Comscore Tracker

Lahir 15 Februari, 5 Fakta tentang Galileo Galilei

Selamat ulang tahun, Galileo!

Bagi kamu pecinta dunia science, pastinya kamu tak asing dengan nama Galileo Galilei. Dia merupakan ilmuwan terkemuka di bidang matematika, fisika, astronomi, hingga filsafat. Pria yang lahir pada 15 Februari 1564 ini telah menemukan banyak sekali teori dan penemuan ilmiah baru. Beberapa yang paling terkenal ialah Hukum Gerak, penyempurnaan teleskop, dan berbagai pengamatan astronomi yang terkemuka. Berikut 5 fakta menarik mengenai Galileo Galei yang harus kamu ketahui.

1. Galileo merupakan mahasiswa drop out dari universitasnya

Lahir 15 Februari, 5 Fakta tentang Galileo Galileisutori.com

Di balik kehebatannya dalam science, ternyata Galileo merupakan mahasiswa yang terkena drop out dari universitasnya, Universitas Pisa. Setelah lulus sekolah wajib, dia mendaftar dan masuk di jurusan kedokteran di Universitas Pisa atas dorongan ayahnya. Saat kuliah, dia sangat tertarik terhadap matematika.

Dia memutuskan untuk meninggalkan kuliahnya pada 1585 dan memilih untuk belajar sendiri sambil memberikan les privat khusus matematika. Menariknya dia kembali ke Univeristas Pisa bukan untuk belajar, melainkan mengajar mata kuliah matematika di sana. 

2. Galileo merupakan seorang yang tidak suka diatur

Lahir 15 Februari, 5 Fakta tentang Galileo Galileiphysicistsinfo.com

Saat dia menjadi profesor muda di Universitas Pisa, Galileo mempunyai citra seseorang yang sangat keras kepala. Hal ini dapat dilihat dari ketika dia diminta untuk selalu mengenakan jubah formal saat mengajar, dia menolaknya karena dia merasa hal tersebut terlalu mewah. Saat mengajar, dia hanya menggunakan pakaian biasa yang tebal. Hal tersebut mengakibatkan pengurangan terhadap gajinya. 

3. Galileo tidak pernah menikah

Lahir 15 Februari, 5 Fakta tentang Galileo Galilei2yamaha.com

Seumur hidup Galileo, dia tidak pernah menikah. Namun, bukan berarti dia menghabiskan hidupnya dengan kesendirian ya. Dia sangat dekat dengan seorang wanita bernama Marina Gamba.

Hubungan mereka tersebut telah menghasilkan 2 anak perempuan dan seorang laki-laki. Anak perempuannya sendiri bernama Virginia dan Livia. Sedangkan anak laki-lakinya bernama Vincenzo. 

Baca Juga: Mirip Manusia, Ini 5 Macam Kepribadian Kucing Menurut Ilmuwan

4. Galileo lahir dari seorang musisi ternama

Lahir 15 Februari, 5 Fakta tentang Galileo Galileialchetron.com

Ayah dari Galileo Galei, Vincenzo Galilei, merupakan musisi ternama pada zamannya. Dia merupakan musisi profesional dan guru musik di Italia. Bahkan, karyanga pun dapat dinikmati hingga saat ini, salah satunya Galilei: The Well-tempered Lute - Tones I-IV. Saat muda, Galileo mempelajari musik bersama ayahnya sebelum pada akhirnya dia memutuskan menjadi ilmuwan. 

5. Gereja Vatikan mengakui terdapat kesalahan penghukuman Galileo pada 1992

Lahir 15 Februari, 5 Fakta tentang Galileo Galileitheconversation.com/AlikKeplicz

Karena mendukung teori Copernicus, Galileo ditentang oleh berbagai pihak termasuk Gereja Vatikan. Ia menulis tentang teori tersebut dalam sebuah buku yang berjudul 'Dialogue Concerning of Two Chief World System'  yang membuat ia menerima hukuman tahanan rumah seumur hidup. Galileo Galilei akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada 8 Januari 1642 setelah sebelumnya mengalami kebutaan.

359 tahun setelah Galileo dihukum, Pope John Paul II membuka investigasi mengenai kasus Galileo. Setelah ditelusuri begitu mendalam, ternyata terdapat kesalahan yang seharusnya Galileo tidak dihukum. Pope sendiri membuat permintaan maaf secara formal atas insiden tersebut pada tahun 1992. 

Nah, itu dia 5 fakta menarik mengenai Galileo Galei. Ternyata penemuan dan konstribusi Galileo dalam ilmu science membutuhkan pengorbanan ya. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. 

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Galileo Galilei, Bapak Sains Modern

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya