Comscore Tracker

5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Skotlandia, Bentuk Lebih Eksotis!

Ada spesies kucing langka!

Kekayaan satwa liar di Skotlandia menarik perhatian para ahli zoologi dari seluruh dunia untuk melakukan berbagai riset. Wilayah Skotlandia yang memiliki banyak pulau-pulau terpencil menjadi habitat dari hewan-hewan unik dan eksotis yang terdiri dari spesies mamalia, unggas, ikan dan lain-lain.

Ada beberapa yang masuk dalam daftar hewan yang dilindungi dikarenakan populasinya yang semakin terancam. Inilah lima hewan endemik yang dapat kamu jumpai di wilayah Skotlandia, sebagai berikut:

Baca Juga: 5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Wilayah Hawaii, Ada yang Langka!

1. Golden eagle

5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Skotlandia, Bentuk Lebih Eksotis!Golden eagle (abcbirds.org)

Golden eagle merupakan burung pemangsa kedua terbesar yang hidup di wilayah Britania Raya. Dilansir laman Argyllholidays, spesies burung elang ini dapat ditemukan di daerah pegunungan yang terdapat di bagian utara Skotlandia. Untuk bertahan hidup, golden eagle memangsa berbagai hewan berukuran kecil seperti kelinci, tikus, ayam dan belibis.

Saat di udara, golden eagle terbang dengan gaya meluncur dan jarang sekali mengepakkan sayapnya. Mereka dikenal sebagai burung tangguh yang dapat terbang sejauh ratusan kilometer.

2. Scottish wildcat

5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Skotlandia, Bentuk Lebih Eksotis!Scottish wildcat (savingwildcats.org.uk)

Scottish wildcat masuk daftar spesies kucing paling langka di dunia. Hal ini dikarenakan jumlahnya yang hanya tersisa antara 100 hingga 300 ekor yang hidup di alam liar. Mereka mendiami daerah terpencil seperti hutan dan padang rumput sehingga sangat sulit sekali dilacak keberadaannya.

Dari segi penampilan, scottish wildcat memiliki ukuran tengkorak kepala yang lebih besar serta tubuh berotot. Salah satu ancaman terbesar scottish wildcat adalah kawin silang yang sering terjadi dengan spesies kucing liar lainnya yang membuat gen kucing ini melemah.

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Unik yang Berhabitat di Norwegia, Ada yang Berbahaya!

3. Osprey

5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Skotlandia, Bentuk Lebih Eksotis!Osprey (treehugger.com)

Satu lagi jenis burung predator yang dapat kamu jumpai di wilayah Skotlandia yaitu osprey. Populasi Burung ini tersebar luas di beberapa daerah di Skotlandia di antaranya Speyside, Cairngorms dan Perthshire. Mereka biasanya sering terbang di atas area perairan seperti kolam, danau dan sungai.

Hai ini disebabkan, osprey sering mengintai ikan di dalam air yang menjadi makanan utamanya. Osprey pernah berada di ambang kepunahan di tahun 1916 namun populasi mereka terus meningkat sejak dilakukan usaha penangkaran yang dimulai dari tahun 1967.

4. Pine marten

5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Skotlandia, Bentuk Lebih Eksotis!Pine marten (en.wikipedia.org)

Pine marten hanya dapat ditemukan di dua negara yaitu Inggris dan Skotlandia. Hewan ini masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan musang. Ciri khas fisik dari pine marten adalah tubuh mereka didominasi bulu berwarna coklat namun di bagian leher dan dadanya ditumbuhi bulu berwarna putih.

Untuk bertahan hidup, pine marten memangsa berbagai jenis hewan berukuran kecil seperti tikus, burung, serangga hingga telur. Mereka termasuk hewan diurnal yang aktif pada siang hari.

5. Red squirrel

5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Skotlandia, Bentuk Lebih Eksotis!Red squirrel (nature.scot)

Red squirrel memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan spesies tupai lainnya. Namun, mereka dikenal akan penampilannya yang mencolok dan menggemaskan dimana tubuhnya ditutupi bulu berwarna merah yang membuat hewan ini sangat mudah diidentifikasi di alam liar.

Dilansir laman Theculturetrip, red squirrel mempunyai stamina tubuh yang prima karena mereka mampu bergerak dengan sangat cepat dan lincah dari satu pohon ke pohon lainnya. Spesies tupai ini banyak mendiami wilayah hutan yang menyediakan banyak biji pinus.

Nah, itulah hewan endemik unik yang dapat kamu temukan di wilayah Skotlandia. Dari kelima hewan di atas, scottish wildcat menjadi yang paling sulit dilacak keberadaannya karena populasinya yang sangat langka.

Baca Juga: Bentuknya Unik, Ini 5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Wilayah Brasil

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya