Comscore Tracker

La Sagrada Familia, Katedral Artistik Penuh Sejarah di Barcelona

Arsitektur yang terus dibangun setelah ratusan tahun

Terletak di tengah Kota Barcelona dan dikunjungi jutaan orang, Sagrada Familia adalah sebuah masterpiece dari ide cemerlang seorang Antoni Gaudi. Bangunan dengan nama lengkap I Temple Expiatori de la Sagrada Familia adalah katedral Katolik Roma yang kaya akan sejarah lebih dari 100 tahun.

Entah kamu mengunjungi katedral ini sebagai tur arsitektural atau sebagai ziarah, Sagrada Familia pasti meninggalkan kesan takjub bagi pengunjungnya. Berikut ini adalah fakta-fakta hebat yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi tempat menawan ini.

1. Sang arsitek lebih dulu meninggal sebelum katedral selesai

La Sagrada Familia, Katedral Artistik Penuh Sejarah di Barcelonacommons.wikipedia.org

Pembangunan Sagrada Familia dimulai pada 1882 dan diharapkan selesai pada 2026 (144 tahun), itu artinya katedral ini akan menghabiskan waktu lima kali lebih lama dibandingkan membangun Piramida Mesir atau Taj Mahal. Sebagai perbandingan, Piramida Mesir dibangun dalam kurun waktu 20 tahun.

Ketika Gaudi meninggal pada 1926, hanya seperempat bangunan katedral yang telah selesai. Meski Gaudi telah mendedikasikan tahun-tahun terakhir hidupnya untuk fokus mengerjakan katedral ini, tapi ajal lebih dulu menjemputnya sebelum bangunan ini selesai.

2. Dana pembangunannya murni sumbangan

La Sagrada Familia, Katedral Artistik Penuh Sejarah di Barcelonainstagram.com/osman_roa

Katedral ini seluruhnya dibangun murni atas sumbangan. Hal itu yang menjadi alasan Gaudi ingin membangunnya sedikit demi sedikit, sehingga orang-orang dapat melihat bentuknya dan terinspirasi untuk menyumbang.

Proyek ini awalnya ditawarkan kepada Francisco Del Villar oleh Keuskupan Agung Barcelona. Dia membuat rancangannya, tapi setelah terjadi ketidakcocokan, dia melepaskannya proyek ini dan menyerahkannya pada Gaudi.

Baca Juga: Fakta & Sejarah Pisang Bolen Bandung yang Enaknya Bikin Ketagihan

3. Pernah berdiri sebuah sekolah di lokasi pembangunan

La Sagrada Familia, Katedral Artistik Penuh Sejarah di Barcelonainhabitat.com

Selama awal pembangunan Sagrada Familia, Gaudi membangun sebuah sekolah di lokasi pembangunan untuk anak-anak pekerja konstruksi, sementara ayah mereka menghabiskan siang dan malam membangun salah satu bangunan paling menakjubkan di seluruh Eropa. Dirancang pada 1909, sekolah tersebut sekarang menjadi bagian dari tur wisata Sagrada Familia.

4. Katedral yang terinspirasi simbol alam

La Sagrada Familia, Katedral Artistik Penuh Sejarah di Barcelonainstagram.com/antoni_gaudi

Ada banyak simbol alam dalam Sagrada Familia. Struktur interiornya ditopang oleh pilar besar yang terlihat seperti pohon. Setiap pilar dapat ditemui patung kura-kura di dasarnya, itu untuk menunjukkan bentuk keseimbangan antara daratan dan lautan.

Gaudi tidak menyukai garis lurus dan sudut karena tampilannya tampak tidak alami. Sehingga, ia memilih mendasarkan rancangannya pada bentuk melengkung agar tampak alami.

5. Pernah coba dihancurkan selama perang saudara Spanyol

La Sagrada Familia, Katedral Artistik Penuh Sejarah di Barcelonaeuronews.com

Pada 1936, di tengah berkecamuknya perang saudara Spanyol, sekelompok anarkis merangsek masuk ke dalam Sagrada Familia dan membakar bangunan serta rancangannya. Meski banyak material penting untuk pembangunan hilang, masih ada beberapa yang selamat. Selama periode sejarah ini, seluruh pembangunan katedral ini berjalan sangat lambat, karena alasan yang bisa diterima tentunya.

6. Tinggi katedralnya mengandung filosofi

La Sagrada Familia, Katedral Artistik Penuh Sejarah di Barcelonainstagram.com/alys_thomas

Ketika Sagrada Familia selesai, bangunan ini akan menjadi rumah ibadah tertinggi di seluruh Eropa. Pilar utama di bagian tengah tingginya akan mencapai 170 meter. Meski punya tinggi menakjubkan, Gaudi percaya bahwa tidak ada buatan manusia yang boleh lebih tinggi dari ciptaan Tuhan. Sehingga sengaja atau tidak, tinggi maksimal katedral ini akan satu meter lebih rendah dibanding Montjuic, sebuah gunung yang juga titik tertinggi di Kota Barcelona.

7. Sang arsitek dimakamkan di dalam katedral

La Sagrada Familia, Katedral Artistik Penuh Sejarah di Barcelonathevintagenews.com

Sagrada Familia adalah rumah peristirahatan terakhir Antoni Gaudi, yang secara tragis meninggal beberapa hari setelah tertabrak sebuah tram. Berlokasi di bagian bawah tanah katedral, pengunjung bisa datang melihat makamnya yang dikelilingi oleh empat kapel, masing-masing kapel didedikasikan untuk sosok yang berbeda.

Selain makam Gaudi, dalam Sagrada Familia juga dimakamkan Joseph Maria Bocabella, seorang penjual buku yang idenya dipakai Gaudi untuk membangun Sagrada Familia. Ia terinspirasi oleh gereja-gereja yang dilihatnya selama berkunjung ke Vatikan pada 1872.

8. Situs warisan dunia UNESCO

La Sagrada Familia, Katedral Artistik Penuh Sejarah di Barcelonainstagram.com/itsanoemithing

Menimbang jalan panjang untuk selesai, Sagrada Familia ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada 1984. Penetapan ini karena uniknya arsitektur dan kemampuan Gaudi menciptakan sesuatu yang inovatif dan artistik. Ini tidak mengejutkan, karena Sagrada Familia adalah salah satu diantara tujuh bangunan rancangan Gaudi yang masuk kategori tersebut.

Baca Juga: 7 Tokoh Paling Mengerikan dan Kejam Sepanjang Sejarah

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You