Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Tayra, Spesies Carpelai dengan Indera Penciuman Tajam!

Memiliki usia yang panjang

Tayra merupakan salah spesies dari hewan carpelai yang biasanya mempunyai ciri khas fisik seperti badan berukuran panjang dan berkaki pendek. Hewan yang dikenal dengan nama ilmiah eira barbara ini, diketahui memiliki pergerakan yang sangat aktif baik di siang hari maupun di malam hari. Di samping itu, populasi dari tayra hanya tersebar di satu benua dengan gaya kebiasaan hidup yang unik.

Memiliki kemampuan berlari, berenang serta memanjat pohon dengan sangat cepat dan lincah. Inilah beberapa fakta menarik dari hewan tayra yang dilansir dari laman Animalia.bio dan Animaldiversity, sebagai berikut:

1. Habitat asli tayra

5 Fakta Menarik Tayra, Spesies Carpelai dengan Indera Penciuman Tajam!collinsdictionary.com

Tayra merupakan hewan endemik asli dari wilayah benua Amerika. Dilansir dari laman Animalia.bio, mereka banyak berhabitat di daerah pegunungan Andes yang terletak di wilayah benua Amerika Selatan yang melintasi beberapa negara di antaranya Brazil, Bolivia, Ekuador, Costa Rica dan Argentina. Namun, sebagian kecil populasi tayra juga terdapat di benua Amerika bagian tengah yang mendiami hutan tropis dan subtropis.

Hewan ini sering sekali berpindah-pindah tempat antara satu wilayah hutan ke hutan yang lainnya. Mereka lebih suka berpergian pada malam hari saat memutuskan untuk mencari sarang baru.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Menarik Tayra, Spesies Carpelai dengan Indera Penciuman Tajam!exmoorzoo.co.uk

Di habitat aslinya, tayra sering terlihat hidup sendirian dan berpasangan. Namun kadang-kadang hewan ini juga hidup secara berkelompok dimana dalam satu kelompok hanya terdiri dari 3 hingga 4 individu. Mereka termasuk jenis hewan diurnal yang aktif beraktivitas mencari makanan pada siang hari walaupun terkadang tayra juga aktif pada malam hari. Tayra dikenal akan kecepatan larinya serta dapat memanjat pohon dengan sangat baik hingga ketinggian lebih dari 40 meter.

Bahkan, hewan ini mampu berenang menyebrangi sungai jika dalam kondisi terdesak. Tayra dapat mengidentifikasi lokasi dari mangsanya dengan mengandalkan indera penciumannya yang tajam.

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Menarik Tayra, Spesies Carpelai dengan Indera Penciuman Tajam!commons.wikimedia.org

Dari segi penampilan, tayra memiliki tubuh seperti anjing berukuran sedang dengan ekor panjang dan ditutupi bulu yang sangat lebat. Dilansir dari laman Animaldiversity, panjang ukuran dari kepala hingga tubuh hewan ini berkisar antara 60 - 70 sentimeter. Sedangkan bulu dari tayra memiliki warna coklat tua dengan warna bulu dikepala yang terlihat agak pucat. Ciri khas yang paling menonjol dari hewan ini adalah terdapatnya bercak putih menyerupai bentuk berlian pada tenggorokannya.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? 

4. Sistem reproduksi dari tayra

5 Fakta Menarik Tayra, Spesies Carpelai dengan Indera Penciuman Tajam!reefandrainforest.co.uk

Masa kehamilan dari tayra betina berlangsung selama 63 - 67 hari dimana dalam satu kali  persalinan hewan hanya ini bisa melahirkan 2 hingga 3 ekor. Bayi yang lahir, baru akan bisa membuka matanya setelah berusia 35 hari dan akan terus tergantung pada induknya untuk menyusui hingga berusia 2 - 3 bulan. Sedangkan jumlah kelahiran terbanyak dari tayra terjadi pada bulan Maret dan Juli. Mereka bukan tipe hewan yang berkembangbiak sacara musiman dan dapat kawin sepanjang tahun.

5. Memiliki usia yang panjang

5 Fakta Menarik Tayra, Spesies Carpelai dengan Indera Penciuman Tajam!commons.wikimedia.org

Jumlah populasi tayra di alam liar saat ini dilaporkan semakin berkurang. Hal ini disebabkan habitat asli mereka yang telah dirusak untuk dialihkan sebagai lahan pertanian. Di benua Amerika bagian selatan, hewan ini sering diburu dan dibunuh oleh manusia. Namun, badan konservasi alam dunia belum memasukan tayra sebagai hewan yang dilindungi. Di alam liar, tayra mampu bertahan hidup hingga usia 18 tahun. Mereka termasuk jenis hewan karnivora yang memakan berbagai jenis hewan kecil seperti kadal dan burung.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari tayra yang merupakan hewan endemik dari benua Amerika. Namun sayangnya di alam liar tayra justru menjadi sasaran buruan dari manusia yang membuat populasi mereka menurun.

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Hewan Menguap, Apakah Semua Hewan Melakukannya?

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya