Comscore Tracker

Kenapa Banyak Orang Kebelet Pup di Toko Buku? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Bukan cuma kamu yang merasakan

Baru-baru ini beredar sebuah konten di media sosial yang menyatakan bahwa sang pembuat konten selalu merasa kebelet pup (buang air besar) jika berada di toko buku. Ternyata, konten ini menjadi viral karena ada banyak sekali orang yang juga merasakannya. Bisa jadi relate juga sama kamu, ya.

Menindaklanjuti ini, banyak orang akhirnya mempertanyakan alasannya. Ternyata, ada kok penjelasan ilmiahnya. Untuk kamu-kamu yang penasaran kenapa bisa merasa kebelet pup di toko buku atau penasaran kenapa banyak orang yang merasakannya, baca selengkapnya di sini!

1. Sebelumnya, kamu perlu tahu soal apa itu pup atau kotoran manusia

Kenapa Banyak Orang Kebelet Pup di Toko Buku? Ini Penjelasan Ilmiahnyafreepik.com/elenashashkina

Dilansir Medical News Today, kotoran manusia atau pup adalah sisa makanan yang telah difermentasi oleh bakteri di dalam usus, yang tidak dapat dicerna dan diserap oleh tubuh. Sebanyak 75 persen kandungan pup adalah air. Kandungan terbanyak kedua adalah bakteri, baik masih hidup maupun mati. Proporsinya sebanyak 25—54 persen dari berat kering pup. Udah, gak usah dibayangkan.

Sisanya? Banyak komponen-komponen kecil dari pup lainnya, di antarnya karbohidrat, serat, protein, lemak, dan sel-sel epithelial yang terbawa dari dinding-dinding saluran pencernaanmu. Selain itu, jika kamu tak sengaja menelan sesuatu yang tidak bisa dicerna, harapannya itu juga bisa ikut keluar melalui pup kamu. Kalau keluar, baguslah. Kalau tidak, cari bantuan medis profesional.

2. Rasa kebelet pup merupakan bentuk fungsi tubuh yang dinamakan refleks defekasi

Kenapa Banyak Orang Kebelet Pup di Toko Buku? Ini Penjelasan Ilmiahnyafreepik.com/drobotdean

Dilansir Healthline, setiap orang memerlukan refleks defekasi untuk bisa buang air besar. Memang ada kondisi di mana refleks defekasi ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, misalnya selalu kebelet setiap saat, rasa kebelet yang cepat hilang atau kebelet banget, tapi yang keluar cuma sedikit. Kalaupun refleks defekasi tidak berfungsi normal dan terjadi sering, kamu perlu memeriksakannya ke dokter.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Diet Bisa Bikin Kamu Susah Buang Air Besar

3. Kerja refleks defekasi penting untuk membuatmu lancar buang air besar sehingga kenali cara kerjanya

Kenapa Banyak Orang Kebelet Pup di Toko Buku? Ini Penjelasan Ilmiahnyafreepik.com/user7350813

Refleks defekasi memicu dua bagian utama di sekitar rektum atau saluran anus, yaitu otot yang tak dapat dikontrol dan otot yang bisa kamu kendalikan. Jika refleks defekasi sudah dipacu, kamu bisa memilih untuk menunda atau meneruskan pup. Jika kamu memutuskan untuk menunda, ada otot di anus yang menyebabkan feses bergerak sedikit ke belakang. Kalau kamu memilih untuk buang air besar, otak kamu akan mengaktifkan semua otot untuk menggerakkan kotoran ke depan hingga keluar dari tubuh kamu.

4. Rasa kebelet pup tiba-tiba di toko buku sudah ada istilahnya, lho. Namanya fenomena Mariko Aoki dan ini terjadi di seluruh dunia

Istilah fenomena Mariko Aoki sudah sangat populer di Jepang dan beberapa penelitian di sana memang khusus mencari tahu soal ini. Dilansir Mental Floss, berdasarkan penelitian yang dilakukan di seluruh bagian Jepang, fenomena ini menyerang 2—4 kali lebih parah pada perempuan dibandingkan laki-laki.

Para peneliti menduga bahwa para karyawan toko buku sudah terbentuk imunitasnya—berdasarkan pengalaman di toko—sehingga mayoritas tidak merasakannya. Beberapa kasus juga tercatat telah terjadi pada anak-anak. Meskipun begitu, tanpa adanya riset dalam skala yang lebih besar, teori ini belum bisa dipatenkan secara ilmiah.

5. Dugaan terkuat sejauh ini, fenomena Mariko Aoki disebabkan oleh reaksi kimia dari buku

Kenapa Banyak Orang Kebelet Pup di Toko Buku? Ini Penjelasan Ilmiahnyafreepik.com/poringdown

Dilansir News Lagoon, salah satu hipotesis fenomena ini—yang dianggap terkuat—adalah adanya kandungan dalam buku yang memicu rasa kebelet. Diduga, banyak buku menggunakan tinta atau kertas yang mengandung bahan yang setara dengan agen laksatif (obat untuk mengeluarkan tinja dari saluran pencernaan) alias pencahar.

Sementara itu, untuk penelitian-penelitian yang berbeda, terkumpul beberapa dugaan penyebab rasa kebelet di toko buku:

  • Sebuah studi mengungkap bahwa kebiasaan beberapa orang yang membaca sambil buang air besar bikin mengondisikan badan kita untuk kebelet saat buka buka.
  • Studi lainnya lagi menyatakan bahwa gerakan membungkuk, jongkok, atau berusaha menjangkau buku bisa memicu pergerakan di ususmu.
  • Ada studi lagi yang menyatakan bahwa banyaknya informasi yang kita dapat saat membaca di toko buku mendorong rasa ingin segera buang air besar. Ada reaksi psikosomatis untuk “kabur” dari semua informasi tersebut.
  • Sebuah studi terpisah menduga musik membuat kita rileks di toko buku. Karena itu, otot-otot tubuh kita juga ikut rileks dan mendorong kotoran lebih dekat ke anus.

Itulah tadi beberapa riset yang pernah meneliti soal rasa kebelet pup di toko buku. Ada beberapa penyebab fenomena tersebut, yang tercatat dalam penelitian-penelitian berbeda. Beberapa penyebab memang diteliti secara terpisah, tapi bisa saling menguatkan dan berpotensi makin menyebabkan kamu kebelet. Yang mana yang paling terasa sesuai untuk bisa menjadi penyebab kebeletmu?

Baca Juga: Mulai dari Ringan Hingga Berat, Ini 12 Penyebab Sering Buang Air Besar

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya