Comscore Tracker

7 Cara Kawin Serangga Ini Sempat Viral Menghebohkan Netizen, Awas Geli

Ada-ada aja nih dunia sains!

Netizen baru-baru ini dikejutkan lagi dengan penampakan serangga yang terlihat mengerikan. Banyak komentar yang dilontarkan melalui serangga yang berbentuk dan berperilaku aneh tersebut. Ternyata itu hanya serangga yang sedang ingin kawin. Sebelumnya, perilaku serangga ini sempat diabadikan juga oleh penduduk asal Kebumen, Jawa Tengah, sebagaimana tampak di video berikut:

Sebenarnya selain serangga tersebut, ada beberapa serangga yang cara kawinnya sempat menghebohkan netizen. Apa saja? Scroll down aja sampai habis, dilansir dari time.com, ini 7 di antaranya!

1. Belalang sembah (praying mantis)

7 Cara Kawin Serangga Ini Sempat Viral Menghebohkan Netizen, Awas Gelithoughtco.com

Bentuknya memang unik dan bisa langsung dikenali, tapi belalang sembah adalah salah satu serangga yang paling sadis karena kanibalisme yang dilakukannya.

Belalang sembah betina akan menyebarkan feromon untuk menarik perhatian pejantannya. Mereka kemudian akan melakukan perkawinan, dengan sebuah "pengorbanan" khusus. Belalang sembah betina akan memutus, mengunyah dan memakan kepala pejantannya selama atau setelah mereka kawin.

2. Kutu kasur (bedbugs)

7 Cara Kawin Serangga Ini Sempat Viral Menghebohkan Netizen, Awas Gelitheconversation.com

Kutu kasur memang terkenal kejam, mereka tanpa disadari menggigit dan menghisap darah manusia yang tidur di kasur tempat tinggal mereka. Teknik kawin mereka malah lebih sadis.

Kutu jantan akan menusuk betinanya di perut dengan alat kelamin yang diruncingkan, kemudian betinanya akan dibuahi melalui lubang yang dihasilkan tusukan tersebut.

Karena rendahnya fungsi otak kutu kasur, kutu pejantan ternyata gak bisa membedakan kelamin lawannya, sehingga ia pun akan menusuk sesama pejantan dan membuahinya begitu saja (tentunya tanpa hasil). Waduh!

3. Kumbang beri (Soapberry bugs)

7 Cara Kawin Serangga Ini Sempat Viral Menghebohkan Netizen, Awas Gelicontent.time.com

Kumbang beri betina itu tergolong langka dibandingkan pejantannya. Karenanya, pejantan akan benar-benar mengunci betinanya saat mereka mulai kawin. Kumbang jantan akan menusukkan kelaminnya ke bagian belakang betinanya dan akan terus begitu sampai 11 hari ke depan.

Bagi kebanyakan orang yang melihat, ini akan terlihat seperti kumbang kembar siam yang terhubung di bagian bawahnya, padahal mereka sedang kawin.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Kalau Gajah & Tikus Jatuh dari Gedung Tinggi?

4. Kunang-kunang (fireflies)

7 Cara Kawin Serangga Ini Sempat Viral Menghebohkan Netizen, Awas Gelithoughtco.com

Kunang-kunang dikenal indah dengan cahayanya yang ternyata merupakan cara pejantan untuk menarik perhatian betina.

Masalahnya, ada salah satu spesies kunang-kunang betina yang kejam: mereka akan meniru perilaku betina spesies kunang-kunang tertentu, membuat pejantan spesies tersebut mendekatinya, menangkap pejantan tersebut untuk mengawininya, kemudian memakannya.

Para ahli mengatakan bahwa sperma dari kunang-kunang jantan tersebut yang menarik betina spesies khusus untuk memakannya.

5. Lebah madu (honeybees)

7 Cara Kawin Serangga Ini Sempat Viral Menghebohkan Netizen, Awas Geliohbees.com

Dalam populasi lebah madu, pejantannya itu sangat banyak. Ribuan pejantan akan berlomba mengawini ratu lebah, tapi hanya beberapa yang berhasil.

Masalahnya, saat lebah pejantan selesai berkawin, penis dan jaringan perutnya akan tersobek dari tubuhnya. Gak lama kemudian ia akan tewas begitu saja. Perjuangan yang luar biasa untuk kawin ya.

6. Kecoa berderik (hissing cockroaches)

7 Cara Kawin Serangga Ini Sempat Viral Menghebohkan Netizen, Awas Geliislands.hmnh.harvard.edu

Kecoa berderik raksasa madagaskar ini adalah makhluk yang vulgar dan kasar. Pejantannya selalu mengeluarkan suara "geram" dan memaksa betinanya untuk kawin. Pejantannya mengawini betinanya dengan cara yang lebih mirip "memerkosa".

Pejantan akan mencengkram dan mendesak betina ke sebuah pojokan. Kebanyakan orang akan mengira mereka sedang berkelahi, padahal mereka sedang kawin. Namun sesama pejantannya memang dikenal saling kasar satu sama lain.

7. Ngengat (creatonos gangis)

7 Cara Kawin Serangga Ini Sempat Viral Menghebohkan Netizen, Awas Gelifacebook.com/gadik63

Seekor serangga mengejutkan netizen saat seorang pria asal Kebumen, Jawa Tengah, yaitu Heri Sukmana (27), mengunggah foto dan videonya di akun Facebooknya. Awalnya ia mengunggah hanya untuk menanyakan serangga apa itu dan kenapa tingkah laku serta bentuknya begitu mengerikan. Tak disangka ternyata unggahannya tersebut menjadi viral di seluruh dunia.

Kemudian, penampakan serangga ini menjadi viral kembali karena ada orang lain yang juga mengabadikannya, kemudian menghebohkan kalangan netizen yang belum tahu tentang ini atau tidak mencari tahu tentangnya di kejadian sebelumnya. Tenang aja, cuma serangga mau kawin kok.

https://www.youtube.com/embed/Obbp5FR7YI4

Ternyata serangga tersebut merupakan ngengat creatonos gangis jantan yang sedang ingin kawin. Bagian tubuh yang panjang menjulur berbulu itu merukapan coremata yang isinya feromon, menurut Hari Sutrisno, peneliti ngengat LIPI, kepada BBC Indonesia.

Kita sebenarnya biasa melihat ngengat ini, tapi terkesan aneh karena jarang sekali ada yang berhasil mengabadikannya dalam kondisi mengeluarkan coremata, karena sedang ingin kawin. Sering kali mereka melakukannya di saat lingkungannya terjamin aman.

Dengan begitu, "beruntung" bagi kamu yang berkesempatan mengabadikan momen rahasia ini, atau tidak beruntung jika tidak tahu serangga ini sedang apa, yang menyebabkan kamu ketakutan akibat berspekulasi macam-macam.

Menurutmu serangga mana yang paling mengerikan atau cara kawinnya paling aneh? Pernahkah kamu melihat aktivitas kawin mereka secara langsung? Ternyata memang banyak yang sadis ya! Beruntunglah kita terlahir sebagai manusia, jadi gak harus merasakan proses kawin yang brutal seperti itu.

Baca Juga: Sudahkah Kamu Tahu? Ini 10 Serangga yang Paling Dibenci di Dunia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You