Comscore Tracker

8 Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia, Pastikan untuk Menjauhinya Ya

Harus berhati-hati ya!

Jamur menjadi salah satu makhluk hidup yang masuk dalam kingdom Fungi, di mana juga menjadi konsumsi manusia dengan khasiat yang baik bagi tubuh. Selain itu jamur menjadi konsumsi utama bagi para vegetarian sebagai pengganti daging karena memiliki tekstur mirip dengan daging dan rasa yang lezat. Namun sebaliknya terdapat beberapa jamur paling berbahaya di dunia dengan racun yang sangat mematikan dan mampu menyebabkan kematian.

Bagi kalian penyuka jamur, ada baiknya menyimak beberapa spesies jamur paling berbahaya di dunia yang harus dihindari. 

1. The Death Cap

8 Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia, Pastikan untuk Menjauhinya Yathepoisondiaries.tumblr.com

The Death Cap atau disebut dengan Amanita phalloides termasuk dalam spesies jamur paling berbahaya di Dunia. Jamur ini termasuk salah satu genus Amanita yang tersebar luas di Eropa, serta saat ini bahkan sudah tumbuh di beberapa negara Asia Tengah dan Afrika Utara.

Racun yang terdapat dalam jamur ini sangat berbahaya, yang mana mampu menyebabkan kematian hanya dengan memakan 30 gram bagian dari jamur ini. Selain itu sudah terdapat beberapa korban meninggal dan harus ditransplantasi liver untuk menangani penyebaran racun jamur ini dalam tubuh. 

2. Podostroma Cornu-damae

8 Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia, Pastikan untuk Menjauhinya Yaimgur.com

Podostroma Cornu-damae juga menjadi jamur yang tersebar luas di Jepang dan termasuk jamur paling beracun di Dunia. Jamur yang berasal dari genus Podostroma ini memiliki bentuk yang unik dan memiliki warna merah menyala yang menarik mata. Selain itu, jamur ini sudah menyebabkan berbagai macam kasus keracunan di Jepang yang cukup fatal, meskipun tidak pernah menyebabkan kematian. 

3. Deadly Webcap

8 Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia, Pastikan untuk Menjauhinya Yafirst-nature.com

Deadly Webcap merupakan jamur beracun yang asli dari Eropa dan Amerika Utara, sementara habitatnya berada di area dataran tinggi dengan kelembapan yang tinggi. Kenampakan fisik jamur ini seperti jamur pada umumnya, tetapi memiliki keseluruhan tubuh berwarna coklat.

Jamur bernama latin Cortinarius rubellus ini mempunyai racun mematikan yang mengakibatkan kerusakan ginjal, serta mengharuskan korbannya untuk transplantasi ginjal dalam beberapa tahun ke depan. 

4. Galerina marginata

8 Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia, Pastikan untuk Menjauhinya Yasvims.ca

Galerina marginata atau yang juga disebut dengan Autumn Scalp ini menjadi salah satu jamur berbahaya yang tersebar di Amerika Utara, Eropa, Jepang dan Australia. Jamur ini mempunyai warna coklat keputihan dan mampu tumbuh antara 1,7 hingga 4 cm pada batang pohon pinus lapuk.

Sementara racun yang terkandung dalam adalah amatoxin yang mana mampu menyebabkan kerusakan liver dan bertanggung jawab atas beberapa kasus kematian yang ada di Eropa. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsi

5. Conocybe filaris

8 Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia, Pastikan untuk Menjauhinya Yaenacademic.com

Conocybe filaris adalah spesies jamur yang tersebar luas di pesisir Pasifik Amerika Utara, serta ditemukan juga di Eropa dan Asia. Bentuk fisik dari jamur ini seperti jamur pada umumnya dengan adanya kap dan berwarna kuning kecoklatan serta mampu tumbuh hingga ukuran 3 cm.

Sementara racun yang terkandung dalam jamur ini berupa mycotoxin, seperti halnya dalam jamur death cap. Racun ini menyerang liver manusia dan hewan serta mampu menyebabkan kematian. 

6. Clitocybe dealbata

8 Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia, Pastikan untuk Menjauhinya Yainaturalist.org

Clitocybe dealbata termasuk jenis jamur yang tersebar di Eropa dan Amerika Utara, terutama hidup pada area padang rumput. Bentuk fisik dari jamur ini seperti corong dengan warna putih dan mampu tumbuh hingga berukuran 2-4 cm.

Sedangkan racun yang terkandung di dalamnya berupa muscarine, yang mana menyebabkan keringat berlebih, mual dan diare, maka dari itu jamur ini juga sering disebut dengan sweating mushroom. 

7. Jack o'Lantern

8 Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia, Pastikan untuk Menjauhinya Yanature.mdc.mo.gov

Jack O Lantern atau yang juga disebut dengan Omphalotus olearius merupakan jenis jamur beracun yang tersebar di area hutan Eropa dan juga ditemukan di Afrika Selatan serta Amerika Serikat. Spesies jamur ini memiliki warna orange kecoklatan serta memiliki bentuk seperti jamur chanterelles yang dapat dimakan.

Racun yang terkandung dalam jamur ini adalah Illudin S, di mana racun ini dapat mengakibatkan gejala muntah, diare dan keram pada tubuh.

8. Deadly Dapperling

8 Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia, Pastikan untuk Menjauhinya Yaalchetron.com

Terakhir ada spesies jamur yang dijuluki Deadly Dapperling atau bernama latin Lepiota brunneoincarnata, yang mana jamur ini tersebar luas di Eropa dan area iklim sedang seperti Asia Tengah dan Tiongkok. Jamur ini tumbuh pada area padang rumput, taman bahkan pekarangan dan sering dikira sebagai jamur yang dapat dimakan.

Kap dari jamur ini mampu berkembang antara 2,7-4 cm dengan warna dominan putih kecoklatan. Selain itu terkandung alpha amanitin, di mana menyebabkan terjadinya permasalahan pencernaan, mual, muntah disertai dengan gangguan liver beberapa hari kemudian.

Itulah delapan jamur paling membahayakan di alam. Kalau ketemu, jangan sembarang cabut dan makan ya.

Baca Juga: 5 Penyakit Ini Bisa Dihindari dengan Konsumsi Jamur

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You