Comscore Tracker

7 Fakta Tentang Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui Orang

Hewan beracun nomor dua di dunia nih!

Kamu pasti tahu ikan buntal kan? Iya, ikan yang bisa mengembang itu lho. Ikan Buntal termasuk sekian dari puluhan ribu jenis ikan yang bisa kita jumpai di lautan. Ikan ini awalnya mungkin terlihat biasa-biasa saja. Tapi, jangan coba-coba ganggu deh. Bila terancam ikan ini dapat mengembangkan diri dan mengeluarkan racun mematikan lho. 

Duh, jadi penasaran kan tentang ikan buntal ini? Daripada penasaran, simak yuk 7 fakta ikan buntal yang masih belum banyak diketahui.

1. Ada lebih dari 100 spesies ikan buntal

7 Fakta Tentang Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui Orangthestar.com.my

Ikan Buntal adalah ikan yang termasuk dalam famili Tetraodontidae. Ikan ini dapat ditemukan di perairan air asin maupun air tawar, seperti samudra Pasifik, laut merah, sungai Mekong dan sungai Amazon. Ciri-ciri ikan ini adalah memiliki tubuh yang panjang dan meruncing, kepala bundar, bibir menonjol dan perut besar.

Ikan ini tidak memiliki sisik, namun beberapa memiliki duri. Ikan ini memiliki kemampuan mengubah arah saat berenang dan bahkan berenang mundur

2. Bisa tumbuh hingga mencapai panjang empat kaki

7 Fakta Tentang Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui Orangsouthafrica.co.za

Ikan Buntal terbesar diketahui bisa tumbuh hingga mencapai panjang empat kaki atau sekitar 47 inci. Panjang mereka juga diketahui bisa melebihi bayi buaya. Ikan dengan panjang ini banyak ditemukan di Australia, Jepang dan Afrika.

Sementara itu, ukuran terkecil ikan ini adalah kurang dari satu inci dan ditemukan di sekitar India Barat Daya. Meskipun ukurannya kerdil, tetapi mereka memiliki kemampuan menonjol yaitu, mereka bisa memilih untuk menjadi jantan atau betina lho.

3. Memiliki kemampuan menggembungkan diri tiga kali ukuran tubuh jika dalam keadaan terancam

7 Fakta Tentang Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui Orangpinterest.cl

Karena ikan buntal bergerak lambat dan berwarna cerah, ini membuat predator lain bisa dengan mudah memakannya. Untuk mengatasi hal tersebut, ikan buntal akan menggembungkan diri dengan mengambil udara dari perut tiga kali lebih besar dari ukuran tubuhnya dan menonjolkan duri-duri sehingga tidak menjadi santapan predator.

Inilah mengapa ikan ini disebut ikan buntal atau dalam bahasa Inggrisnya puffer fish, blowfish, baloonfish, globefish atau toadfish.

Baca Juga: 7 Hewan yang Punya Julukan Sebagai Living Fossil, Apa Saja?

4. Salah satu hewan paling beracun di dunia

7 Fakta Tentang Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui Orangawesomeocean.com

Ya, ikan buntal merupakan hewan beracun. Ketika dalam keadaan terancam, ikan buntal menggembungkan diri dan melepaskan racun dari kulit yang dikenal sebagai Tetrodotoxin atau TTX, bahan kimia yang 100 kali lebih beracun dari sianida.

Selain itu, ikan buntal juga dapat mengeluarkan cukup racun dalam hatinya yang mampu menewaskan 30 orang dewasa. Siapa saja yang terkena racun ini dapat mengalami mati rasa, kelumpuhan otot, pusing, gagal jantung, hingga kematian.

Gak heran, kalau hewan ini disebut sebagai hewan paling beracun kedua di dunia. Wow!

5. Ikan buntal dapat membangun sarang

7 Fakta Tentang Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui Orangblog.nationalgeographic.org

Ikan buntal yang berbintik putih ternyata memiliki kebiasaan unik, yaitu membangun sarang. Ikan buntal jantan membuat sarang di pasir berbentuk bulat dan berdiameter enam kaki.

Tujuan mereka membuat sarang adalah untuk menarik perhatian ikan betina. Biasanya kalau ikan betina berkesan, mereka akan meletakkan telur mereka dalam sarang tersebut sehingga si jantan dapat membuahinya. 

Selain itu, ikan buntal jantan yang lain juga membuat sarang dengan tujuan berbeda. Mereka membuat sarang dari sperma mereka demi melindungi diri dari pemangsa. Bau sperma yang busuk membuat pemangsa enggan untuk mendekat. Lucu ya!

6. Gigi ikan buntal terus mengalami pertumbuhan

7 Fakta Tentang Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui Orangpracticalfishkeeping.co.uk

Ikan buntal sejatinya memiliki empat gigi. Dua di bagian atas dan dua di bagian bawah. Keduanya menyatu sehingga terlihat seperti satu gigi besar sehingga terlihat seperti tikus. Pada faktanya, gigi ikan buntal ini terus mengalami pertumbuhan, sehingga untuk menjaganya tetap pendek, mereka menggunakan gigi mereka untuk membuka kerang, memakan karang atau alga, serta ikan-ikan di dasar lautan.

7. Ikan buntal merupakan makan lezat di Jepang

7 Fakta Tentang Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui Orangtrip-n-travel.com

Meskipun beracun, ikan buntal termasuk salah satu hidangan lezat di Jepang lho. Hidangan yang terbuat dari ikan ini disebut Fugu. Tetapi, hidangan ini hanya boleh dibuat oleh koki-koki terlatih yang memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun, karena mereka harus mengeluarkan organ beracun dan memasak ikan ini dengan benar agar tidak meracuni pelanggan. 

Meskipun termasuk ikan yang punya racun mematikan, ikan ini tetap bisa dikonsumsi lho. Tapi, tetap diingat bahwa mengelola ikan ini harus memiliki teknik khusus biar tidak menimbulkan kematian.

Baca Juga: Lucu Banget, 7 Spesies Hewan Ini Bisa Tertawa dan Punya Selera Humor

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya