Comscore Tracker

Siap Menjaga Rumah dari Ancaman! Ini 7 Jenis Anjing Penjaga Terbaik 

Tanggap, cerdas, dan loyal!

Berkaitan dengan anjing penjaga, tidak sembarang anjing yang bisa dijadikan sebagai anjing penjaga di rumah, lho. Sebab karakter, ukuran, dan tingkat kesulitan dalam memelihara anjing penjaga rumah sangat berbeda ketimbang anjing peliharaan biasa.

Nah, tentunya di antara anjing-anjing yang diperuntukkan sebagai anjing penjaga terdapat beberapa jenis anjing yang bisa dibilang terbaik dalam bidang tersebut. Penulis setidaknya telah merangkumnya dalam tujuh jenis anjing penjaga terbaik. Penasaran bukan? Yuk langsung simak artikel berikut ini!

1. Doberman Pinscher

Siap Menjaga Rumah dari Ancaman! Ini 7 Jenis Anjing Penjaga Terbaik Pixabay.com/patstatic

Doberman pinscher merupakan anjing yang berasal dari Jerman. Tubuhnya yang cenderung besar dengan dominasi warna gelap dan wajah yang terkesan 'galak' rasanya sudah cukup menjadi alasan mengapa doberman jadi salah satu anjing penjaga terbaik.

Menurut salah satu pelatih anjing profesional, Cesar Milan, dalam laman Cesars Ways, doberman memiliki kecepatan lari yang menakjubkan. Bahkan, tak butuh waktu lama bagi mereka untuk mengejar penyusup berkat kecepatan tersebut. Selain itu, anjing yang satu ini juga masuk ke dalam 5 jenis anjing terpintar di dunia. Mereka juga tidak kenal takut, sangat loyal, dan juga sangat waspada dengan sekitar.

Nah, sedikit catatan sebelum memelihara doberman sebagai anjing penjaga. Mereka butuh banyak bergerak dan latihan sehingga pastikan pemelihara bisa mengalokasikan tenaga besar anjing ini dengan menyediakan lahan besar dan waktu untuk menemani aktivitas mereka.

2. German Shepherd 

Siap Menjaga Rumah dari Ancaman! Ini 7 Jenis Anjing Penjaga Terbaik Pixabay.com/adamkontor

Anjing yang satu ini nampak tak asing bukan? Ya, German shepherd memang sering kita jumpai sebagai anjing kepolisian, baik di dunia nyata maupun di film. Tak hanya sebagai anjing polisi, ia juga sering diperuntukan sebagai anjing penjaga, lho.

Menurut Cesar Milam dalam laman Cesars Ways, alasan German shepherd dijadikan anjing penjaga lantaran kepintaran dan cepat memahami perintah ketika dilatih. Selain itu, sifatnya yang penuh keberanian, rasa percaya diri yang tinggi, serta tak kenal takut juga jadi poin plus lain dari anjing ini.

German shepherd juga sebenarnya memiliki temperamen yang cukup tenang dibandingkan anjing penjaga lain sehingga mereka juga cocok sebagai anjing rumahan. Akan tetapi, sikap 'awas' dari anjing ini juga tetap ada jika keluarga atau lingkungannya sedang terancam.

3. Akita 

Siap Menjaga Rumah dari Ancaman! Ini 7 Jenis Anjing Penjaga Terbaik Pixabay.com/manfredrichter

Anjing yang satu ini berasal dari Jepang. Sekilas, warnanya yang cenderung cerah mungkin akan menipu kita dan membuat kita berpikir kalau anjing yang satu ini bukan anjing penjaga. Eiitss! Hal tersebut ternyata tidak benar, lho.

Malah, menurut laman American Kennel Club, akita justru memiliki tubuh yang berotot. Mereka juga sangat waspada dengan orang asing yang mendekat, bahkan juga cenderung tidak bisa menerima kehadiran hewan lain. Akan tetapi, di sisi lain anjing ini juga sangat cerewet dan penyayang terhadap keluarga pemeliharanya.

Bahkan, di negeri asalnya, Jepang, akita dihormati sebagai simbol pelindung keluarga, kesehatan, kebahagiaan, dan umur yang panjang. Oleh sebab itu, anjing yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan anjing penjaga yang baik sekaligus teman untuk keluarga.

Baca Juga: 5 Fakta Anjing Kintamani, si Anjing Ras Asli Indonesia

4. Beauceron 

Siap Menjaga Rumah dari Ancaman! Ini 7 Jenis Anjing Penjaga Terbaik Pixabay.com/christels

Anjing yang berasal dari Prancis ini termasuk anjing berukuran besar dengan tinggi yang mampu mencapai 70 cm. Ciri fisik yang serba 'gelap' dan bentuk wajah yang nampak 'sangar' menjadi salah satu alasan mengapa anjing ini masuk ke dalam daftar anjing penjaga terbaik.

Dilansir dari laman American Kennel Club, alasan lain mengapa beauceron cocok dijadikan anjing penjaga adalah kepintaran, kekuatan, serta penuh dengan semangat. Ia juga sangat percaya diri sehingga mampu membawa rasa aman bagi pemiliknya.

Sedikit catatan sebelum memelihara beauceron, anjing yang satu ini tidak cocok untuk pemelihara pemula. Sebab, jika tidak memiliki pengalaman memelihara anjing sebelumnya, bisa saja malah pemiliknya nanti yang didominasi oleh anjing yang satu ini.

5. Giant Schnauzer 

Siap Menjaga Rumah dari Ancaman! Ini 7 Jenis Anjing Penjaga Terbaik Pixabay.com/jkdesign1983

Satu lagi anjing penjaga yang berasal dari Jerman. Sesuai dengan namanya, giant schnauzer yang dalam bahasa Jeman berarti 'kasar' atau 'galak', anjing yang satu ini tak menerima kehadiran orang maupun hewan asing sehingga mereka sangat cocok untuk dijadikan anjing penjaga.

Dilansir dari laman Pets World, alasan lain mengapa anjing yang satu ini cocok menjadi anjing penjaga dikarenakan oleh kekuatannya, baik secara fisik maupun mental. Ia juga sebenarnya cenderung pasif, namun ia baru akan menggonggong atau agresif jika mendeteksi kehadiran penyusup di sekitarnya.

Nah, yang perlu diperhatikan dalam memelihara anjing ini adalah pemilik perlu untuk menyalurkan energi giant schnauzer lewat olahraga atau jalan-jalan. Sebab, mereka sangat energik dan harus dilatih secara rutin agar semakin menurut pada pemiliknya.

6. Bullmastiff 

Siap Menjaga Rumah dari Ancaman! Ini 7 Jenis Anjing Penjaga Terbaik Pixabay.com/itent

Bullmastif sebenarnya merupakan anjing yang sangat loyal dan sangat menyayangi pemilik beserta keluarganya. Akan tetapi, anjing asal Inggris ini juga bisa menjadi anjing penjaga yang baik jika pemilik butuh keamanan di rumahnya.

Dikutip dari laman Pets World, bullmastif memang dikenal sebagai jenis anjing 'all in one'. Sebab, mereka memiliki kecerdasan, kekuatan fisik, hingga tempramen yang cenderung ramah bagi orang yang sudah dikenal, namun juga protektif terhadap segala ancaman yang mungkin mendekat.

Uniknya, ada cara khusus dalam melatih anjing ini. Mereka cenderung akan cepat bosan atau tidak suka jika metode pelatihan diulang secara terus-menerus. Oleh sebab itu, pemilik dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam melatih anjing ini agar sifatnya tersebut tidak muncul.

7. Rottweiler 

Siap Menjaga Rumah dari Ancaman! Ini 7 Jenis Anjing Penjaga Terbaik Pixabay.com/mar_qs

Rottweiler dahulu dikembangbiakkan sebagai anjing penjaga kastil. Oleh sebab itu, anjing asal Jerman ini tentu sangat cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga. Mereka merupakan anjing yang sangat waspada pada pendatang. Bahkan, ia tak akan berhenti menggonggong pada orang asing sampai anjing ini benar-benar mengenalnya.

Menurut Cesar Milan dalam Cesars Ways, rottweiler diketahui sebagai penjaga yang tak kenal lelah. Selain itu, mereka juga termasuk anjing yang cerdas, mudah mengerti dengan berbagai perintah yang diajarkan, dan sangat loyal pada pemiliknya.

Sama seperti anjing penjaga lain, mereka juga perlu dilatih secara rutin dan diajak berkenalan dengan orang di sekelilingnya agar sifat 'waspada' anjing ini tidak muncul setiap saat.

Jika kamu tertarik memelihara mereka, perlu diperhatikan dalam memelihara mereka perlu perhatian lebih. Selain itu, anjing-anjing ini perlu juga dikenalkan pada orang sekeliling agar tidak mengganggu.

Mana, nih, anjing penjaga favoritmu berdasarkan daftar ini? Yuk berikan pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: Anjing 101: 7 Variasi Makanan untuk Anjing Kesayangan, Biar Gak Bosan!

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya