Comscore Tracker

5 Tempat di Luar Angkasa dengan Mineral Berharga, Ada Emas dan Berlian

Gak cuma Bumi yang punya!

Sering kali, kita berpendapat bahwa Bumi merupakan satu-satunya planet yang kaya akan hasil alam. Namun, selain Bumi, ternyata ada mineral berharga di luar angkasa, lho! Inilah lima tempat di luar angkasa yang memiliki mineral berharga.

1. Planet 55 Cancri-e

5 Tempat di Luar Angkasa dengan Mineral Berharga, Ada Emas dan Berlianyale.edu

Planet 55 Cancri-e merupakan planet yang dekat dengan Bumi. Dari situs Yale, radius dari planet ini dua kali lipat dari Bumi. Planet 55 Cancri-e memiliki massa sebesar delapan kali dari Bumi. Selain itu, Planet 55 Cancri-e ini memiliki orbit 18 jam berbeda dengan Bumi 365 hari. 

Planet ini memiliki jarak 40 tahun cahaya atau 230 triliun mil dari Bumi. Karena struktur karbon yang sangat tinggi dan panas yang mencapai 2148.889 Celsius, tak heran bila Planet 55 Cancri-e memiliki kandungan berlian. 

2. Hujan berlian eksoplanet!

5 Tempat di Luar Angkasa dengan Mineral Berharga, Ada Emas dan Berliansmithsonianmag.com

Eksoplanet adalah planet yang terletak di luar tata surya. Eksoplanet sendiri diprediksikan memiliki hujan berlian. 

Berdasarkan laman Smithsonian Magazine, terdapat hujan berlian pada Neptunus dan Uranus. Hal ini juga karena suhu yang terdapat di kedua planet sangat panas sehingga pembentukan berlian pada Planet Neptunus dan Uranus bisa terjadi. 

Saturnus dan Jupiter adalah planet yang memiliki hujan berlian menurut laman BBC. Namun, penelitian masih dilakukan karena Saturnus adalah planet yang kaya akan gas helium dan hidrogen.

Baca Juga: Suka Dengan Ruang Angkasa? 7 Aplikasi Ini Wajib Kamu Instal!

3. BPM 37093 atau Lucy

5 Tempat di Luar Angkasa dengan Mineral Berharga, Ada Emas dan Berlianreddit.com

Lucy atau BPM 37093 digadang-gadang sebagai bintang termahal. Berdasarkan laman Futurism, BPM 37093 ini memiliki kandungan karbon dan oksigen yang cukup tinggi. Berdasarkan laman Space Today, BPM 37093 ini membentuk sebuah kristal padat di luar angkasa. 

Lucy sendiri memiliki diameter yang cukup mungil, yaitu 4.000 km. Selain itu, Lucy memiliki suhu yang panas, yaitu 6.600 Celsius. 

4. Tambang asteroid

5 Tempat di Luar Angkasa dengan Mineral Berharga, Ada Emas dan Berliandailystar.co.uk

Menurut laman Salon, di asteroid juga terdapat bahan mineral lainnya, seperti emas dan platinum. Seperti yang dikutip oleh CNBC, menambang melalui asteroid ini bisa terjadi. 

Menambang di asteroid luar angkasa dapat memberikan keuntungan setidaknya USD100 miliar (Rp1,4 kuadriliun) untuk setiap orang di Bumi. Namun, salah satu kendalanya ialah teknologi yang belum bisa digunakan.

5. Emas di Mars

5 Tempat di Luar Angkasa dengan Mineral Berharga, Ada Emas dan Berlianforbes.com

Mars adalah planet yang memiliki banyak kesamaan dengan Bumi. Tak heran bila ada beberapa mineral berharga yang dapat ditemukan di Mars.

Menurut laman Forbes, kemungkinan, di Mars dapat ditemukan emas. Pasalnya, emas sendiri dapat ditemukan di endapan magma bertahun-tahun. Di Mars sendiri, terdapat gunung berapi yang aktif sampai sekarang. 

Itulah lokasi-lokasi luar angkasa yang memiliki mineral berharga! Gimana, ada yang mau coba pergi?

Baca Juga: 9 Gagasan di Ruang Angkasa yang Sedang Dikembangkan

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya