Comscore Tracker

5 Fakta Quetzalcoatlus Northropi, Binatang Terbang Terbesar di Bumi

Ukurannya sebesar pesawat Cessna

Quetzalcoatlus northropi atau yang disebut dengan Quetzalcoatlus merupakan salah satu spesies dinosaurus terbang terbesar yang pernah ada. Bahkan digadang-gadang sebagai spesies binatang terbang terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Selain itu, dinosaurus yang masuk keluarga Azhdarchidae ini juga memiliki berbagai keunikan dan fakta lain yang menarik untuk diulik. Buat kalian yang ingin tahu apa saja fakta menarik dari Quetzalcoatlus northropi ini dilansir dari Science Focus dan Thought Co.

1. Namanya diambil dari Dewa Suku Aztec

5 Fakta Quetzalcoatlus Northropi, Binatang Terbang Terbesar di Bumitambiensomosamericanos.com

Nama Quetzalcoatlus sendiri sebenarnya berasal dari mitologi Suku Aztec dan masyarakat asli Amerika Tengah sejak ribuan tahun lalu. Nama dewa tersebut adalah Quetzalcoatl atau yang memiliki arti feathered serpent, sehingga bentuknya adalah reptil mirip seperti ular atau naga dan dapat terbang, ungkap laman Thoughtco

Nama ini disematkan pada reptil purba ini karena dulunya sempat merajai angkasa di Kawasan Amerika Utara dan Tengah. Meskipun Quetzalcoatlus tidak memiliki bulu yang sama seperti kepercayaan masyarakat Suku Aztec. 

2. Mempunyai habitat di Amerika Utara dan fosilnya pertama kali ditemukan di Texas, AS

5 Fakta Quetzalcoatlus Northropi, Binatang Terbang Terbesar di Bumithoughtco.com

Binatang purba ini pertama kali ditemukan di Texas, Amerika Serikat oleh seorang mahasiswa University of Texas at Austin yang bernama Douglas A Lawson pada tahun 1971. Tempat ditemukan fosilnya di Taman Nasional Big Bend, di mana saat itu hanya ditemukan bagian sayap dan lengannya saja.

Kemudian ditemukan berbagai fosil Quetzalcoatlus lain, namun dengan ukuran yang tidak jauh lebih besar dari yang pertama kali ditemukan. Sedangkan habitat utama Quetzalcoatlus berada di dataran Amerika Utara dan hidup pada zaman Cretaceous Akhir yang berkisar 71 hingga 66 juta tahun lalu. 

Baca Juga: Lebih Besar dari Dinosaurus, Ini 7 Flora dan Fauna Terbesar di Dunia

3. Binatang terbang terbesar yang pernah menginjakkan kaki di Bumi

5 Fakta Quetzalcoatlus Northropi, Binatang Terbang Terbesar di Bumisciencefocus.com

Quetzalcoatlus northropi merupakan binatang terbang purba terbesar yang pernah hidup di Bumi. Rentang sayap binatang purba ini bisa mencapai 11 meter dan beratnya yang mencapai lebih dari 2 ton.

Bahkan menurut BBC Science Focus, rentang sayapnya sama seperti ukuran pesawat Cessna 172, sedangkan keseluruhan tubuhnya melebihi ukuran dari pesawat berukuran kecil tersebut. Selain itu, tinggi Quetzalcoatlus mencapai 6 meter yang hampir setinggi jerapah berukuran dewasa. 

4. Bisa terbang selama 10 hari lamanya

5 Fakta Quetzalcoatlus Northropi, Binatang Terbang Terbesar di Bumiprehistorico.fandom.com

Salah satu yang menarik dari Quetzalcoatlus northropi ini adalah kemampuannya dalam terbang. Mulanya, binatang ini dipercaya tidak dapat terbang karena ukurannya yang sangat besar ditambah beratnya yang terbilang berat.

Akan tetapi diketahui bahwa semua jenis pterosaurus mampu terbang dan menurut BBC Science Focus, melalui gambaran simulasi komputer reptil purba ini dapat terbang selama 10 hari no stop. Serta memiliki kecepatan maksimum yang mencapai 130 km/jam, sangat cepat bukan?

5. Mempunyai kepala besar dan paruh yang sangat panjang

5 Fakta Quetzalcoatlus Northropi, Binatang Terbang Terbesar di Bumicommons.wikimedia.org

Baca Juga: Tidak Makan Daging, Ini 5 Dinosaurus Herbivora yang Paling Terkenal

Reptil terbang ini juga mempunyai paruh yang panjang, di mana mencapai 80 cm dan tentunya leher yang panjang beserta kepala besar. Namun paruh reptil ini cenderung tidak memiliki gigi tajam dan adanya tonjolan di belakang kepalanya yang membedakannya dari pterosaurus lainnya. 

Berdasarkan Kids Kiddle, dinosaurus ini diperkirakan memiliki makanan utama berupa ikan karena tidak memiliki gigi, serta memangsa berbagai binatang kecil di darat. Namun hal tersebut masih menjadi perdebatan karena fosil tengkorak kepalanya yang ditemukan kurang lengkap. 

Itulah lima fakta menarik tentang Quetzalcoatlus northropi, yang menunjukkan bahwa hewan terbang juga ada yang raksasa ya?

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya