirangkum dari situs MNN, berikut 10 hewan yang juga melakukan hibernasi selain beruang!

1. Lebah

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!aribalpolen.com

Para ilmuwan masih meneliti tentang hibernasi yang dilakukan oleh hewan penghasil madu ini. Dan sejauh ini terdapat kesimpulan tentang lebah melakukan hibernasi atau tidak itu tergantung pada spesiesnya. Lebah madu memang tidak melakukan hibernasi, namun lebah tanah melakukan peristirahatan panjang saat musim dingin. 

2. Kumbang

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!immediate.co.uk

Di luar negeri saat musim gugur tiba, pemandangan kumbang berkumpul secara berkoloni hingga ratusan ekor bukan lah hal yang aneh. Pada saat seperti ini kumbang akan bersiap untuk melakukan hibernasi ke dalam lubang besar yang sudah mereka siapkan sebelumnya.

3. Landak

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!scottishwildlifetrust.org.uk

Menjelang musim gugur para landak akan berbondong-bondong untuk mencari lokasi dan membangun sarang. Sarang ini terbuat dari akar, batang, dan daun tumbuhan yang disusun tebal untuk memberi kehangatan tubuh landak. Selama hibernasi landak akan sesekali terbangun tanpa bergerak meninggalkan sarangnya.

4. Common Poorwill

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!climate.audubon.org

Common Poorwill merupakan jenis burung pertama yang diketahui melakukan hibernasi. Menurut situs Earth Rangers burung-burung kecil ini hibernasi selama kurang lebih 5 bulan di dalam sarang yang dibangun di bawah batu besar atau kayu busuk.

5. Kelelawar

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!sciencenewsforstudents.org

Kelelawar tidur panjang seperti mati suri dalam waktu yang cukup lama. Seperti yang dijelaskan pada conservationinstitute.org, penampakan gerombolan kelelawar yang sedang hibernasi ini seperti mereka sudah mati. Hal itu bisa terjadi karena sistem pernapasannya bisa melambat dan bahkan bertahan tanpa napas selama satu jam. 

Baca Juga: 5 Fakta Hibernasi Bagi Hewan, Bukan Sekadar Tidur Panjang

6. Kura-kura

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!hobbyfarms.com

Kura-kura tidak dapat menghasilkan panas tubuhnya sendiri, maka dari itu hibernasi adalah sebuah keharusan baginya agar tetap bisa bertahan hidup saat musim dingin. Kura-kura memiliki masa hibernasi yang beda, misalnya box turtle yang beristirahat selama 3-4 bulan.

7. Hamster

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!omlet.us

Jangan panik ketika hamster peliharaanmu tidur dalam waktu yang lama selama cuaca dingin. Hamster membutuhkan kehangatan ekstra dengan melakukan hibernasi singkat dan di saat seperti ini sebaiknya hindari membangunkan hamster. Tindakan mendadak seperti itu dapat memicu serangan jantung pada hamster.

8. Ular

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!southernminn.com

Reptil yang mengerikan ini bisa berhibernasi dalam varian waktu yang beragam sesuai dengan spesies dan habitatnya. Misalnya seperti ular Minnesota yang bisa beristirahat panjang selama berbulan-bulan dan ular Texas yang hanya hibernasi selama beberapa minggu saja. 

9. Sigung

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!theanimalrescuesite.greatergood.com

Binatang yang bisa mengeluarkan aroma tidak sedap saat terancam ini juga melakukan hibernasi. Sigung akan mencari lubang pada bangkai kayu besar untuk dijadikan sarangnya selama beristirahat di musim dingin. Namun ketika ia merasa kekurangan asupan makanan, sigung akan keluar dari sarangnya sebelum kembali berhibernasi.

10. Katak kayu

Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!nationalgeographic.com.au

Selama musim dingin tiba tubuh katak kayu bisa saja terlapisi oleh salju atau bongkahan es. Namun sebenarnya mereka masih hidup meskipun tidak terdeteksi napasnya karena fungsi jantung mereka memang berhenti. Ketika musim panas kembali tubuhnya akan perlahan mencair dan kembali hangat sampai semua organ tubuhnya berfungsi normal.

Nah, kini bukan hanya beruang sebagai hewan yang kita ketahui dapat melakukan hibernasi. Karena reptil, serangga hingga burung juga ternyata melakukan hal yang sama. 

Baca Juga: 4 Fakta Perilaku Homoseksual pada Hewan, Ternyata Umum Terjadi!

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You