Comscore Tracker

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Rusia, Stamina dan Fisik Kuat

Banyak digunakan untuk keperluan berburu!

Rusia memiliki wilayah daratan yang sangat luas yang membuatnya menjadi habitat dari beberapa spesies hewan termasuk anjing. Berbeda dengan spesies anjing dari berbagai negara lainnya, anjing dari Rusia dikenal dengan ukuran tubuhnya yang besar serta bentuk bulunya yang indah dan tebal. Hal ini tidak terlepas dari suhu iklim di Rusia yang terkenal sangat dingin dan membeku.

Memiliki karakter yang tangguh dan pekerja keras sehingga banyak dimanfaatkan untuk membantu aktivitas manusia. Inilah lima spesies anjing dari Rusia dilansir dari laman Purina dan Petkeen, sebagai berikut:

1. Siberian husky

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Rusia, Stamina dan Fisik KuatSiberian husky (loveyourdog.com)

Di antara beberapa spesies anjing yang berasal dari wilayah Rusia, siberian husky menjadi yang paling populer di kalangan para pecinta anjing. Dilansir dari laman Purina, anjing ini dulunya digunakan oleh suku Chukchi sebagai hewan penarik kereta luncur. Namun, pada tahun 1908, siberian husky dikirim ke wilayah Alaska dan Greenland untuk mengangkut hasil-hasil tambang di daerah tersebut.

Siberian husky dikenal dengan kepribadiannya yang pemberani serta memiliki stamina yang besar. Selain itu, spesies anjing ini sangat mudah sekali untuk diberikan pelatihan.

2. Black russian terrier

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Rusia, Stamina dan Fisik KuatBlack russian terrier (akc.org)

Black russian terrier juga mempunyai julukan lain yaitu "super dog". Hal ini dikarenakan mereka memiliki tubuh yang kuat serta ukuran badan besar dengan tinggi mencapai 76 sentimeter. Black russian terrier sering juga digunakan oleh angkatan darat Rusia untuk melakukan berbagai misi penyelamatan. Di samping itu, anjing ini sangat dikenal akan kecerdasannya serta senang diajak bermain.

Dari segi penampilan, tubuh dari black russian terrier ditutupi oleh bulu berwarna hitam dengan intesitas yang sangat lebat sehingga mereka tahan dengan udara yang sangat dingin.

Baca Juga: 6 Hewan Keluarga Anjing yang Jarang Diketahui, Ada Anjing Rakun

3. Borzoi

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Rusia, Stamina dan Fisik KuatBorzoi (dogbreedslist.info)

Borzoi sangat populer dengan bentuk wajahnya yang terlihat sangat unik karena memiliki moncong panjang dan ramping. Spesies anjing ini juga memiliki sifat yang penyayang dan lemah lembut kepada manusia yang membuat mereka sangat diidolakan. Dalam bahasa Rusia kuno "borzoi" mempunyai arti cepat yang mengacu pada kemampuan dari anjing ini yang dapat berlari dengan sangat kencang. Oleh karena itu, mereka lebih suka untuk bermain di outdoor ketimbang di dalam rumah.

4. Caucasian shepherd

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Rusia, Stamina dan Fisik KuatCaucasian shepherd (akc.org)

Sesuai dengan namanya, caucasian shepherd berasal dari daerah pegunungan Caucasus. Ketangguhan anjing ini dapat dilihat dari tampilannya yang terlihat sangar dengan ukuran badan yang besar. Dilansir dari laman Petkeen, seekor caucasian shepherd mampu mencapai bobot maksimal seberat 225 kilogram. Hal inilah yang membuat spesies anjing ini digunakan oleh masyarakat lokal untuk menjaga hewan ternak dari serangan predator buas seperti beruang dan serigala.

5. Samoyed

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Rusia, Stamina dan Fisik KuatSamoyed (petfinder.com)

Samoyed sangat dikenal dengan penampilannya yang memukau dengan tubuh ditutupi bulu berwarna putih cerah dan lebat. Selain itu, anjing ini memiliki senyum lebar yang menawan sehingga mereka dijuluki "smiling sammies". Sama dengan siberian husky, samoyed dulunya juga dimanfaatkan sebagai hewan penarik kereta. Namun, untuk memelihara spesies anjing ini membutuhkan perawatan ekstra agar bulu mereka tetap terlihat indah.

Nah, itulah beberapa spesies anjing yang berasal dari wilayah Rusia. Dari kelima anjing di atas, borzoi memiliki penampilan yang lebih menarik dikarenakan bentuk wajahnya yang unik.

Baca Juga: 5 Spesies Anjing Paling Kuno di Dunia, Telah Ada Sejak Ribuan Tahun!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya