Comscore Tracker

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Dunia

Deretan gunung ini diawasi dengan ketat

Semenjak kejadian gempa bumi besar di area Lombok dan Sulawesi, para peneliti gunung berapi mencatat gunung-gunung yang memiliki kemungkinan meledak kembali aktif. Itu tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Akhirnya terkumpul daftar itu.

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniagiphy.com

Buktinya ada 66 kasus letusan pada 2019 di 64 titik berbeda berdasarkan volcano.si.edu. Berikut ini adalah daftar gunung berapi aktif paling berbahaya di dunia jika meledak.

1. Gunung Berapi Taal

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniaaljazeera.com

Terletak di Filipina, gunung berapi ini diawasi semenjak letusannya yang terjadi pada Januari 2020. Padahal sekitar 20 juta kepala tinggal di area gunung tersebut.

2. Colima

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniauniversetoday.com

Gunung berapi ini terdapat di Meksiko dan cukup sering meletus. Tercatat pada 2017 dan 2019, Colima menyemburkan lavanya. Ledakannya melemparkan bom lava, batu balistik, hingga aliran api.

3. Mauna Loa

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Dunianationalgeographic.com

Walaupun terakhir meledak pada 1984, namun keaktifannya membuat Mauna Loa terus diawasi. Gunung yang dikenal sebagai gunung berapi aktif tertinggi ini masih mengumpulkan kekuatannya untuk meledak.

4. Gunung Merapi

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniawatchers.news

Gunung di Jawa Tengah sudah sering diberitakan meledak. Tidak seperti gunung berapi lainnya, Merapi menyemburkan asap panas, lahar hingga tanah longsor.

5. Nyiragongo

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniaugandabudgetsafaris.com

Ciri khas Nyiragongo di Kongo ini adalah puncaknya yang datar. Yang mengerikan dari ledakan Nyiragongo adalah lavanya cair, menjadikannya dapat merusak dalam jangkauan besar.

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Berapi, Ternyata Juga Ada di Planet Mars

6. Sakurajima

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniahakaimagazine.com

Di dekat gunung Fuji Jepang, Sakurajima merupakan ancaman besar bagi penduduk Tokyo. Menurut sejarah Sakurajima adalah gunung yang memiliki pulaunya sendiri, namun pada 1914 dia meledak. Saking banyaknya lava yang dikeluarkan, pulau Sakurajima pun menyambung dengan pulau daratan utama.

7. Santorini

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniavimeo.com

Santorini di Roma mungkin adalah salah gunung berapi aktif di area Eropa. Namun berkat program yang baik, pengawasan Santorini tak pernah terlewatkan dan bahkan sekarang memiliki observatoriumnya sendiri.

8. Ulawun

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniawired.com

Ini adalah tempat wisata wajib dikunjungi di Papua Nugini karena bisa melihat matahari terbenam yang indah. Tapi percayalah, Ulawun adalah gunung berapi paling aktif di sana. Semenjak 1970an, secara konsisten Ulawun terus meletus.

9. Unzen

https://www.youtube.com/embed/Cvjwt9nnwXY

Yang berbahaya dari Unzen adalah lajur semburan api. Diketahui pada 1792, gunung berapi ini menciptakan tsunami yang menyebabkan hilangnya nyawa dari 14 ribu korban.

10. Vesuvius

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniathesun.co.uk

Vesuvius sudah cukup lama tidak aktif. Terakhir tercatat yaitu pada 1944. Tapi bukan tidak mungkin di suatu hari nanti Vesuvius kembali menunjukkan amarahnya dan jika itu terjadi, lebih dari enam juta nyawa mungkin akan menghilang.

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniagiphy.com

Gunung berapi ini kebanyakan menjadi objek wisata bagi para turis karena keindahannya. Bayangkan saja kamu adalah salah satu turis tersebut dan ketika kamu mengunjungi tempat di daftar ini, tiba-tiba saja gunung berapi tersebut meledak.

Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Duniascitechdaily.com

Kira-kira apa yang bakal kamu lakukan ya? Semoga tidak terjadi ya.

Baca Juga: 10 Foto Gunung Berapi yang Diambil dari Satelit, Bikin Takjub!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya