Comscore Tracker

6 Negara dengan Jumlah Gunung Api Aktif Terbanyak di Dunia

Kira-kira Indonesia urutan berapa ya?

Gunung api merupakan salah satu bentukan tempat keluarnya magma atau isi perut Bumi yang disebabkan karena adanya gejala tektonik konvergen dan divergen. Serta sebaran gunung api juga terdapat di kawasan tertentu yang mengumpul pada beberapa kawasan seperti Pacific Ring of Fire, Mid-Atlantic Ridge dan lainnya. 

Maka dari itu terdapat pula beberapa negara yang memiliki gunung api terbanyak di dunia yang pastinya perlu kamu ketahui. Nah, buat kalian yang ingin tahu apa saja negaranya, maka simak ulasannya berikut ini. 

1. Chili

6 Negara dengan Jumlah Gunung Api Aktif Terbanyak di Duniainstagram.com/hikingluba/

Chili menjadi salah satu negara yang memiliki gunung api aktif terbanyak di dunia yang mencapai 105 gunung api. Letak gunung api aktif yang ada di negara Amerika Selatan ini tepatnya berada di kawasan Pegunungan Andes dan Samudra Pasifik, seperti halnya Pulau Easter yang terbentuk karena proses vulkanik. 

Selain itu banyaknya gunung api di negara ini dikarenakan letaknya yang dilintasi oleh Pacific Ring of Fire. Di sisi lain, negara ini juga menjadi rumah dari gunung api aktif tertinggi di dunia, yakni bernama Gunung Ojos de Salados yang memiliki ketinggian 6.893 meter. 

2. Jepang

6 Negara dengan Jumlah Gunung Api Aktif Terbanyak di Duniainstagram.com/kunkundasu/

Jepang juga menjadi negara dengan jumlah gunung api terbanyak, yang jumlahnya mencapai 112 gunung api. Sebaran gunung api di Jepang terletak di sepanjang kepulauan Hokkaido hingga Okinawa dan Ogasawara yang ada di sebelah selatan negara ini. 

Negara di Pasifik ini juga menjadi salah satu negara dalam kawasan Pacific Ring of Fire dan terdapat berbagai pulau kecil yang terbentuk dari proses vulkanik. Selain dikelilingi oleh gunung api, Jepang juga dilewati lempeng yang membuatnya rawan akan bencana gempa bumi. 

Baca Juga: 5 Negara dengan Kepadatan Penduduk Terendah, Australia Salah Satunya

3. Islandia

6 Negara dengan Jumlah Gunung Api Aktif Terbanyak di Duniainstagram.com/mysoulfultravel/

Berikutnya terdapat Islandia yang memiliki gunung api terbanyak yang sebanyak 130 gunung. Banyaknya gunung api di negara ini disebabkan letaknya yang ada di tengah Mid-Atlantic Ridge, sehingga sebaran gunung api di negara ini cukup merata. Bahkan terdapat 18 diantaranya masih mengalami erupsi dari awal pendudukan Islandia hingga kini. 

Negara ini sudah mengalami kejadian erupsi gunung api terbesar yang bahkan menewaskan 1/4 dari penduduknya di tahun 1783. Bahkan pada tahun 2010, Gunung Eyjafjallajökull mengalami erupsi dan asapnya terbang hingga menutupi seluruh Benua Eropa. 

4. Indonesia

6 Negara dengan Jumlah Gunung Api Aktif Terbanyak di DuniaGunung Merapi. Twitter.com/BPPTKG

Tak ketinggalan ada Indonesia yang berada di posisi ke tiga, sebagai negara dengan jumlah gunung api terbanyak di dunia. Gunung api aktif di negara ini mencapai sejumlah 139 gunung, yang tersebar di beberapa pulau besar maupun kecil dari Sumatra hingga ke Papua. 

Letak utama dari gunung api di Indonesia terdapat di Busur Sunda yang menjadi zona subduksi dari lempeng pada Samudera Hindia. Sehingga negara ini juga rawan akan bencana erupsi gunung api, serta pernah terjadi erupsi gunung terbesar di dunia, yakni Gunung Tambora pada tahun 1815 yang menewaskan hingga 80.000 jiwa. 

5. Rusia

6 Negara dengan Jumlah Gunung Api Aktif Terbanyak di Duniainstagram.com/turist_41/

Kemudian pada peringkat kedua terdapat Rusia yang memiliki sejumlah 166 gunung api, yang mana tersebar di beberapa bagian negara ini. Banyaknya gunung api di negara ini terutama pada Semenanjung Kamkatcha, yang terdapat sekitar 29 gunung api aktif di bagian tersebut. 

Di sisi lain, pada Rusia memiliki Gunung Klyuchevskaya Sopka menjadi gunung api terbesar yang ada di belahan Bumi utara, dengan ketinggian mencapai 4.750 meter dari permukaan laut. 

6. Amerika Serikat

6 Negara dengan Jumlah Gunung Api Aktif Terbanyak di Duniainstagram.com/rabocseescobar/

Terakhir dan yang paling banyak dimiliki oleh Amerika Serikat yang memiliki jumlah gunung api sebanyak 173. Banyaknya gunung api di AS, ditengarai karena negara ini memiliki wilayah yang luas dan letak gunung apinya terdapat di sebelah barat negara ini. Selain itu, gunung api terbanyak di AS, terletak di Alaska yang hampir setiap tahunnya mengalami erupsi. 

Sedangkan di AS juga terdapat gunung api paling berbahaya dan paling aktif di dunia yang bernama Gunung Kilauea yang terletak di Hawaii. Serta terdapat lima gunung api aktif lain yang ada di kepulauan ini. 

Nah, itu tadi keenam negara dengan jumlah gunung api terbanyak di dunia yang pastinya bisa menambah pengetahuan kalian. 

Baca Juga: Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Dunia

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya