5 Fakta Dilophosaurus, Dinosaurus Karnivora yang Dianggap Beracun

Muncul dalam film Jurassic Park

Dinosaurus merupakan salah satu binatang purba raksasa paling menarik untuk dibahas sampai saat ini. Bagaimana tidak, reptil satu ini kerap menimbulkan perdebatan lantaran tidak ada yang tahu secara pasti keberadaannya.

Salah satu dinosaurus paling menarik untuk dibahas adalah Dilophosaurus. Pasalnya, reptil purba karnivora ini cukup populer setelah masuk dalam film Jurassic Park (1993). Spesies dinosaurus ini kerap dianggap memiliki racun yang mematikan untuk alat pertahanan diri.

1. Fosil Dilophosaurus ditemukan warga pribumi di Arizona, Amerika Serikat

5 Fakta Dilophosaurus, Dinosaurus Karnivora yang Dianggap Beracuntengkorak Dilophosaurus (twitter.com/AMNH)

Fosil Dilophosaurus sudah ditemukan pada 1940 di Tuba City Arizona yang berada di dalam Taman Reservasi Navajo Nation. Sedangkan, penemunya adalah seorang seorang warga Suku Navajo bernama Jesse Williams.

Pada 1942, Williams menunjukkan fosil temuannya kepada sekelompok paleontologis asal University of California, Berkeley. Salah seorang dalam tim ilmuwan itu adalah Samuel Welles, yang kemudian memberikan nama spesies baru itu Dilophosaurus wetherilli pada 1954.

Welles sempat melakukan kesalahan dengan melakukan klasifikasi spesies tersebut sebagai fosil Megalosaurus wetherilli lantaran keterbatasan fosil. Menurut laporan Smithsonian, hingga 1970-an, nama Dilophosaurus belum banyak dikenal, meski menjadi simbol dari predator pada zaman Jurassic Awal atau sekitar 190 juta tahun lalu.

Salah satu keunikan fisik dari Dilophosaurus adalah adanya kantong udara di bagian atas kepalanya yang mirip tanduk. Diperkirakan kantong udara tersebut akan membantunya untuk bernapas sekaligus menjadi daya tarik dalam mencari pasangan.

2. Mempunyai ukuran yang cukup besar dari yang digambarkan

5 Fakta Dilophosaurus, Dinosaurus Karnivora yang Dianggap Beracunfosil Dilophosaurus (twitter.com/PaleoMike716)

Dalam film Jurassic Park (1993), Dilophosaurus digambarkan memiliki ukuran kecil. Lebih kecil dibandingkan manusia dewasa. Hal ini membuat banyak orang menganggap dinosaurus ini memang berukuran kecil.

Pada kenyataannya, Dilophosaurus bisa dibilang sebagai dinosaurus pemakan daging besar berukuran sedang. Ukurannya lebih besar dibandingkan manusia dewasa. Reptil purba ini memiliki panjang tubuh mencapai 6 meter dan berbobot hingga 300 kg.

Beratnya yang ringan disebabkan bentuk tubuhnya yang cenderung kurus. Itu membuatnya dapat berlari cepat. Selain itu, dinosaurus ini disebut memiliki kelincahan untuk menangkap mangsa, meski memiliki ukuran tubuh yang besar.

Dilansir Scientific American, pada awal penelitian, ilmuwan menduga bahwa rahang dan moncong Dilophosaurus tidak terlalu kuat. Namun, menurut penelitian terbaru menunjukkan bahwa reptil ini memiliki rahang dan moncong yang kuat untuk dapat mencabik daging mangsanya.