Comscore Tracker

5 Konflik di Perbatasan Antarnegara yang Masih Berlangsung Saat Ini

Termasuk konflik di Crimea, Ukraina

Selama masa pandemi COVID-19 seperti ini, hampir semua negara fokus dalam penanganan pencegahan penyebaran virus dan program vaksinasi. Sayangnya, terdapat beberapa negara yang masih terlibat konflik dengan negara lain di perbatasan masing-masing. Tak sedikit pula korban jiwa yang berjatuhan akibat konflik di perbatasan yang sedang terjadi itu. 

Pastinya konflik tersebut juga membuat negara-negara yang bersangkutan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Berikut 5 konflik di perbatasan antarnegara yang masih berlangsung saat ini. 

1. Konflik Ethiopia-Sudan

5 Konflik di Perbatasan Antarnegara yang Masih Berlangsung Saat Inipotret militer Sudan (arabobserver.com)

Ethiopia dan Sudan merupakan negara yang jaraknya saling berdekatan. Daerah Al-Fashaga merupakan wilayah Sudan yang menjadi perbatasan antara kedua negara tersebut. Pada tahun 2008, ketegangan mulai terjadi saat Ethiopia mengklaim bahwa wilayah Al-Fashaga merupakan bagian dari negara Ethiopia.

Negosiasi antara kedua negara tersebut terjadi sejak saat itu dan menghasilkan keputusan bahwa para petani dan pasukan dari etnis Amhara dari Ethiopia dapat menempati titik-titik wilayah yang tak berpenghuni sebelumnya. Seperti yang diketahui, Ethiopia juga mengalami Perang Tigray yang menewaskan cukup banyak masyarakat yang ada di wilayah Tigray. Mengetahui keterlibatan etnis Amhara dalam membantu Pemerintah Ethiopia dalam Perang Tigray, Sudan mengusir para petani dan masyarakat Amhara dari wilayah Al-Fashaga. 

Sejak Desember 2020, ketegangan antara kedua pasukan militer negara tak dapat dihindari dan pertikaian pun terjadi dan setidaknya sudah ada 4 pasukan Sudan yang tewas akibat konflik ini. Di sisi lain, Sudan juga mengklaim telah menangkap salah satu seorang tentara Ethiopia. Hingga saat ini, belum ada gencatan senjata yang disepakati oleh kedua belah pihak.

2. Konflik Tiongkok-India

5 Konflik di Perbatasan Antarnegara yang Masih Berlangsung Saat Inipotret pasukan Tiongkok di Lembah Galwan (chanakyaforum.com)

Pada pertengahan tahun lalu, ketegangan hubungan antara India dan Tiongkok tak dapat dihindari. Keduanya sama-sama mengerahkan pasukan mereka di sekitar wilayah Ladakh yang merupakan perbatasan antarnegara India dan Tiongkok. Keduanya sama-sama menuduh pihak lain telah melakukan provokasi dengan melepaskan tembakan udara dan melanggar protokol keamanan di sepanjang perbatasan. 

Kedua belah pihak diketahui saling baku tembak dan saling melemparkan batu-batu di wilayah Sikkim dan beberapa minggu kemudian diikuti oleh bentrokan yang terjadi di Lembah Galwan. Pihak India mengklaim terdapat 20 tentaranya yang tewas akibat bentrokan yang terjadi di Lembah Galwan. Di sisi lain, tentara Tiongkok yang tewas akibat bentrokan tersebut diperkirakan mencapai 5--19 orang.

Konflik antara India dan Tiongkok menjadi perhatian banyak negara mengingat keduanya merupakan negara dengan pasukan militer yang sangat kuat. Sejauh ini, belum ada mediasi yang menghasilkan keputusan untuk saling berdamai antara kedua negara tersebut.

Baca Juga: Konflik di Ethiopia, Ratusan Penduduk Sipil Dibunuh Milisi Afar

3. Konflik Kirgizstan dan Tajikistan

5 Konflik di Perbatasan Antarnegara yang Masih Berlangsung Saat Inipotret bangunan yang runtuh akibat konflik Kirgizstan-Tajikistan (insider-voice.com)

Dapat dikatakan konflik Kirgiztan dan Tajikistan merupakan konflik perbatasan yang terbaru. Konflik diawali dengan aksi beberapa penduduk yang memasang kamera pengawas di sebuah fasilitas air. Alhasil, konflik tersebut memicu kedua penduduk desa yang saling berbatasan untuk saling melemparkan batu sebab fasilitas air tersebut merupakan akses vital bagi penduduk desa di kedau negara yang terlibat. 

Awalnya, kedua belah pihak sepakat melakukan gencatan senjata. Namun, situasi kembali memanas antara kedua penduduk negara tersebut dan bahkan sempat melibatkan pasukan militer. Pada akhir April 2021, kedua negara sepakat melaksanakan gencatan senjata kembali.

4. Konflik Ukraina-Rusia

5 Konflik di Perbatasan Antarnegara yang Masih Berlangsung Saat Inipotret pasukan Rusia di Crimea, Ukraina (pri.org)

Hubungan diplomasi antara Ukraina dengan Rusia memang sedang tak harmonis sejak tahun 2014 lalu. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh pasukan Rusia yang secara tiba-tiba mengambil alih wilayah Crimea setelah adanya protes besar-besaran di wilayah tersebut terhadap mantan Presiden Viktor Yanukovych. Sempat mengelak tidak mengerahkan tentaranya di Crimea, Dewan Federasi Rusia menyetujui resolusi dari Presiden Vladimir Putin untuk mengerahkan tentaranya di wilayah Ukraina. 

Sejak saat itu, pertempuran tak dapat dihindari lagi di wilayah tersebut. Di pihak Ukraina, terdapat lebih dari 5600 orang yang tewas akibat Konflik Crimea. Di sisi lain, di pihak Rusia, diketahui terdapat lebih dari 4400 orang tewas yang disebabkan oleh konflik tersebut. 

Meskipun begitu, dalam sebuah survei yang melibatkan 800 responden, terdapat 82 persen penduduk Crimea yang menyatakan sepakat menjadi bagian dari Rusia dilansir UNIAN Information Agency. Disisi lain, hanya ada 4 persen yang menyatakan menolak aneksasi yang dilakukan Rusia, sedangkan 11 persen lainnya menyatakan cenderung mendukung aneksasi Crimea oleh Rusia.

5. Konflik Azerbaijan-Armenia

5 Konflik di Perbatasan Antarnegara yang Masih Berlangsung Saat Inipotret sebuah roket di Tovuz (moderndiplomacy.eu)

Konflik Azerbaijan dengan Armenia di perbatasan negara mereka sebenarnya berlangsung pada 12--16 Juli 2020. Pertempuran terjadi di beberapa titik, yaitu Tovuz, Chambarak, dan Gadabay. Kedua negara tersebut saling menuduh pihak sebelah telah melanggar ketentuan dengan memasuki wilayah mereka.

Sebelumnya, hubungan Azerbaijan dengan Armenia sempat memanas dengan adanya konflik yang terjadi di Nagorno-Karabakh. Pihak Armenia mengklaim terdapat lima tentaranya yang tewas walaupun Azerbaijan menyatakan korban dari Armenia seharusnya lebih banyak. Azerbaijan menyatakan terdapat 13 orang yang tewas dan salah satunya merupakan warga sipil.

 

Nah, itu dia 5 konflik di perbatasan antarnegara yang sedang berlangsung. Ada juga konflik Armenia-Azerbaijan di perbatasan Tovuz yang sudah berakhir walaupun belakangan ini ketegangan di Nagorno-Karabakh masih belum bisa diselesaikan. Semoga kelima hubungan antara negara-negara di atas cepat membaik ya demi adanya perdamaian dunia.

Baca Juga: Ratusan Migran Afrika Panjat Pagar di Perbatasan Melilla

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya