Comscore Tracker

5 Hewan Berbahaya yang Hidup di Wilayah Kanada, Bikin Waspada!

Bisa menimbulkan cidera serius

Menjelajahi alam liar Kanada yang luas maka kamu akan dapat menemukan berbagai satwa liar dengan bentuk yang beranekaragam. Namun, kamu harus lebih berhati-hati dikarenakan beberapa hewan endemik khas Kanada dikenal sangat buas yang dapat mengancam nyawa manusia. Mereka akan langsung menyerang jika merasa terganggu atau terintimidasi akan kehadiranmu.

Dengan populasi yang sebagian besar tersebar di wilayah pegunungan hingga hutan belantara. Inilah lima hewan paling berbahaya yang berhabitat di Kanada, sebagai berikut:

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Unik yang Hidup di Wilayah Austria, Ada yang Beracun!

1. Cougar

5 Hewan Berbahaya yang Hidup di Wilayah Kanada, Bikin Waspada!Cougar (nelsonstar.com)

Cougar juga dikenal dengan julukan mountain lion atau singa gunung di mana sebagian besar populasi hewan ini banyak terdapat di wilayah Kanada bagian barat. Dilansir laman Theadvocates, cougar merupakan tipe hewan soliter yang suka hidup menyendiri ketimbang berkelompok. Mereka aktif beraktivitas di malam hari seperti mencari makanan dan berkembang biak.

Tidak seperti singa dan harimau, cougar tidak bisa mengaum dan memiliki suara unik yang terdengar seperti bersiul atau berkicau namun melengking. Hal inilah yang membuat banyak hewan dan manusia tidak menyadari kehadiran predator buas ini.

2. Moose

5 Hewan Berbahaya yang Hidup di Wilayah Kanada, Bikin Waspada!Moose (smithsonianmag.com)

Salah satu daya tarik dari moose adalah bentuk tanduknya yang besar dan bercabang. Mereka memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dengan bobot mencapai 700 kilogram. Yang membuat hewan ini sangat ditakuti dikarenakan sifatnya yang tempramental dan beringas. Mereka dapat sewaktu-waktu menyerang manusia dengan cara menyeruduk hingga mengakibatkan cedera yang serius.

Oleh karena itu jika kamu melihat hewan ini di alam liar maka lebih baik menghindar. Moose akan menjadi sangat agresif saat memasuki musim kawin yang berlangsung mulai dari bulan September hingga Oktober.

Baca Juga: 5 Hewan Berbahaya yang Hidup di Wilayah Meksiko, Harus Waspada!

3. Beruang kutub

5 Hewan Berbahaya yang Hidup di Wilayah Kanada, Bikin Waspada!Beruang kutub (churchillwild.com)

Wilayah utara Kanada yang memiliki suhu udara membeku menyimpan berbagai spesies hewan kutub  salah satunya adalah beruang kutub. Mereka merupakan hewan karnivora yang bertahan hidup dengan memangsa berbagai jenis hewan seperti ikan, anjing laut, burung dan lain-lain.

Beruang kutub memang dikenal dengan tubuhnya yang besar serta penampilan yang menawan karena seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu berwarna putih terang. Seekor beruang kutub dewasa memiliki berat hingga 1 ton dan panjang 6 meter.

4. Serigala

5 Hewan Berbahaya yang Hidup di Wilayah Kanada, Bikin Waspada!Serigala (dailyhive.com)

Saat ini diperkirakan lebih dari 60.000 ekor serigala yang hidup di wilayah Canada. Dilansir laman Journiyingtheglobe, sebagian besar dari populasi serigala tersebut banyak mendiami wilayah hutan belantara yang memang menyediakan makanan bagi mereka. Walaupun jarang terjadi kasus manusia diserang oleh serigala namun kamu harus lebih hati-hati saat memasuki habitat mereka.

Jika serigala merasa terganggu maka hewan karnivora ini bisa menyerang manusia secara tiba-tiba. Dengan cakar kaki dan taringnya yang tajam akan dapat menyebabkan luka yang parah.

5. Beruang hitam

5 Hewan Berbahaya yang Hidup di Wilayah Kanada, Bikin Waspada!Beruang hitam (rmotoday.com)

Beruang hitam hampir dapat ditemukan di setiap provinsi di Kanada. Tampilan beruang ini tidak selalu memiliki warna bulu hitam karena di antara mereka ada juga yang berwarna cokelat muda, cokelat kemerahan tergantung di daerah mana hewan ini tinggal. Bahkan, beruang hitam yang hidup di wilayah Yukon memiliki warna bulu krem walaupun jumlah populasinya sangat langka.

Mereka hidup di daerah terpencil seperti hutan dan pegunungan. Terkadang beruang hitam masuk ke pemukiman penduduk yang sering terlihat di tempat pembuangan sampah.

Nah, itulah beberapa jenis hewan berbahaya yang berhabitat di Kanada. Ketika memasuki wilayah mereka maka kamu harus tetap waspada akan kehadiran hewan-hewan tersebut yang sering muncul secara mendadak.

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Unik yang Hidup di Wilayah Kamboja, Spesies Langka!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya