5 Fakta Quetzalcoatlus Northropi, Binatang Terbang Terbesar di Bumi

Ukurannya sebesar pesawat Cessna

Quetzalcoatlus northropi atau yang disebut dengan Quetzalcoatlus merupakan salah satu spesies dinosaurus terbang terbesar yang pernah ada. Bahkan digadang-gadang sebagai spesies binatang terbang terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Selain itu, dinosaurus yang masuk keluarga Azhdarchidae ini juga memiliki berbagai keunikan dan fakta lain yang menarik untuk diulik. Buat kalian yang ingin tahu apa saja fakta menarik dari Quetzalcoatlus northropi ini dilansir dari Science Focus dan Thought Co.

1. Namanya diambil dari Dewa Suku Aztec

5 Fakta Quetzalcoatlus Northropi, Binatang Terbang Terbesar di Bumitambiensomosamericanos.com

Nama Quetzalcoatlus sendiri sebenarnya berasal dari mitologi Suku Aztec dan masyarakat asli Amerika Tengah sejak ribuan tahun lalu. Nama dewa tersebut adalah Quetzalcoatl atau yang memiliki arti feathered serpent, sehingga bentuknya adalah reptil mirip seperti ular atau naga dan dapat terbang, ungkap laman Thoughtco

Nama ini disematkan pada reptil purba ini karena dulunya sempat merajai angkasa di Kawasan Amerika Utara dan Tengah. Meskipun Quetzalcoatlus tidak memiliki bulu yang sama seperti kepercayaan masyarakat Suku Aztec.

2. Mempunyai habitat di Amerika Utara dan fosilnya pertama kali ditemukan di Texas, AS

5 Fakta Quetzalcoatlus Northropi, Binatang Terbang Terbesar di Bumithoughtco.com

Binatang purba ini pertama kali ditemukan di Texas, Amerika Serikat oleh seorang mahasiswa University of Texas at Austin yang bernama Douglas A Lawson pada tahun 1971. Tempat ditemukan fosilnya di Taman Nasional Big Bend, di mana saat itu hanya ditemukan bagian sayap dan lengannya saja.

Kemudian ditemukan berbagai fosil Quetzalcoatlus lain, namun dengan ukuran yang tidak jauh lebih besar dari yang pertama kali ditemukan. Sedangkan habitat utama Quetzalcoatlus berada di dataran Amerika Utara dan hidup pada zaman Cretaceous Akhir yang berkisar 71 hingga 66 juta tahun lalu.