Comscore Tracker

5 Fakta Unik Macaroni Penguin, Spesies Penguin yang Memiliki Jambul

Hewan yang suka berkelana, nih

Macaroni penguin merupakan salah satu spesies penguin yang mempunyai penampilan paling unik dan sangat mudah sekali dikenali di habitat aslinya. Populasi mereka dapat ditemukan di banyak wilayah di dunia dikarenakan kebiasaannya yang sering berimigrasi.

Hewan yang populer dengan nama ilmiah Eudyptes chrysolophus ini sangat suka hidup berkoloni dalam jumlah yang fantastis. Dikenal sebagai spesies penguin yang memiliki daya tahan tubuh yang tangguh, inilah beberapa fakta menarik dari macaroni penguin dilansir Animalia.bio dan A-z-animals.

1. Habitat asli dari macaroni penguin

5 Fakta Unik Macaroni Penguin, Spesies Penguin yang Memiliki Jambulmacaroni penguin (oceanwide-expeditions.com)

Distribusi dari macaroni penguin tersebar luas di beberapa negara di dunia, seperti Chili, Amerika Serikat, Antartika, dan Afrika Selatan. Bahkan mereka juga melakukan perjalanan untuk mencari makan hingga wilayah lepas pantai Australia dan Selandia Baru. Dilansir Animalia.bio, spesies burung ini biasanya menghuni daerah bebatuan yang dekat dengan sumber air.

Ketika melakukan perjalanan mencari makanan, macaroni penguin dapat menempuh perjalanan hingga jarak 400 kilometer yang memakan waktu selama berminggu-minggu.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Unik Macaroni Penguin, Spesies Penguin yang Memiliki Jambulmacaroni penguin (commons.wikimedia.org)

Di habitat aslinya, macaroni penguin merupakan hewan yang sangat suka bersosialisasi. Hal inilah yang membuat mereka hidup dengan cara membuat koloni yang sangat besar yang jumlahnya mencapai 2,5 juta individu.

Selain itu, macaroni penguin aktif beraktivitas dari pagi hingga senja untuk mencari makanan di dalam air. Mereka termasuk spesies penguin tangguh yang dapat menyelam hingga kedalaman 80 meter.

Saat berkomunikasi dengan sesamanya, macaroni penguin akan mengeluarkan suara seperti meringkik yang akan terdengar sangat keras dan berisik.

Baca Juga: 5 Fakta Penguin Galapagos, Spesies Penguin yang Hidup di Iklim Tropis

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Unik Macaroni Penguin, Spesies Penguin yang Memiliki Jambulmacaroni penguin (en.wikipedia.org)

Macaroni penguin memang memiliki penampilan paling nyentrik dibandingkan spesies penguin pada umumnya. Sebab pada bagian kepalanya terdapat jambul berwarna kuning.

Dilansir A-Z-animals, jenis penguin ini mempunyai tinggi antara 50-70 sentimeter dengan rata-rata berat badan 5 kilogram. Sedangkan badan penguin ini ditutupi bulu berwarna hitam dan putih serta paruh berwarna merah. Macaroni penguin dapat bertahan hidup hingga usia 20 tahun, lho.

4. Sistem reproduksi macaroni penguin

5 Fakta Unik Macaroni Penguin, Spesies Penguin yang Memiliki Jambulmacaroni penguin (animalcorner.org)

Macaroni penguin menerapkan sistem monogami saat berkembang biak dimana mereka hanya memiliki satu pasangan untuk seumur hidup. Pada saat musim kawin, hewan ini akan berkumpul di suatu wilayah dalam jumlah yang sangat banyak.

Macaroni penguin betina hanya bisa mengeluarkan dua telur dan diinkubasi selama 34 hari. Hal unik dari kebiasaan induknya adalah sang jantan yang tetap bersama bayi-bayi di dalam sarang, sementara sang betina yang mencari makanan.

5. Populasi yang stabil

5 Fakta Unik Macaroni Penguin, Spesies Penguin yang Memiliki Jambulmacaroni penguin (medium.com)

Walaupun populasi dari macaroni penguin saat ini diperkirakan berjumlah 6,3 juta ekor yang tersebar di beberapa wilayah di dunia namun keberadaan mereka saat ini sangat terancam.

Hal ini dapat dibuktikan bahwa setiap tahunnya populasi dari macaroni penguin semakin menurun secara drastis yang disebabkan oleh pemanasan global dan polusi minyak di air. Untuk bertahan hidup, hewan ini memakan berbagai jenis hewan laut, di antaranya cumi-cumi, ikan berukuran kecil, dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari macaroni penguin yang dapat kamu temukan di beberapa wilayah di dunia. Dengan bentuknya yang khas pastinya sangat mudah sekali untuk mengidentifikasi hewan ini di alam liar.

Baca Juga: 5 Fakta Gunung Vinson Massif, Puncak Tertinggi Benua Dingin Antartika

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya