Comscore Tracker

Mengenal 5 Penduduk Asli Tertua yang Ada di Benua Amerika

Mulai dari Clovis hingga Arikara!

Dalam sejarahnya, sebagian penduduk yang ada di Benua Amerika saat ini merupakan pendatang dari berbagai daerah, mulai dari Eropa, Afrika, dan hingga Asia. Benua Amerika sendiri sebenarnya memiliki penduduk asli yang tersebar di berbagai wilayah di sana. Sayangnya, beberapa kelompok penduduk asli di antaranya sudah ada yang punah. 

Sejauh ini, terdapat beberapa penduduk asli Benua Amerika yang dinobatkan sebagai penduduk asli tertua di benua tersebut. Berikut 5 penduduk asli tertua yang ada di Benua Amerika yang wajib kamu tahu. 

1. Clovis

Mengenal 5 Penduduk Asli Tertua yang Ada di Benua Amerikailustrasi masyarakat Clovis (dailymail.co.uk)

Masyarakat Clovis dikenal sebagai masyarakat tertua yang ada di Benua Afrika. Diperkirakan mereka sudah tinggal di dataran Amerika pada 11.500 sebelum masehi(SM). Masyarakat Clovis dipercaya telah menetap di wilayah-wilayah yang saat ini menjadi bagian dari negara Amerika Serikat, Meksiko, dan negara-negara di Amerika bagian tengah.

Masyarakat Clovis sendiri dipercaya sebagai penduduk asli tertua yang pernah menduduki Benua Amerika. Berbagai peninggalan budaya masyarakat Clovis ditemukan pada tahun 1930-an di wilayah Meksiko dan Amerika bagian tengah.

Meskipun begitu, terdapat dugaan bahwa masyarakat Clovis bukan merupakan penduduk tertua yang ada di benua tersebut. Dilansir National Geographic, terdapat sekelompok peduduk yang bermigrasi dari Asia ke Amerika Selatan dan diduga telah datang sebelum masyarakat Clovis berada di Benua Amerika. 

2. Pueblo

Mengenal 5 Penduduk Asli Tertua yang Ada di Benua Amerikailustrasi masyarakat Pueblo (nativeamericannetroots.net)

Masyarakat Pueblo diyakini sebagai salah satu penduduk asli tertua di Benua Amerika. Masyarakat Pueblo diyakini sebagai leluhur beberapa suku asli yang ada di wilayah tersebut.

Penduduk ini diyakini sudah ada di Benua Amerika sejak 10.000 sebelum masehi (SM). Kebanyakan dari masyarakat Pueblo menetap di bagian selatan Benua Amerika.

Sebagian dari mereka melakukan aktivitas yang berkaitan dengan pertanian dan membuat rumah mereka dari tanah liat. Beberapa suku yang diyakini merupakan lanjutan dari leluhur Puebloans ialah Hopi, Zuni, Acoma, dan Laguna. 

Baca Juga: Pionir, 8 Orang Ini Sudah 'Menginjak' Benua Amerika Sebelum Columbus

3. Zuni

Mengenal 5 Penduduk Asli Tertua yang Ada di Benua Amerikapotret masyarakat Zuni (nhonews.com)

Masyarakat Zuni merupakan penduduk asli negara bagian New Mexico, Amerika Serikat. Masyarakat Zuni diyakini sudah ada di wilayah tersebut pada 2500 sebelum masehi(SM).

Mereka mempunyai bahasa tersendiri dalam berkomunikasi, yaitu bahasa Penuti. Masyarakat Zuni kebanyakan melakukan aktivitas pertanian berupa jagung, labu, dan kacang polong.

Hingga saat ini, masyarakat Zuni masih eksis dan memilih untuk hanya mengambil sebagian kemajuan teknologi yang ada di Amerika Serikat. Dapat dikatakan mereka masih menjaga kebudayaan para leluhur mereka di samping perkembangan teknologi yang begitu pesat dari waktu ke waktu. 

4. Yokut

Mengenal 5 Penduduk Asli Tertua yang Ada di Benua Amerikailustrasi suku Yokut (tachi-yokut-nsn.gov)

Masyarakat Suku Indian yang ada di San Joaquin Valley biasa disebut dengan Yokut. Sebenarnya belum diketahui secara pasti sejak kapan masyarakat tersebut menetap di Amerika walau banyak yang meyakini suku tersebut merupakan salah satu yang tertua di benua tersebut. Masyarakat Yokut mengandalkan berburu hewan dan mengumpulkan makanan secara alami untuk bertahan hidup. 

Pakaian yang mereka gunakan juga bahan-bahan tradisional, termasuk ikat kepala dan gelang khas suku tersebut. Suku Yokut sendiri juga dapat disebut dengan Tachi-Yokut. Hingga saat ini, budaya-budaya dari suku tersebut masih dilestarikan oleh pemerintah setempat demi mengenang jasa para leluhur mereka. 

5. Arikara

Mengenal 5 Penduduk Asli Tertua yang Ada di Benua Amerikailustrasi suku Arikara (centerofthewest.org)

Ada juga suku Arikara yang dipercaya sebagai salah satu suku tertua di Benua Amerika. Suku ini berasal dari rumpun yang sama dengan beberapa suku lainnya di Amerika bagian utara seperti Cheyenne, Apache, Mandan, Osage Nation, hingga Pawnee. Layaknya masyarakat zaman dahulu, suku Arikara menetap di bangunan yang terbuat dari tanah liat dan gemar bertani jagung, labu, bijian-bijian, dan tembakau. 

Suku tersebut memiliki pembagian tugas dalam kesehariannya, yaitu perempuan di sana bertugas untuk bertani, membuat pakaian, menyimpan makanan, menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan ritual. Sedangkan para laki-laki melakukan aktivitas berburu kerbau dan rusa serta menjaga pertahanan wilayah. 

 

Nah, itu dia 5 penduduk asli tertua yang ada di Benua Amerika. Sejauh ini, terdapat keturunan dari leluhur penduduk asli tersebut di beberapa wilayah di Benua Amerika walaupun jumlahnya tak terlalu signifikan. Ada juga penduduk asli Benua Amerika yang diyakini sudah punah dari muka bumi ini. 

Baca Juga: 7 Fakta Benua-Benua di Muka Bumi, Bagaimana Sejarahnya?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya